POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

SpaceX Starlink akan diluncurkan Minggu malam dari Cape Canaveral

SpaceX Starlink akan diluncurkan Minggu malam dari Cape Canaveral

Pembaruan: Gulir ke bawah untuk liputan langsung peluncuran roket SpaceX Falcon 9 pukul 20:52 EST pada hari Minggu, 14 Januari.

SpaceX telah memundurkan target waktu lepas landasnya menjadi 20:52 untuk meluncurkan roket Falcon 9 dari Launch Complex 40 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.

Falcon 9 akan mengerahkan konstelasi 23 satelit internet Starlink, yang ditempatkan di dalam fasia di atas roket setinggi 230 kaki. Skuadron Cuaca ke-45 Angkatan Luar Angkasa memperkirakan kemungkinan cuaca “lepas landas” mencapai 80 persen, dengan lapisan awan tebal sebagai bahaya utama.

SpaceX belum mengumumkan secara terbuka mengapa misi Starlink 6-37 pada hari Sabtu awalnya ditunda.

Diperkirakan tidak ada dentuman sonik lokal malam ini. Setelah melonjak ke langit sepanjang lintasan tenggara, pendorong tahap pertama roket akan mendarat di kapal drone di laut sekitar 8 setengah menit setelah lepas landas.

Pembaruan pada jam 9 malam: Tahap pertama roket Falcon 9 baru saja mendarat di kapal drone SpaceX A Shortfall of Gravitas di Samudera Atlantik, menyelesaikan misinya yang ke-12.

Pembaruan 20:52: SpaceX baru saja meluncurkan roket Falcon 9 yang membawa 23 satelit Starlink dari Launch Complex 40 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.

Pembaruan 20:47: Streaming langsung peluncuran SpaceX di X (sebelumnya Twitter) kini diposting di bagian atas halaman ini.

Pengangkatan dijadwalkan selama lima menit dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral.

Pembaruan 20:40: Dua belas menit sebelum jadwal peluncuran Falcon 9 SpaceX pada pukul 20:52, hitungan mundur tampaknya berjalan sesuai rencana. Pengisian bahan bakar masih berlangsung di Launch Complex 40.

Sebagai pengingat, berikut adalah daftar pencapaian hitung mundur penting yang akan datang. T dikurangi:

  • 7 menit: Falcon 9 memulai pendinginan mesin sebelum diluncurkan.
  • 1 menit: Komputer komando penerbangan memulai pemeriksaan pra-peluncuran terakhir; Tekanan tangki bahan bakar dimulai hingga mencapai tekanan jelajah.
  • 45 detik: Direktur peluncuran SpaceX memeriksa waktu peluncuran.
  • 3 detik: Modul kontrol mesin mengontrol permulaan urutan pengapian mesin.
  • 0 detik: Falcon lepas landas 9.
READ  Bagaimana para arkeolog merekonstruksi pembakaran Yerusalem pada tahun 586 SM

Pembaruan 20:34: Misi malam ini menandai penerbangan ke-12 booster tahap pertama Falcon 9, kata SpaceX.

Setelah pemisahan tahap, booster dijadwalkan mendarat di kapal drone A Shortfall of Gravitas di Samudera Atlantik 8 menit 13 detik setelah lepas landas.

Booster tersebut sebelumnya telah meluncurkan SES-22, HAKUTO-R Mission 1 ispace, misi Hispasat Amazonas Nexus, CRS-27, dan tujuh misi Starlink, SpaceX melaporkan.

Pembaruan 20:21: Prosedur pengisian bahan bakar untuk roket Falcon 9 kini sedang berlangsung di Launch Complex 40, SpaceX baru saja mengumumkan.

Ini berarti misi Starlink 6-37 malam ini dijadwalkan lepas landas pada pukul 20:52, jika tidak, peluncuran harus ditunda.

Diperbarui pada 20:05: Pada hari Rabu, roket SpaceX Falcon 9 akan meluncurkan empat astronot Eropa ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan menggunakan kapsul Dragon.

Detail misi Aksioma-3:

  • Peluncuran sasaran: 17:11
  • lokasi: Pad 39A di Kennedy Space Center.
  • Liputan langsung: Dimulai 90 menit sebelum lepas landas di floridatoday.com/space.

Pembaruan 19:26: SpaceX baru saja mengumumkan bahwa lepas landas malam ini telah ditunda lagi menjadi pukul 20:52

Peluang pencadangan tambahan tersedia hingga pukul 23.25, jika diperlukan.

Pembaruan 19:15: Lingkaran radar Layanan Cuaca Nasional menunjukkan garis hujan secara bertahap meruncing ke selatan dari Cape Canaveral.

Pembaruan 18:48: Kru SpaceX telah menunda target waktu lepas landas malam ini dari pukul 19:27 menjadi 20:05

Hujan dan awan tebal terjadi hampir sepanjang sore dan malam hari di Space Coast.

Untuk pembaruan jadwal peluncuran terkini dari Cape Canaveral Space Force Station dan Kennedy Space Center NASA, kunjungi situs webnya floridatoday.com/launchschedule.

Rick Neil Dia adalah koresponden luar angkasa Florida Today (untuk ceritanya lebih lanjut, klik disini.) Hubungi Neale di 321-242-3638 atau [email protected]. Twitter/X: @Rick Neal1

READ  Situs Dampak Roket Misterius Pengintaian Bulan NASA

Ruang angkasa penting bagi kami, itulah sebabnya kami berupaya menyediakan cakupan industri dan operasi peluncuran tertinggi di Florida. Jurnalisme seperti itu membutuhkan waktu dan sumber daya. Tolong dukung dia dengan berlangganan di sini.