POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

THR Idul Fitri, Gaji ke-13 berarti meningkatkan daya beli: Kementerian

THR Idul Fitri, Gaji ke-13 berarti meningkatkan daya beli: Kementerian

JAKARTA (ANTARA) – Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Idul Fitri dan gaji ke-13 ditujukan untuk meningkatkan daya beli masyarakat, kata Kementerian Keuangan, Sabtu.

“Pembayaran THR dan gaji ke-13 diharapkan dapat menstimulasi laju konsumsi masyarakat dan menjamin keberlanjutan transisi perekonomian,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Febrio Kacaribu di Jakarta.

Kagaribu menyoroti, seiring dengan tren fiskal yang semakin positif yang dialami Indonesia, pada tahun ini pemerintah memberikan penuh THR dan gaji ke-13 kepada aparatur negara.

Ia mencatat, pada periode 2020-2021 yang ditandai dengan pembatasan yang diberlakukan di tengah pandemi COVID-19, pemerintah memutuskan untuk mengurangi besaran THR dan gaji ke-13 yang dibayarkan kepada aparatur negara untuk mendanai inisiatif yang bertujuan membantu masyarakat miskin. selamat dari epidemi tersebut.

Namun, ia mencatat laju pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sempat turun menjadi 2,07 persen year-on-year (yoy) pada tahun 2020, akan berangsur pulih dan mencapai angka signifikan sebesar 5,05 persen pada tahun 2023.

Kagaribu mengaitkan pemulihan ini dengan peningkatan tingkat konsumsi rumah tangga, dan konsumsi tersebut merupakan salah satu kontributor paling signifikan terhadap perekonomian.

Ia menekankan pentingnya pemerintah melakukan upaya menjaga daya beli masyarakat mengingat dampak buruk resesi ekonomi global dan fenomena pemanasan El Nino masih berdampak pada perekonomian Indonesia.

Pejabat tersebut berharap pembayaran penuh THR dan gaji aparatur negara ke-13 pada tahun ini dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi hingga 5,2%.

“Kami yakin para pegawai pemerintah, tentara, polisi, dan pensiunan mesin pemerintah akan memanfaatkan THR dan gaji ke-13 secara maksimal, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional,” tutupnya.

READ  Indonesia menerapkan vaksinasi massal untuk memperluas perang melawan virus

Berita terkait: Pemerintah fokus menjaga daya beli masyarakat di tengah inflasi
Berita Terkait: Jokowi Harap Bantuan El Nino Bantu Dongkrak Daya Beli
Berita terkait: Stok beras aman untuk Ramadhan, Idul Fitri: Menteri Sulaiman

Penerjemah: Imamatul S, Tegar Noorbitra
Redaktur: Aziz Kurmala
Hak Cipta © ANTARA 2024