POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Tautan Hackaday: 4 Desember 2022

Yah, ini memalukan! Bayangkan mengirim penjelajah multi-miliar dolar ke dasar danau kuno di Mars hanya untuk mencari tahu setelah setahun menggali melalui bebatuan. Ini mungkin sebenarnya bukan danau. Ini sepertinya kesan yang didapat Kawah Jezero dari para ilmuwan planet setelah melihat data yang berasal ketekunan Dari dulu Pendaratan berhasil Di tempat yang tampak seperti danau kering, lengkap dengan sistem delta sungai. Melihat lebih dekat pada sedimen ketekunan Pengambilan sampel mengungkap banyak mineral olivin, yang langka di Bumi dekat permukaan karena mudah bereaksi dengan air. Menemukan begitu banyak olivin di dekat permukaan Jezero menunjukkan bahwa dulunya tidak semuanya air, atau sebagian besar airnya dingin. Hasil terbatas pada di mana bajak itu berada, tentu saja, dan hal yang menyenangkan tentang memiliki roda adalah Anda dapat pergi ke tempat lain. Tetapi jika Anda mengharapkan tanda-tanda yang jelas bahwa Jezero pernah menjadi danau yang penuh dengan kehidupan, Anda mungkin harus menunggu.

Dalam berita luar angkasa lainnya, kami harus mengakui bahwa NASA mengambil sedikit pekerjaan di podcast beberapa minggu yang lalu karena tidak memenuhi standar luar biasa SpaceX dalam hal kit peluncuran SLS. Ya, peluncuran malam itu luar biasa, tetapi tidak memiliki semua kamera internal seperti Falcon membuat kami agak datar. Tapi kami harus bersabar, karena Gambar-gambar kembali dari Artemis 1 sungguh menakjubkan. Kami tidak tahu NASA telah memasang kamera di panel surya pesawat ruang angkasa Orion, yang berfungsi seperti tongkat selfie dan memungkinkan pesawat ruang angkasa berada di latar depan dengan Bumi dan Bulan di latar belakang. Melihat Bumi dari jarak Bulan lagi untuk pertama kalinya dalam 50 tahun adalah suguhan yang nyata, dan mendapatkan satelit kami dalam bingkai pada saat yang sama adalah bonus yang sangat besar.

READ  Ilmuwan Membuat Tomat yang Dimodifikasi Secara Genetik untuk Meningkatkan Vitamin D

Kita semua tahu bagaimana gelombang algoritmik dari berita surut dan mengalir di internet akhir-akhir ini, tetapi meskipun Anda mengharapkannya, dapat mengganggu melihat berita yang relevan tiba-tiba muncul di feed Anda. Intinya, kami menemukan beberapa cerita minggu ini tentang mobil listrik yang rusak parah di stasiun pengisian daya. Yang pertama adalah Laporan dari pengemudi Ford F-150 Lightning bahwa pengisi daya merusak truknya. Pengguna melaporkan bahwa saat menaiki stasiun Electrify America di Oregon, dia mendengar ledakan keras sebelum Charger dan mobil mahalnya mati, membutuhkan derek flatbed ke dealer Ford untuk diperbaiki. terpisah , Kabarnya, pengisi daya BC Hydro di Vancouver telah mengirimkan setidaknya dua EV, salah satunya mengeluarkan biaya perbaikan sebesar $6.300. Tidak ada kabar tentang sifat kerusakannya, tentu saja, dan BC Hydro mengklaim pengirimnya telah dinonaktifkan. Kami tidak bisa tidak bertanya-tanya apa yang harus dikatakan oleh keserentakan dari kedua cerita ini tentang keadaan stasiun pengisian daya secara umum.

Juga dari “Bukankah Itu Aneh?” File dan laporan muncul di seluruh dunia Lampu jalan LED tiba-tiba berubah menjadi ungu. Biasanya, lampu jalan LED putih kebiruan yang intens di tempat-tempat seperti Wisconsin, Florida, North Carolina, California, dan di tempat lain bersinar dengan warna ungu tua yang menakutkan namun indah. Ketika kami pertama kali melihat cerita ini, kami pikir itu hanya akan menjadi masalah dengan fosfor pada LED COB, kemungkinan memudar dan membiarkan sinar UV dasar bersinar. Dan memang, itulah kesimpulan dari cerita ini, setidaknya untuk lampu Vancouver yang tampaknya mengalami distorsi lapisan fosfor karena kerusakan akibat panas. Artikel tersebut melangkah lebih jauh dan menyalahkan “masalah rantai pasokan” yang sedang berlangsung untuk masalah tersebut, yang sejujurnya tidak sulit untuk dipahami.

READ  Ilmuwan Jepang mencoba mengirimkan sperma tikus beku-kering pada kartu pos — inilah yang mereka temukan

Terakhir, bisakah Anda mengubah mobil menjadi tiang garam? Tidak, Anda tidak bisa, tetapi jika Anda mengikuti jejak artis James Burdle, Anda mungkin bisa Pesan mobil self-driving dengan beberapa kilo garam. James menemukan bahwa melingkari mobilnya dengan garis putus-putus garam ganda membuat mobil berpikir itu bisa melewati penghalang dan tidak menembusnya. Jadi mobilnya gagal dan tetap berada di dalam lingkaran asin. Kami ingin menggali lebih dalam tentang ini – tidak jelas mobil apa itu, tetapi ada satu komentar di video Vimeo yang mengklaim itu adalah Seat Ibiza 2006, apa pun itu. Anak berusia 16 tahun itu sepertinya tidak bisa mengemudi sendiri, jadi mungkin memiliki sensor jalur.