POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pembatasan COVID-19 membuat surplus perdagangan Indonesia melebar di bulan Juli

Surplus perdagangan Indonesia bulan Desember turun ke level terendah lima bulan: jajak pendapat Reuters

Seorang pekerja berdiri di atas peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Indonesia, 11 Januari 2021. REUTERS/Willy Kurniawan

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

  • Data perdagangan akan dirilis pada 0400 GMT pada hari Senin 17 Januari

JAKARTA (Reuters) – Surplus perdagangan Indonesia kemungkinan menyusut ke level terendah lima bulan pada Desember karena perlambatan pertumbuhan ekspor dan impor, meskipun ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu mencatat rekor ekspor selama periode lalu, survei Reuters menunjukkan. umum.

Negara yang kaya sumber daya itu mengalami lonjakan ekspor yang didukung oleh kenaikan tajam harga komoditas. Data perdagangan untuk bulan Desember, yang akan dirilis pada hari Senin, ditetapkan untuk mengkonfirmasi bahwa ekspor tahunannya mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada tahun 2021. Baca lebih lanjut

Indonesia telah mengalami surplus perdagangan bulanan sejak Mei 2020, yang mendorong rupiah dan membantu mata uang tersebut menjadi salah satu mata uang dengan kinerja terbaik di negara berkembang Asia tahun lalu.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Namun, pasar mengamati dengan cermat dampak larangan ekspor batu bara pemerintah mulai 1 Januari untuk mencegah pemadaman listrik yang meluas, yang menurut para ekonom dapat membuat Indonesia kembali ke defisit perdagangan.

Untuk Desember, 12 ekonom dalam jajak pendapat memperkirakan surplus $3,13 miliar, turun dari $3,51 miliar bulan sebelumnya.

Ekspor naik 40,4% tahun-ke-tahun, melambat dari laju pertumbuhan November 49,7%, sementara impor diperkirakan naik 39,4%, dibandingkan dengan pertumbuhan November 52,62%.

Analis Nomura mengatakan larangan ekspor batu bara selama sebulan pada Januari dapat mengurangi ekspor sebesar $4 miliar, berpotensi mendorong Indonesia ke dalam defisit perdagangan. Pialang lokal Bahana Sekuritas memberikan estimasi nilai ekspor batu bara pada Januari sekitar $3 miliar.

READ  Blinken di Indonesia saat Amerika Serikat berupaya memperkuat hubungan di Asia Tenggara

Pihak berwenang di Indonesia minggu ini melonggarkan larangan tersebut, mengizinkan 37 kapal untuk pergi, meskipun ratusan penambang yang hasilnya diperkirakan mencapai 40% dari total negara tetap dilarang mengekspor. Baca lebih lajut

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Survei yang dilakukan oleh Devayani Sathyan dan Tushar Goenka di Bengaluru; Ditulis oleh Gayatri Suryo di Jakarta; Diedit oleh Ed Davies

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.