POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Studio RAP menggunakan ubin cetak 3D untuk fasad berbasis triko

Studio RAP menggunakan ubin cetak 3D untuk fasad berbasis triko

Praktik arsitektur Belanda, Studio RAP, merancang fasad ubin keramik “seperti gelombang” untuk toko butik di Amsterdam menggunakan pencetakan 3D dan desain algoritmik.

Terletak di jalan perbelanjaan PC Hoofstraat, Studio rap Rancang fasad agar menonjol dalam lingkungan bersejarahnya dengan menafsirkan ulang siluet fasad aslinya secara digital.

Studio RAP menggunakan ubin cetak 3D untuk fasadnya

Strategi material ini dipengaruhi oleh banyaknya koleksi keramik di galeri seni Rijksmuseum di dekatnya serta warisan seni dan arsitektur keramik kaca Amsterdam.

“Muncul ide untuk mendesain fasad yang seluruhnya dilapisi ubin keramik cetak 3D dengan cara ini [that] “Ini memperkuat identitas toko fesyen kelas atas,” kata Lukas ter Hall, salah satu pendiri Studio RAP, kepada Dezeen.

Detail close-up fasad ubin keramik cetak 3D oleh RAP Studio
Ubinnya membangkitkan detail kerajinan tekstil

Setiap ubin keramik dirancang secara individual dan dicetak 3D untuk mencerminkan detail dan tekstur kain.

“Kami mengambil inspirasi dari seni merajut, menggabungkan lapisan-lapisannya yang rumit, seperti keanggunan kerutan, benang yang saling bertautan, dan pola jahitan, dan menerjemahkannya ke dalam desain akhir fasad,” kata Ter Hall tentang proyek yang dirancang. Untuk perusahaan real estat Warinar.

“Hasilnya adalah ekspresi arsitektur unik yang memadukan makna historis keramik dengan daya tarik visual dari detail yang terinspirasi oleh pakaian rajut,” tambahnya.

Fasad tingkat jalan oleh RAP Studio
Struktur desain mencerminkan skala lingkungan sekitar

Fasad dibagi menjadi struktur segitiga untuk melanjutkan tatanan visual jalan yang khas dan menyesuaikan dengan volume bangunan di sekitarnya.

“Kami memberikan perhatian ekstra untuk menghubungkan aliran antara fasad baru dan fasad bangunan yang berdekatan di sebelah kanan,” kata Ter Hall. “Dengan pemindaian 3D pada fasad asli dan fasad yang berdekatan, aliran baru tersebut diselaraskan dengan tepat.”

Detail close-up fasad ubin keramik cetak 3D dari RAP Studio
“Bata” cetakan 3D ditempatkan pada strip baja yang sejajar dengan bangunan yang berdekatan

Di permukaan tanah, ubinnya dilapisi dengan warna putih mutiara dengan sedikit warna kuning oleh perusahaan tembikar Royal Tichelaar, sedangkan tingkat atasnya terbuat dari ‘batu bata’ cetakan 3D yang dilapisi dengan tiga warna merah dan ditahan dengan baja potong laser. kaset.

READ  Tempat nonton langsung CMA Country Christmas 2023

“Kami bekerjasama dengan Royal Tichelaar, salah satu perusahaan Belanda tertua di bidang pengerjaan kaca, [which adds] Ini merupakan dinamika yang menarik dalam pekerjaan kami dengan memadukan teknologi modern dengan keahlian tradisional,” jelas ter Hall.

Ubin dikonfigurasikan untuk menciptakan ritme bergelombang yang mengubah pengalaman pengunjung terhadap fasad tergantung pada pendekatannya.

“Semakin dekat Anda, semakin banyak detail yang terungkap,” jelas Ter Hall. “Dari kejauhan, fasadnya menyatu dengan warisan jalanan. [but] “Dari dekat Anda melihat pola jahitan mutiara terjadi dan Anda menyadari bahwa setiap milimeter persegi telah dirancang.”

Batu bata cetak 3D untuk fasad ubin keramik dari RAP Studio
Ubin yang dicetak di tingkat atas dilapisi dengan tiga warna merah

“Kami selalu bercita-cita untuk mendesain dengan lapisan tertentu dan keabadian,” lanjut Ter Hall. “Setiap kali Anda lewat, selalu ada sesuatu yang baru untuk ditemukan.”

Bagi Studio RAP, proyek ini mewujudkan misinya untuk mendefinisikan kembali peran arsitek dan mengembangkan lebih lanjut manufaktur in-house berskala besar dan proses otomatis yang canggih.

Tampilan tingkat jalan dari fasad ubin keramik cetak 3D oleh RAP Studio
Irama ubin mengubah tampilan fasad tergantung pada pendekatannya

“Proyek ini menantang konvensi dan mewujudkan gaya arsitektur baru yang mencerminkan komitmen kami untuk menghadirkan lebih banyak kegembiraan dan keragaman ke dunia melalui desain inovatif,” kata Ter Hall.

Studio RAP, yang berbasis di Rotterdam, mengeksplorasi arsitektur dengan fokus pada desain komputasi dan fabrikasi digital. Sebelumnya, perusahaan ini telah menyelesaikan 3.000 buah arcade ubin keramik unik cetak 3D dan sebuah bangunan yang dibuat dengan mesin di Belanda.

Fotografi dilakukan oleh Riccardo De Vecchi dan Rapp Studio.