POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tenggorokan yang sakit atau gatal bisa menjadi tanda awal Omicron: Dokter

  • Sakit tenggorokan tampaknya merupakan gejala awal yang umum dari infeksi omicron.
  • Pasien di Afrika Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat melaporkan tenggorokan gatal sebelum gejala lain muncul.
  • Beberapa ahli mengatakan Omicron bisa mengenai tenggorokan sebelum hidung, tidak seperti varian lainnya.

Pada akhir Desember, Dr. George Moreno dan rekannya memantau lima pasien COVID-19 setiap hari di klinik rawat jalan Connecticut mereka. Kemudian minggu lalu, “segalanya meledak,” kata Moreno. Dia mengatakan klinik tersebut memiliki hampir 100 pasien dari COVID-19 pada Senin, sebagian besar didorong oleh penyebaran cepat varian Omicron.

Banyak dari pasien baru ini melaporkan penyakit yang sama: sakit tenggorokan kering yang menyebabkan rasa sakit yang tajam saat menelan dan tampaknya muncul sebelum sebagian besar gejala COVID-19 lainnya.

“Ini adalah pertunjukan yang sangat menonjol,” Moreno, MD, profesor kedokteran di Yale University School of Medicine, mengatakan kepada Insider. “Ini tidak seperti gelitik kecil di tenggorokan. Jika mereka melaporkannya, mereka mengatakan tenggorokan mereka terasa sesak.”

Dokter di Norwegia, Afrika Selatan, dan Inggris Raya juga telah mengidentifikasi sakit tenggorokan atau menggaruk sebagai gejala khas omicron. di sebuah briefing berita bulan desemberRyan Nawash, kepala eksekutif Discovery Health, perusahaan asuransi kesehatan swasta terbesar di Afrika Selatan, mengatakan pasien Omicron biasanya melaporkan tenggorokan gatal terlebih dahulu, diikuti oleh hidung tersumbat, batuk kering, dan nyeri tubuh.

Sebaliknya, Moreno mengatakan sakit tenggorokan sering “disertai dengan sinus tersumbat dan sakit kepala.”

data dari Mempelajari gejala penyakit Zoe-Covid, yang menggunakan aplikasi smartphone untuk merekam perasaan ratusan ribu orang setiap hari di seluruh Inggris, menunjukkan bahwa sakit tenggorokan adalah gejala awal yang umum dari Omicron. di sebuah Video Pada 22 Desember, peneliti utama studi tersebut, Tim Spector, mengatakan bahwa sekitar 57% orang dengan Omicron melaporkan sakit tenggorokan.

READ  SpaceX meluncurkan teleskop IXPE NASA untuk menampilkan gambar sinar-X alam semesta

itu Analisis Breakout Omicron Pada pesta Natal di Norwegia, 72% penderita ditemukan mengalami sakit tenggorokan, rata-rata berlangsung sekitar tiga hari. Sebagian besar dari mereka yang terinfeksi divaksinasi dengan dua dosis vaksin mRNA.

Moreno mengatakan sebagian besar pasien di kliniknya divaksinasi, yang menjelaskan mengapa gejala mereka lebih ringan dan memiliki umur yang relatif singkat.

“Anda melihat gradien ini dan Anda dapat melihat bagaimana mereka melakukannya berdasarkan status vaksinasi mereka,” kata Moreno. Untuk orang yang mendapat dorongan, “ini seperti pilek lama — gejala sinus, sakit tenggorokan,” katanya. “Setelah dua hari, mereka akan siap untuk kembali berolahraga atau melakukan aktivitas seperti biasa.”

Omicron dapat menginfeksi tenggorokan sebelum hidung

Seorang wanita menggunakan usap tenggorokan untuk tes COVID-19

Seorang wanita menggunakan swab untuk mengambil sampel dari mulutnya di unit pengujian NHS and Trace Covid-19 di Civic Center di Uxbridge, Hillingdon, London barat, pada 25 Mei 202.1

Adrien Denis/AFP/Getty Images


Meskipun radang tenggorokan adalah umum di antara orang-orang yang divaksinasi dengan infeksi delta, gejalanya tampak lebih umum dengan Omicron.

“Salah satu hal yang kami ketahui tentang Omicron adalah bahwa ia tampaknya memiliki serangkaian gejala yang berbeda dari varian lainnya,” kata Dr. Andy Pekos, ahli virologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Johns Hopkins Bloomberg, kepada Insider.

“Yang penting, kehilangan penciuman itu yang biasa dilaporkan banyak orang ketika ada gejala COVID-19,” katanya. “Dengan Omicron, sepertinya tidak banyak diberitakan sama sekali. Sebaliknya, [there’s] Lebih banyak bicara tentang batuk dan tenggorokan serak dengan Omicron.”

Pecos menambahkan bahwa gejala unik dari varian ini “mungkin mencerminkan perubahan di mana virus ini menginfeksi saluran pernapasan atau seberapa berhasil menginfeksi sel-sel tertentu di saluran pernapasan.”

Beberapa ahli patologi telah menyarankan bahwa Omicron dapat menginfeksi tenggorokan sebelum menginfeksi hidung, sementara varian lainnya Lebih disukai untuk mendirikan kemah di saluran hidung terlebih dahulu.

“Ketika Anda mendengar anekdot yang sama dari orang-orang yang mengatakan bahwa banyak dari mereka mengalami tenggorokan gatal, itu mungkin karena di sanalah konsentrasi tertinggi virus berada pada titik itu,” kata Erin Petersen, profesor epidemiologi di University College London. dari dalam.

Kecil belajar Sebuah tim peneliti AS menemukan bahwa viral load dari infeksi omicron memuncak pada air liur satu atau dua hari sebelum memuncak pada usapan hidung, yang mungkin menjelaskan alasannya. Menambahkan usap tenggorokan ke tes cepat Itu bisa meningkatkan akurasinya.

Hilary Brooke berkontribusi pada laporan tersebut.