POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

TECH SELASA: Bagaimana lantai baru dapat meningkatkan aksi roda-ke-roda F1 pada tahun 2022

Artikel Tech Tuesday terbaru kami terus memeriksa perubahan besar yang dibuat pada aturan Formula 1 2022. Minggu ini, Mark Hughes melihat lantai mobil F1 baru dan mengapa mereka akan membuat perbedaan besar pada filosofi tim dan aksi di trek.

Inti dari keseluruhan konsep peraturan aero baru untuk tahun 2022 adalah lantai. Tidak ada lagi lantai datar, yang telah diatur sejak tahun 1983, dan sebagai gantinya adalah lantai yang menampilkan dua saluran besar yang membentang dari depan ke belakang di kedua sisi papan tengah.

TONTON: Semua yang perlu Anda ketahui tentang mobil F1 2022 yang baru

Ini akan meningkatkan downforce yang diciptakan oleh bagian bawah bodi mobil yang, bersama dengan batasan yang ditempatkan pada permukaan atas mobil, akan menghasilkan proporsi yang jauh lebih besar dari total downforce yang dihasilkan dari bagian bawah bodi mobil.

Total downforce yang dihasilkan kira-kira sebanding, dengan kekurangan apa pun yang diharapkan dapat dipulihkan pada akhir musim saat tim mengembangkan pemahaman mereka tentang mobil baru. Tetapi proporsi downforce bagian bawah bodi mobil/bagian atas bodi mobil yang akan sangat penting dalam meningkatkan balap.

Pemandangan mendalam dari lantai berbentuk 3D, menampilkan saluran berbentuk ‘venturi’ di kedua sisi papan tengah

Saluran lantai berbentuk ‘venturi’, dengan saluran masuk yang lebar, penyempitan pusat yang menyempit, dan saluran keluar yang lebar. Dengan tanah yang membentuk permukaan bawah terowongan berbentuk ini, efek pada tekanan udara dari bagian yang mengembang di bagian belakang adalah untuk menarik udara melalui bagian yang menyempit lebih cepat daripada yang seharusnya dilakukan.

Semakin cepat udara bergerak, semakin besar perbedaan tekanan antara lantai bawah dan lantai luar, dan semakin keras mobil tersedot ke lintasan.

BACA LEBIH BANYAK: Bagaimana sayap depan pada mobil all-new 2022 dirancang untuk meningkatkan kemampuan menyalip

Terowongan dimulai di bagian depan sidepod dan lubang masuk lebar tersebut memiliki hingga empat pagar kecil yang dapat dibentuk dan dimiringkan oleh tim dalam batas yang ditentukan. Ini ada untuk membantu menarik udara ke saluran masuk – meminimalkan jumlah udara yang didorong keluar dari mobil.

Outwash-lah yang menciptakan udara kotor yang mempersulit mobil berikutnya, dan meminimalkan tingkat outwash ini telah menjadi prioritas nomor satu dari peraturan ini. Pagar menggunakan perbedaan tekanan melintasinya untuk menarik udara ke arah saluran masuk dan untuk menghasilkan vortisitas yang mempercepat udara masuk itu – sekali lagi menciptakan lebih banyak gaya bawah lantai dengan meningkatkan kecepatan udara yang melewati terowongan.

202122floorcomp.jpg
Perbandingan tampilan atas dari McLaren 2021 dan mobil 2022 (di bawah, mengenakan livery McLaren 2021) menunjukkan bentuk lantai yang diprofilkan ulang

Memaksimalkan efek hisap terowongan ini berarti membentuk segel di sekelilingnya untuk mencegah kebocoran dari samping. Vortisitas membantu melakukan ini, seperti halnya sayap lateral eksternal baru di sepanjang permukaan atas eksternal lantai.

Saat terowongan menanjak ke atas untuk membentuk saluran keluar, sudut kemiringan itu diteruskan oleh bagian bawah sayap balok. Ini, dalam kombinasi dengan pagar di setiap sisi, membuat aliran udara naik tinggi, jauh lebih tinggi daripada dari pintu keluar diffuser sebelumnya, ketika menyebar rendah dan lebar.

Ini mengambil sebagian besar udara tinggi di atas tingkat sayap depan mobil di belakang, memungkinkan sayap itu bekerja lebih efektif karena berada di udara bertekanan lebih tinggi. Tekanan yang lebih tinggi itu akan terbawa ke bawah mobil, memungkinkannya bekerja jauh lebih efektif daripada sebelumnya saat mengikuti dengan cermat.

BACA LEBIH BANYAK: 8 alasan urutan kekuasaan bisa terguncang pada tahun 2022

Kehilangan downforce dibandingkan antara tahun 2021 dan mobil baru 2022

Jalur keluar terowongan lebih jauh ke depan daripada diffuser sebelumnya dan ini akan menggerakkan pusat tekanan (setara aerodinamis dari distribusi bobot depan/belakang) ke depan. Tetapi karena sayap depan menghasilkan downforce yang lebih sedikit daripada sebelumnya, sebenarnya mobil-mobil ini akan menyeimbangkan aerodinamis depan/belakang dengan cara yang sama seperti mobil-mobil sebelumnya sekitar 40/60% saat berjalan di udara bebas. Tapi keseimbangan aero itu berubah jauh lebih sedikit saat mengikuti mobil lain.

BACA JUGA: Kalender F1 2022 dan Jadwal Peluncuran Mobil F1

Karena lebih banyak downforce yang bekerja pada ban depan dihasilkan oleh lantai bawah daripada sayap, mobil jauh lebih sensitif terhadap turbulensi dari mobil di depan.

Dengan cara ini, terowongan menyimpan rahasia apa yang seharusnya lebih banyak aksi roda-ke-roda antara pengemudi dan lebih banyak perubahan posisi di trek.

READ  Massachusetts memberikan penghargaan SEAS $3 juta untuk penelitian teknologi yang dapat dikenakan | Berita