POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sophia Boeing 747SP berbasis selamanya • Rekor

Bahkan seperti NASA posting gambar Untuk mendemonstrasikan kemajuan dalam pengoperasian Teleskop Luar Angkasa James Webb, persiapan sedang dilakukan untuk mendirikan Observatorium Stratosfer berbasis Boeing 747 untuk Astronomi Inframerah (Sofia) untuk kebaikan.

Akhir operasi diumumkan pada 28 April, yang menegaskan bahwa tidak akan ada perpanjangan misi lebih lanjut ke Boeing 747 SP yang dimodifikasi dan teleskopnya. Operasi akan dihentikan “paling lambat 30 September 2022” setelah perpanjangan misi saat ini berakhir.

Sophia, proyek bersama NASA dan mitra Badan Antariksa Jerman di Deutsches Zentrum für Luft- und Raumfahrt (DLR), sedang dalam masa pinjaman. Pengembangan dimulai pada tahun 1996, cahaya pertama terlihat pada tahun 2010 dan platform diumumkan akan beroperasi pada kapasitas penuh pada tahun 2014.

Misi lima tahun utamanya selesai pada 2019 dan perpanjangan tiga tahunnya akan berakhir tahun ini.

“Sebagai bagian dari tinjauannya terhadap keadaan penelitian astronomi saat ini, Survei Dekadal Astronomi dan Astrofisika 2020 dari Akademi Nasional mengevaluasi Sophia,” kata NASA.

Laporan tersebut mencatat bahwa Sophia tidak membenarkan biaya operasi dan kemampuannya tidak “tumpang tindih secara signifikan” dengan prioritas yang diidentifikasi dalam survei.

Teleskop SOFIA melihat keluar dari pintu besar di badan pesawat, dekat ekor. Pengamatan dilakukan saat pesawat terbang antara 38.000 dan 45.000 kaki, yang merupakan lebih dari 99 persen atmosfer bumi yang menghalangi radiasi infra merah, Menurut NASA.

Instrumen teleskop beroperasi dalam panjang gelombang inframerah dekat, menengah dan jauh, dan berkat fakta bahwa Boeing 747 mendarat setelah setiap penerbangan, para insinyur juga memiliki kesempatan untuk memperbaiki dan memperbarui muatan.

Namun, semua hal baik harus berakhir. Nilai teleskop terbang lama diinterogasiterutama jika diukur dengan kutipan yang dihasilkan oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble.

READ  Stephen Weinberg, fisikawan pemenang Hadiah Nobel, telah meninggal

Boeing 747SP sendiri berasal dari tahun 1977, melewati tangan Pan Am dan United Airlines sebelum mulai bekerja mengadaptasi pesawat untuk misi pengawasan (termasuk memotong lubang besar di badan pesawat).

Penemuan ekspedisi termasuk penemuan Air di permukaan bulan yang diterangi matahari pada tahun 2020. Lebih banyak penerbangan ke observatorium direncanakan sebelum misi berakhir, termasuk perjalanan singkat ke Selandia Baru.

Namun, dengan tidak adanya anggaran NASA untuk observatorium dan anggukan dari DLR, tampaknya akhir Sophia sudah di depan mata. ®