POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

SpaceX untuk mereplikasi Starbase, membangun beberapa landasan peluncuran untuk Starship di Florida

Kurang dari dua minggu setelah CEO Elon Musk mengungkapkan bahwa SpaceX telah merekonstruksi situs peluncuran Starship pada platform LC-39A yang terletak di Kennedy Space Center, NASA mengungkapkan rencana perusahaan untuk situs peluncuran Starship yang sama sekali berbeda beberapa mil ke utara.

Dikenal sebagai Launch Complex 49 (LC-49) dan terletak di tempat NASA pernah mempertimbangkan untuk membangun LC-39C, platform kelas Saturnus ketiga yang cocok dengan 39A dan 39B, NASA sekarang mengatakan SpaceX bertujuan untuk mengembangkan situs tersebut menjadi satelit khusus kendaraan peluncuran. Sepotong tanah NASA mempertimbangkan Baru-baru ini pada tahun 2017, LC-49 terletak sekitar 1 mil (1,6 km) barat laut platform Space Launch System (SLS) NASA dan 3 mil (5 km) barat laut LC-39A, yang telah disewa SpaceX sejak 2014 dan diluncurkan Sejak 2017 Namun, tidak seperti 39A, SpaceX telah memiliki banyak pekerjaan — dan revisi lingkungan utama — di depannya untuk mengubah LC-49 menjadi situs yang mampu meluncurkan roket lebih dari dua kali kekuatan Saturn V.

Mulai hari ini, “LC-49” adalah garis putus-putus sewenang-wenang di peta. Terletak beberapa ribu kaki di selatan Cagar Alam Perairan Laguna Nyamuk dan Taman Nasional Pantai Canaveral, situs ini mencakup berbagai lahan basah liar dan sama sekali belum berkembang. Sementara tanah yang SpaceX harapkan untuk dikembangkan jauh lebih basah, sebenarnya sangat mirip dengan situs yang sekarang menjadi tuan rumah fasilitas peluncuran Starship Starbase di Boca Chica, Texas. Sebelum kedatangan SpaceX, daerah itu tidak memiliki lumpur pantai.

READ  Asteroid itu dipenuhi dengan banyak logam mulia yang membuat setiap orang di Bumi menjadi miliarder

Untuk mengubah wilayah yang rapuh dan tidak stabil ini menjadi situs peluncuran orbit, SpaceX memindahkan ribuan ton tanah, yang kemudian menjadi timbunan selama tiga tahun ‘dengan biaya tambahan’ atau memadatkan tanah di bawahnya. Ironisnya, saat SpaceX ya Pembangunan situs peluncuran sub-orbital yang relatif kecil di mana biaya tambahan harus dibayar, perusahaan membangun peluncur orbital pertama di lokasi yang sedikit ke timur, di mana tidak ada persiapan seperti itu. Ini menjadi pertanda baik untuk kecepatan SpaceX yang dapat membangun LC-49 dari nol, meskipun kemungkinan akan menjadi tantangan yang jauh lebih besar.

Lokasi potensial LC-49 disorot di sini. (NASA + Google Maps)

Karena situs LC-49 yang diusulkan NASA secara efektif berawa dan berawa, SpaceX harus membuat landasan di mana setiap situs peluncuran Starship yang direncanakan akan berdiri. Ada kemungkinan bahwa biaya tanah tambahan akan diperlukan – mungkin dalam skala yang lebih besar daripada yang dilakukan SpaceX di Boca Chica. Namun, karena SpaceX pada akhirnya tidak menggunakan lahan dengan biaya tambahan itu untuk membangun setengah orbit bantal, kemungkinan SpaceX sekali lagi dapat melakukan metode pembangunan yang lebih sedikit memakan waktu. Jika SpaceX mereplikasi situs peluncuran orbit yang kurang lebih mirip dengan Starbase, papan tersebut mungkin siap diluncurkan hanya dalam 12-18 bulan. NASA dan SpaceX harus menyelesaikan tinjauan lingkungan di sepanjang jalan, tetapi mengingat pekerjaan skema yang telah dilakukan NASA selama beberapa dekade, kemungkinan SpaceX akan dapat mulai membangun LC-49 jauh sebelum proses ini — yang bisa memakan waktu satu tahun atau lebih Beberapa tahun – selesai.

Yang tidak kalah menarik adalah saran NASA bahwa SpaceX secara bersamaan bersiap untuk memperluas fasilitas yang disewanya di tempat lain di Kennedy Space Center. Saat ini digunakan untuk menangani dan menyimpan booster Falcon, fairing, dan tahap atas, SpaceX telah membersihkan banyak di samping hanggar pesawat yang ukurannya sama dengan pabrik Starbase di South Texas Starship seluruhnya. Implikasi yang jelas: SpaceX bermaksud untuk membangun keduanya Dan Meluncurkan Starships dari beberapa landasan peluncuran di Florida.

READ  Simulasi superkomputer menjelaskan kekuatan besar lubang hitam pekat - menegaskan teori relativitas umum Einstein

Beberapa mil ke selatan, CEO Elon Musk mengatakan SpaceX telah memulai kembali pekerjaan di landasan peluncuran Starship terpisah yang terletak di landasan Pad 39A setelah menghentikan konstruksi tahun lalu untuk fokus di Texas selatan. SpaceX telah memilih untuk menghapus basis peluncuran yang tidak lengkap yang telah dibangun seluruhnya, membuka jalan bagi pembangunan versi baru dan lebih baik dari situs peluncuran orbit Starbase. Secara keseluruhan, SpaceX sekarang secara bersamaan membangun dua landasan peluncuran Starship orbital (satu di Starbase dan satu di 39A) dan berencana untuk membangun dua atau tiga lagi (satu detik di Starbase dan setidaknya satu atau dua di LC-49).

SpaceX untuk mereplikasi Starbase, membangun beberapa landasan peluncuran untuk Starship di Florida