POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tech Slip, Kekhawatiran Omicron Mendorong Saham Eropa Lebih Rendah

Bagan indeks harga saham DAX Jerman difoto di Bursa Efek Frankfurt, Jerman, 16 Desember 2021. REUTERS/Staff

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

  • Saham teknologi terpukul oleh aksi jual Wall Street
  • STOXX 600 sedang menuju kerugian mingguan
  • Diasurin turun di tengah prospek buruk untuk 2022

17 Des (Reuters) – Saham Eropa berada di jalur untuk membukukan kerugian mingguan pada hari Jumat karena saham teknologi jatuh, mengikuti aksi jual semalam di rekan-rekan mereka di AS, sementara investor resah atas dampak ekonomi dari variabel virus corona yang menyebar cepat Omicron.

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa (.STOXX) turun 0,6% di perdagangan pagi, menghapus beberapa keuntungan yang diperoleh dari reli hari sebelumnya.

Bank Sentral Eropa pada hari Kamis sedikit membatasi dukungan untuk kebijakan moneter, sementara Bank of England menaikkan suku bunga, sehari setelah Federal Reserve AS mengisyaratkan rencana untuk memperketat suku bunga pada tahun 2022.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

kata Ankit Ghedia, Kepala Strategi Ekuitas dan Derivatif di BNP Paribas Eropa.

“Saham faktor pertumbuhan seperti teknologi berkinerja buruk. Bank sentral yang tangguh dapat menyebabkan tingkat suku bunga yang lebih tinggi yang dapat mendorong saham dengan durasi (faktor pertumbuhan) yang lebih tinggi menjadi berkinerja buruk.”

Saham teknologi (.SX8P) turun 1,5%. Meskipun mereka menyerah hampir 3% nilainya bulan ini, sektor ini masih naik 27% untuk tahun ini, melampaui kenaikan 19% di STOXX 600.

Sebagai tanda pergerakan hawkish baru-baru ini oleh bank sentral, data menunjukkan bahwa inflasi di zona euro naik ke level tertinggi sepanjang masa di bulan November, dengan lebih dari setengah kenaikan karena harga energi yang lebih tinggi.

READ  MDV mengucurkan RM12,17 miliar untuk proyek dan perusahaan teknologi

DAX utama Jerman (.GDAXI) turun 0,6% dan akan mencatatkan minggu terburuknya dalam hampir sebulan setelah survei menunjukkan sentimen bisnis turun untuk bulan keenam karena ekonomi terbesar Eropa itu merasakan efek dari kemacetan pasokan dan pembatasan COVID-19. Baca lebih lajut

Saham otomotif (.SXAP) turun 1,6% setelah data industri Eropa menunjukkan bahwa jumlah kendaraan baru yang terdaftar turun 17,5% pada November karena kekurangan semikonduktor global dan kemacetan pasokan.

Airbus (AIR.PA) naik 0,9% setelah menyelesaikan kemenangan besar ketiganya dalam 36 jam atas Boeing (BA.N) dalam kesepakatan Air France-KLM.

Perusahaan diagnostik Italia DiaSorin (DIAS.MI) tergelincir 11,8%, setelah memperkirakan penjualan yang lebih lemah pada 2022 karena pendapatan COVID-19 turun hampir 60%. Baca lebih lajut

Grup obat Prancis Genfit (GNFT.PA) melonjak 47,4%, mengikuti hari terbaiknya dalam hampir satu dekade, setelah menjalin kemitraan bisnis jangka panjang dengan Ipsen.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Anisha Sircar melaporkan di Bengaluru); Diedit oleh Rashmi Aish dan Anil de Silva

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.