POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Teknologi Revolusi Industri Keempat dapat membantu menyelamatkan planet ini

Teknologi Revolusi Industri Keempat dapat membantu menyelamatkan planet ini

Dunia sedang memanas. Forum Ekonomi Dunia mencatat Kita perlu menjaga rata-rata kenaikan suhu global di bawah 1,5 derajat untuk mencegah bencana perubahan iklim. Meski mengkhawatirkan, kabar baiknya adalah ada tindakan yang dapat diambil oleh organisasi yang akan berdampak langsung pada arah tren ini.

Kemajuan dalam aksesibilitas data, kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin (ML), Internet of Things (IoT), dan teknologi pintar lainnya semakin mendorong Revolusi Industri Keempat (4IR). Otomatisasi yang dihasilkan memungkinkan lompatan maju dalam efisiensi dan, pada saat yang sama, dapat menghasilkan lompatan besar dalam hasil keberlanjutan.

Mencapai tujuan iklim melalui Revolusi Industri Keempat

Terlepas dari kemajuan nyata yang telah dicapai di tingkat global,… Laporan Forum Ekonomi Dunia Hal ini menunjukkan bahwa kita akan gagal memenuhi target emisi karbon yang ditetapkan oleh Perjanjian Paris – target yang bertujuan untuk memperlambat kenaikan suhu hingga hanya 1,5°C pada akhir abad ini. Namun, kita memiliki teknologi yang dapat membantu kita mencapai tujuan tersebut secara agresif.

Teknologi Revolusi Industri Keempat memungkinkan kita untuk memikirkan kembali manufaktur global melalui sudut pandang yang berkelanjutan – dan kemajuan tidak harus mengorbankan efisiensi operasional. Jika diterapkan dengan tepat dan dengan tujuan yang tepat, inisiatif keberlanjutan dapat menciptakan efisiensi operasional dalam skala besar yang memungkinkan produsen meningkatkan produktivitas dan memperluas peluang baru.

Menjadi fasilitas mercusuar

Untuk akhir ini, Program Mercusuar Global Forum Ekonomi Dunia Hal ini bertujuan untuk memungkinkan produsen terkemuka berbagi informasi dan praktik terbaik untuk mentransformasi pabrik, rantai nilai, dan model bisnis guna mencapai keuntungan finansial, operasional, dan berkelanjutan yang menarik. Bekerja sama memberi kita peluang lebih besar untuk melakukan perubahan nyata dalam upaya mencapai tujuan Perjanjian Paris mengenai emisi, memerangi perubahan iklim, dan menyelamatkan planet kita untuk generasi mendatang.

READ  TPDC ANU serius dalam mengubah kebijakan teknologi

Organisasi Lighthouse menerapkan teknologi Revolusi Industri Keempat seperti kecerdasan buatan, komputasi awan, dan analisis data besar untuk memaksimalkan efisiensi dan daya saing dalam skala besar, mengubah model bisnis, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal ini berkontribusi pada perjalanan pendidikan bagi produsen dari semua ukuran di semua geografi dan industri.

Sebagian besar program ini bertujuan untuk membuktikan kepada produsen bahwa keberlanjutan juga dapat meningkatkan efisiensi. Banyak fasilitas Lighthouse yang telah mencapai tujuan keberlanjutan yang mengesankan sekaligus menyederhanakan operasi dan meningkatkan produksi. Lima fasilitas Lighthouse Western Digital yang diakui, berlokasi di Thailand, Malaysia, Tiongkok, dan Filipina, adalah contoh yang bagus.

Perbaikan rantai pasokan

Sistem logistik otomatis di fasilitas Global Lighthouse Western Digital sering kali menggunakan data operasional dari perangkat IoT dan teknologi berbasis AI/ML untuk mengkonsolidasikan pengiriman dan mengoptimalkan perutean. Hal ini mengoptimalkan biaya pengiriman dan mengurangi emisi berbahaya dari pengiriman bahan mentah ke pabrik dan barang jadi ke mitra ritel dan konsumen.

Sensor IoT terhubung ke setiap perangkat pemantauan pengiriman dan melaporkan data logistik real-time, termasuk lokasi GPS dan kondisi lingkungan. Dengan menggabungkannya dengan rincian operator seperti kinerja layanan, persyaratan pengiriman, informasi penerimaan, dan data pelanggan, informasi tersebut dapat digunakan untuk membuat rekomendasi logistik yang selanjutnya menyederhanakan rantai pasokan.

Tim logistik juga dapat menggunakan data untuk mengidentifikasi kemacetan dan memprediksi gangguan guna meningkatkan arus barang melalui rantai pasokan. Memperbaiki cara barang masuk, keluar, dan melalui rantai pasokan global menghemat waktu dan uang sekaligus mengurangi emisi karbon.

Menyederhanakan operasi di lokasi

Fasilitas kelas dunia Western Digital Lighthouse juga mencapai keberlanjutan dengan mengoptimalkan operasi dan mengurangi limbah. Kecerdasan buatan/pembelajaran mesin yang didorong oleh data besar, jaringan IoT, simulasi digital ganda, dan robotika canggih menghilangkan kompleksitas. Sementara itu, data real-time dari sensor IoT di sepanjang lini produksi dapat meningkatkan operasional, mengurangi kesalahan, dan pada akhirnya meningkatkan produktivitas. Selain itu, beberapa fasilitas Western Digital Global Lighthouse menggunakan energi terbarukan di lokasi dan memiliki kebijakan manufaktur mematikan lampu yang mematikan lampu selama operasi manufaktur otomatis.

READ  Tech Moves: Insinyur top Blue Origin bergabung dengan SpaceX; Axon mempekerjakan eksekutif HTC Vive; Menambahkan balkon ke Majlis

Fasilitas Lighthouse Western Digital di seluruh dunia menggunakan pengujian air limbah secara real-time untuk mengubahnya menjadi air proses yang dapat digunakan kembali. Faktanya, A Fasilitas Western Digital di Malaysia – Indikator keberlanjutan pertama yang ditetapkan oleh Forum Ekonomi Dunia di Asia – mencapai pengurangan alami (per unit) dalam energi sebesar 41%, penggunaan air sebesar 45%, dan limbah sebesar 16% – sekaligus meningkatkan produksi sebesar 43% sepanjang tahun. empat tahun.

Menempa jalan ke depan

Teknologi Revolusi Industri Keempat mempunyai potensi untuk merevolusi cara kita mengembangkan, memproduksi, mengirim dan mengkonsumsi barang ke seluruh dunia sekaligus mengurangi dampak lingkungan. Jika kita benar-benar ingin menyelesaikan krisis perubahan iklim, teknologi ini – yang ditunjukkan di fasilitas Lighthouse – perlu dibagikan, disebarluaskan, dan diperluas ke seluruh penjuru dunia.

Langkah pertama adalah menunjukkan bagaimana keberlanjutan berjalan seiring dengan efisiensi.

©2024 Western Digital Corporation atau afiliasinya. Seluruh hak cipta.

Western Digital dan logo Western Digital adalah merek dagang terdaftar atau merek dagang Western Digital Corporation atau afiliasinya di Amerika Serikat dan/atau negara lain. Semua merek lainnya adalah milik dari pemiliknya masing-masing.