POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Teleskop James Webb memiliki tanggal peluncuran nyata

Perbesar / Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA ditempatkan di ruang bersejarah Johnson Space Center untuk pengujian vakum pada 20 Juni 2017.

NASA mengumumkan pada bulan Agustus bahwa Teleskop Luar Angkasa James Webb telah lulus uji darat terakhirnya dan sedang dipersiapkan untuk pengiriman ke lokasi peluncuran di Kourou, Guyana Prancis. Sekarang, teleskop senilai $ 10 miliar yang sering tertunda memiliki tanggal peluncuran resmi: 18 Desember 2021.

Tanggal diumumkan pada hari Rabu oleh NASA, Badan Antariksa Eropa dan penyedia peluncuran, Arianespace. Teleskop luar angkasa akan diluncurkan dengan roket Ariane 5.

Mengapa instrumen sains paling mahal NASA pernah diluncurkan dengan roket Eropa? Karena Badan Antariksa Eropa melakukan peluncuran untuk NASA dengan imbalan bagian waktu pengamatan dengan teleskop inframerah. Webb akan mendeteksi panjang gelombang cahaya yang lebih panjang dari Teleskop Luar Angkasa Hubble, dan ini akan memungkinkan instrumen baru untuk melihat galaksi tertua di alam semesta.

Para ilmuwan dan pembuat kebijakan yang frustrasi, berbagai masalah teknis telah menunda pengembangan Webb selama dekade terakhir, yang menyebabkan pembengkakan biaya besar-besaran. Beberapa di antaranya dapat dimengerti, karena membuka teleskop 20 meter ke luar angkasa membutuhkan 50 penyebaran utama dan 178 mekanisme peluncuran utama. Semua sistem ini harus bekerja atau alat akan gagal. Tidak ada cara mudah untuk melayani teleskop di lokasinya di dekat titik Lagrange antara Matahari dan Bumi pada 1,5 juta kilometer dari Bumi, atau empat kali jarak ke Bulan.

Musim panas ini, sementara NASA bekerja untuk mengatasi masalah terakhir dengan Webb, Badan Antariksa Eropa dan Arianespace memiliki masalah sendiri dengan roket Ariane 5. Roket terhormat telah beroperasi selama lebih dari 25 tahun, Ariane 5 telah dihentikan. dari Agustus 2020 hingga Juli 2021 karena masalah aerodinamis. Namun, pejabat Arianespace mengatakan masalah ekuitas telah didiagnosis dan ditangani dengan desain ulang, dan roket berhasil diluncurkan pada 30 Juli 2021.

READ  Astronot menyelesaikan perjalanan luar angkasa pertama mereka dengan sukses penuh, membuka jalan bagi misi EVA masa depan ke stasiun luar angkasa
Pelindung matahari Webb, struktur lima lapis berbentuk berlian seukuran lapangan tenis, telah dirancang khusus untuk dilipat dan pas di dalam batas Ariane 5.
Perbesar / Pelindung matahari Webb, struktur lima lapis berbentuk berlian seukuran lapangan tenis, telah dirancang khusus untuk dilipat dan pas di dalam batas Ariane 5.

Badan Antariksa Eropa

Roket Ariane 5 memiliki misi lain untuk meluncurkan dua satelit komersial, dijadwalkan diluncurkan pada 15 Oktober, sebelum peluncuran Webb. Jika penerbangan berikutnya dari roket Ariane berlangsung secara nominal, maka Arianespace akan siap untuk teleskop Webb.

“ESA bangga bahwa Webb akan diluncurkan dari European Spaceport dengan roket Ariane 5 yang telah diadaptasi secara khusus untuk misi ini,” kata Direktur Transportasi Luar Angkasa ESA, Daniel Neuschwander. Dalam siaran pers. “Kami berada di jalur yang benar, pelabuhan antariksa sedang sibuk mempersiapkan kedatangan muatan yang luar biasa ini, dan elemen Ariane 5 untuk peluncuran ini datang bersama. Kami berkomitmen penuh, dengan semua mitra Webb, untuk keberhasilan acara sekali masuk ini. misi -a-generasi. ”