POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Surplus perdagangan Indonesia pada bulan Desember adalah $1 miliar, jauh di bawah ekspektasi

Surplus perdagangan Indonesia pada bulan Desember adalah $1 miliar, jauh di bawah ekspektasi

Kapal tunda terlihat di pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Indonesia, 11 Januari 2021. Foto diambil pada 11 Januari 2021. (Reuters) / Willy Kurniawan

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

  • Impor Desember mencapai rekor tertinggi $21,36 miliar
  • Ekspor Desember mencapai $22,38 miliar karena pertumbuhan melambat
  • Larangan ekspor batubara Januari terlihat mempengaruhi neraca perdagangan
  • Surplus perdagangan 2021 sebesar $35,3 miliar, terbesar sejak 2007

JAKARTA (Reuters) – Surplus perdagangan Indonesia menyempit lebih dari yang diharapkan pada bulan Desember menjadi $1,02 miliar, level terendah dalam 20 bulan, karena peningkatan ekspor yang didorong oleh komoditas melambat dan impor mencapai rekor tertinggi, data resmi menunjukkan pada hari Senin.

Ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu mengalami surplus perdagangan setiap bulan sejak Mei 2020, karena pandemi virus corona menahan permintaan domestik sementara ekspor mendorong lonjakan harga komoditas seperti batu bara, minyak sawit, tembaga, timah, baja, dan karet.

Surplus Desember sekitar sepertiga dari $3,13 miliar yang diperkirakan para ekonom dalam jajak pendapat Reuters, dan juga jauh di bawah $3,51 miliar yang dilaporkan pada November.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Impor Desember mencapai rekor $ 21,36 miliar, naik 47,93% tahun-ke-tahun dan melampaui ekspektasi survei untuk pertumbuhan 39,40%, karena pembelian luar negeri melonjak untuk segala hal mulai dari barang konsumsi hingga bahan mentah untuk industri manufaktur.

“Ini menunjukkan aktivitas ekonomi membaik… termasuk konsumsi,” kata Margo Yoono, Kepala Badan Pusat Statistik, dalam konferensi pers.

Sementara itu, ekspor tumbuh 35,30% tahun-ke-tahun dibandingkan dengan perkiraan survei sebesar 40,40%, dengan pengiriman batu bara ke China melambat karena Beijing meningkatkan produksi bahan bakar dalam negeri.

READ  KKP akan menampilkan produk sampingan dari ekonomi biru di Expo 2020 Dubai

Pengiriman negara kaya sumber daya pada bulan Desember mencapai $22,38 miliar, level tertinggi kedua dalam catatan data bulanan setelah November $22,84 miliar.

Para ekonom telah memperingatkan bahwa larangan ekspor batu bara, yang diterapkan sejak 1 Januari untuk menghindari pemadaman listrik yang meluas, dapat mengubah neraca perdagangan Indonesia menjadi defisit. Ekspor batubara mencapai sekitar 14% dari total ekspor Indonesia.

Larangan terhadap penambang besar yang memenuhi persyaratan penjualan lokal telah dilonggarkan, tetapi masih mempengaruhi penambang kecil, yang produksinya mencapai hingga 40% dari total Indonesia.

Untuk keseluruhan tahun 2021, ekspor Indonesia mencapai rekor tertinggi $231,54 miliar, sementara impor mencapai $196,2 miliar.

Surplus perdagangan 2021 sebesar $35,34 miliar adalah yang terbesar sejak 2007.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

(Laporan oleh Gayatri Soroyo dan Francesca Nangui) Penyuntingan oleh Martin Petty dan Ed Davies

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.