POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Taliban menyambut baik kembalinya tim teknis India ke Kabul



Ani |
diperbarui:
24 Juni 2022 08:20 IST

Kabul [Afghanistan]24 Juni (ANI): Taliban menyambut baik keputusan India untuk mengembalikan tim teknisnya ke kedutaan besarnya di Kabul untuk melanjutkan bantuan kemanusiaan di Afghanistan.
“Imarah Islam Afghanistan menyambut baik keputusan India untuk mengembalikan diplomat dan tim teknis ke kedutaan mereka di Kabul untuk melanjutkan hubungan mereka dengan rakyat Afghanistan dan bantuan kemanusiaan mereka,” kata juru bicara Taliban Abdul Qahar Balkhi dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.
“Kembalinya diplomat India ke Afghanistan dan pembukaan kembali kedutaan menunjukkan bahwa keamanan stabil di negara itu dan bahwa semua hak politik dan diplomatik dihormati,” tambah pernyataan itu.
Juru bicara Taliban juga menegaskan keamanan semua kedutaan yang ada sejalan dengan praktik diplomatik internasional. “Badan Energi Internasional menyerukan negara-negara lain untuk kembali ke kompleks diplomatik mereka dan membuka kembali kedutaan mereka,” tambahnya.
Pada hari Kamis, India mengumumkan pengiriman tim teknis ke kedutaan di Kabul untuk mengoordinasikan upaya para pemangku kepentingan untuk pengiriman bantuan kemanusiaan.
“Untuk memantau dan mengoordinasikan upaya berbagai pemangku kepentingan untuk pengiriman bantuan kemanusiaan yang efektif dan untuk melanjutkan keterlibatan kami dengan orang-orang Afghanistan, tim teknis India telah tiba di Kabul hari ini dan telah dikerahkan ke kedutaan kami di sana.” Kementerian Luar Negeri mengatakan dalam sebuah pernyataan.
Baru-baru ini, tim India lainnya mengunjungi Kabul untuk mengawasi pengiriman bantuan kemanusiaan kami ke Afghanistan dan bertemu dengan anggota senior Taliban. Dalam kunjungan tersebut, situasi keamanan dinilai.
MEA mengatakan hubungan lama antara India dan komunitas Afghanistan dan kemitraan pembangunan antara kedua negara termasuk bantuan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan, akan terus memandu pendekatan tersebut ke depan.
Untuk mendukung Afghanistan, pengiriman pertama bantuan gempa bumi dari India tiba di Kabul pada hari Kamis.
Tim India telah mengirimkan konsinyasi untuk mendukung warga Afghanistan yang terkena dampak gempa, yang akan diikuti oleh konsinyasi lainnya.
“Konsinyasi pertama bantuan gempa bumi yang diberikan oleh India kepada rakyat Afghanistan tiba di Kabul. Itu disampaikan oleh tim India di sana. Disusul dengan kiriman lain,” kata juru bicara Middle East Airlines Arindam Bagshi dalam sebuah tweet.
Dukungan itu diperpanjang setelah gempa berkekuatan 6,1 SR mengguncang sebagian Afghanistan dan Pakistan pada Rabu, menewaskan lebih dari 1.000 orang.
Gempa terjadi pada dini hari tadi di dekat kota Khost di bagian tenggara negara itu, daerah yang paling terkena dampak adalah di distrik Sabra di provinsi Khost, Barmalah, Zeruk, Wonka dan distrik Jayan di provinsi Paktika.
Bencana itu terjadi ketika Afghanistan terus menderita krisis ekonomi yang parah sejak Taliban mengambil alih, ketika pasukan internasional pimpinan AS mundur setelah dua dekade perang. (Ani)

READ  Pemenang Penghargaan Bendera Tiongkok Mempromosikan Pentingnya Tradisi Wen Wuxi Tiongkok