POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tech Mahindra meluncurkan LLM Indus asli bekerja sama dengan Dell dan Intel |  Berita perusahaan

Tech Mahindra meluncurkan LLM Indus asli bekerja sama dengan Dell dan Intel | Berita perusahaan

Awalnya, program LLM akan mendukung bahasa Hindi dan lebih dari 37 dialeknya

Ashutosh Mishra New Delhi

Perusahaan layanan TI Tech Mahindra telah mengumumkan peluncuran Project Indus, model dasar aslinya yang dirancang untuk berbicara dalam berbagai bahasa dan dialek India.

Fase pertama Model Bahasa Besar (LLM) akan mendukung bahasa Hindi dan lebih dari 37 dialeknya.

Klik di sini untuk menghubungi kami melalui WhatsApp

Model Indus pada awalnya akan berfokus pada kasus penggunaan utama dan proyek percontohan, seperti penyediaan infrastruktur dan komputasi sebagai layanan, serta memberikan solusi AI yang dapat diskalakan kepada perusahaan.

Perusahaan berkolaborasi dengan Dell Technologies untuk memanfaatkan solusi komputasi berkinerja tinggi, kemampuan penyimpanan dan jaringan yang diperlukan untuk LLM.

“Project Indus adalah upaya perintis kami untuk mengembangkan program LLM dari awal,” kata Nikhil Malhotra, Global Head, Makers Lab, Tech Mahindra. “Melalui Makers Lab, cabang R&D kami, kami telah membuat peta jalan dan mengumpulkan data dari populasi berbahasa.” “Kami membangun model Indus dan kolaborasi kami dengan Dell Technologies dan Intel akan membantu menghadirkan solusi AI mutakhir yang memungkinkan perusahaan untuk berkembang dengan cepat dan kami akan mendefinisikan ulang lanskap GenAI, mendorong inovasi dan keunggulan operasional.”

Proyek Indus juga akan mengandalkan solusi infrastruktur berbasis Intel, termasuk prosesor Intel Xeon, perangkat lunak OneAPI, dan Intel Advanced Matrix Extensions (AMX), untuk memungkinkan pelanggan mengintegrasikan model Indus ke dalam aplikasi GenAI mereka.

LLM akan diimplementasikan menggunakan kerangka kerja “GenAI in a box”, yang mana solusi tersebut akan menyederhanakan penerapan model AI tingkat lanjut untuk perusahaan, kata perusahaan tersebut.

Sebagai bagian dari kolaborasi ini, Tech Mahindra juga akan memanfaatkan Gaudi AI Accelerators dan aset pelatihan Intel AI untuk melatih model Indus generasi masa depan serta meningkatkan keterampilan karyawannya di seluruh portofolio produk Intel (perangkat keras dan perangkat lunak).

READ  Infibeam mengakuisisi Uvik Tech yang berfokus pada pembayaran seharga Rs 75 crore

“Kami bangga dapat berkolaborasi dengan Tech Mahindra dalam Project Indus, yang akan memungkinkan penerapan model AI canggih di seluruh industri dan memungkinkan organisasi untuk mengeluarkan potensi penuh GenAI untuk meningkatkan efisiensi operasional dan keunggulan kompetitif , Intel India Region, mengatakan, hal ini tidak hanya akan mendefinisikan ulang solusi GenAI, namun juga akan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan skala dan berinovasi dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dalam perkembangan terkait, Tech Mahindra baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka sedang berupaya membangun program LLM untuk melestarikan Bahasa Indonesia, bahasa resmi dan nasional Indonesia, serta dialeknya.

Lab Pembuat Tech Mahindra berfungsi sebagai mesin penelitian dan pengembangan perusahaan. Dengan tujuh pusat teknologi mendalam di seluruh dunia, dari Melbourne hingga Finlandia hingga Pune dan Hyderabad, Makers Lab mengidentifikasi tren transformatif dalam bisnis, pasar, dan teknologi, didorong oleh kepemimpinan pemikiran di persimpangan antara keahlian, konektivitas, dan keberlanjutan, menurut perusahaan tersebut pada tahun 2023- 24 laporan tahunan.