POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Thailand bersaing untuk membuka ASEAN Health Emergency Center

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Kesehatan Masyarakat Anutin Charnvirakul mengatakan pada hari Sabtu bahwa Thailand sedang bersaing untuk Pusat ASEAN untuk Keadaan Darurat dan Penyakit Baru Kesehatan Masyarakat (ACPHEED).

Dia berbicara pada Pertemuan Menteri Kesehatan ASEAN (AHMM) ke-15 dan pertemuan terkait di Bali, Indonesia.

Menteri mengatakan enam negara anggota ASEAN telah menyatakan dukungannya kepada Thailand dalam pemilihan Thailand untuk bersaing dengan Indonesia dan Vietnam. Para Pemimpin ASEAN telah menyetujui proposal untuk membuka ACPHEED, yang akan berfungsi sebagai hub yang sangat baik dan regional untuk memperkuat kemampuan regional ASEAN dalam menangani keadaan darurat kesehatan masyarakat dan penyakit baru.

Dia mengatakan para menteri kesehatan ASEAN kemarin membahas rancangan kesepakatan untuk mengeluarkan sertifikat kesehatan kepada orang-orang yang bepergian dari satu negara ke negara lain, sementara negara-negara ini masih harus berurusan dengan Pemerintah-19. Mr Anutin mengatakan dia menekankan pentingnya memperkuat sistem kesehatan kawasan dan mengatasi ancaman kesehatan baru dan keadaan darurat.

Agenda promosi kesehatan pasca-ASEAN-2015 tentang strategi kesehatan masyarakat ASEAN yang baru dan rencana aksi untuk implementasi pada tahun 2025 juga telah disetujui, katanya. Para Menteri Kesehatan ASEAN juga mengeluarkan pernyataan bersama, yang menegaskan kembali komitmen mereka untuk mendukung pengembangan Organisasi Kesehatan Masyarakat ASEAN, katanya.

READ  Gubernur Papua telah melarang penggunaan kunci waktu pada PPKM