POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Setelah sampai di pantai Polly yang dikelilingi sampah berkilo-kilometer, traveler kehilangan kata-katanya.

Tidak ada turis, tetapi masih ada tumpukan sampah: pelancong tersesat dalam kata-kata setelah tiba di pantai Polly yang ‘menakjubkan’, yang ditutupi dengan puing-puing plastik yang hanyut bermil-mil jauhnya.

  • Seorang pria yang bepergian sendirian di pantai di Bali setelah badai telah terkejut
  • Pasir ditutupi dengan plastik didorong ke pantai
  • Turis Amerika Emily telah membagikan video viral TikTok yang saat ini meningkatkan kesadaran
  • Relawan sosial membersihkan adegan mengejutkan pada hari berikutnya
  • Itu terjadi setelah beberapa lusin turis asing mengunjungi Bali dalam sembilan bulan pertama tahun ini


Seorang pelancong tunggal ke Bali telah hancur oleh keadaan pantai yang dipenuhi sampah berkilo-kilometer setelah badai.

Emily yang diyakini berasal dari Amerika Serikat ingin menjelajahi pantai-pantai menakjubkan yang bisa ditawarkan oleh destinasi wisata Indonesia, namun justru menemukan kebalikan dari keindahan yang ia harapkan.

Pasir ditutupi dengan plastik dan bahan bekas dari laut dan restoran terdekat.

Emily menangkap apa yang dia lihat dalam video viral TikTok, yang dilihat 200.000 kali dalam empat hari.

Polly pernah menjadi tujuan wisata bagi banyak orang Australia, tetapi telah sangat terpengaruh oleh epidemi Pemerintah-19.

Gulir ke bawah ke video

Pasir ditutupi dengan plastik sekali pakai yang didorong ke darat dari laut dan restoran terdekat

Emily, yang diyakini berasal dari Amerika Serikat, ingin menjelajahi pantai-pantai Bali, tetapi terkejut menemukan puing-puing berkilo-kilometer menumpuk di pantai setelah badai.

“Saya berjalan ke Pantai Polly pagi ini dan inilah yang saya lihat,” tulis Emily dalam video tersebut.

READ  Menhan RI, Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia membahas

‘Puing-puing telah tersapu ke pantai oleh hujan lebat baru-baru ini. Sampah menutupi pantai sampai saya melihatnya – sangat buruk untuk dilihat.

Sampah tampak berupa gelas bekas, panci bekas, kaleng dingin, peralatan makan cepat saji, dan kantong plastik.

Mengomentari gambar-gambar itu, pengguna TikTok mengatakan mereka tidak ingin memikirkan banyaknya plastik yang mengambang di lautan.

‘Sebagai ras, kami adalah musuh terburuk kami sendiri,’ tulis seseorang.

‘Kami adalah kanker bumi,’ kata yang lain.

Yang ketiga menulis: ‘Ah! Buruk sekali! Laut meniupnya kembali pada kami. Kami harus melakukan yang lebih baik.’

“Ini sangat memilukan dan bisa dicegah,” kata yang lain.

Keesokan harinya relawan masyarakat dan tim Sungai Watch membersihkan pantai.

Emily (foto) beremigrasi ke Polly untuk memulai hidup baru dan mendokumentasikan apa yang dia lihat di video TikTok yang sekarang viral.

Emily (foto) beremigrasi ke Polly untuk memulai hidup baru dan mendokumentasikan apa yang dia lihat di video TikTok yang sekarang viral.

Dengan hanya beberapa lusin turis asing yang berkunjung ke Bali tahun ini, pulau yang biasanya dipadati puluhan ribu orang itu jauh dari kesan sebelumnya.

Dahulu jalan-jalannya penuh sesak dengan pengunjung, tetapi sekarang bar dan toko kosong setelah pariwisata mengering selama larangan perjalanan Pemerintah.

Sebanyak 43 wisman berkunjung ke Bali dalam sembilan bulan pertama tahun 2021, naik dari 6,3 juta pada periode yang sama tahun 2019.

Desa-desa di pulau itu sekarang menjadi kota hantu dan bisnis lokal telah berjuang selama bertahun-tahun untuk mengapung dengan harapan bahwa perjalanan internasional tidak akan kembali.

Antara tahun 2000 dan 2019, Bali menjadi semakin populer di kalangan wisatawan di seluruh dunia, dengan 6,3 juta pengunjung asing pada tahun 2019 (Gambar: Pura Lembuang di Bali)

Antara tahun 2000 dan 2019, Bali menjadi semakin populer di kalangan wisatawan di seluruh dunia, dengan 6,3 juta pengunjung asing pada tahun 2019 (Gambar: Pura Lembuang di Bali)

Selama dekade terakhir Bali telah menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di dunia tidak hanya untuk Australia tetapi juga untuk Eropa, Amerika Utara dan Selatan dan negara-negara Asia lainnya.

READ  Berita Dunia | Menteri Pertahanan Indonesia menandatangani buku belasungkawa atas kematian Jenderal CDS Rawat, menyebutnya sebagai "patriot India yang hebat"

Bisnis penyewaan skuter, pub, dan restoran baru bermunculan di sepanjang kawasan wisata, dan penduduk setempat mulai mempercayai bisnis asing.

Karena jumlah pengunjung meningkat dengan jumlah rekor pada tahun 2019, lebih dari 75.000 kamar hotel telah dibangun di pantainya untuk memenuhi permintaan.

Pada tahun yang sama, TripAdvisor menempatkan pulau itu sebagai tempat terbaik di Asia dan tempat terbaik keempat di dunia.

Toko-toko di teluk (foto) dulunya ramai dengan turis asing yang membawa pakaian dan suvenir murah.

Toko-toko di teluk (foto) dulunya ramai dengan turis asing yang membawa pakaian dan suvenir murah.

Kemudian di awal tahun 2020 datangnya virus corona tiba-tiba memutus perjalanan internasional.

Pulau itu akhirnya dibuka kembali untuk turis pada pertengahan Oktober, tetapi para pelancong harus mengisolasi diri selama lima hari dengan biaya sendiri, setelah itu dikurangi menjadi tiga.

Polly mengizinkan beberapa pengecualian untuk aturan perjalanan seperti duta besar atau tenaga medis.

Seorang pembuat liburan berjalan di pantai di Bali pada tahun 2019 (foto)

Seorang pembuat liburan berjalan di pantai di Bali pada tahun 2019 (foto)

Sama seperti Bali dan negara-negara lain seperti Australia dan Amerika Serikat sekarang mulai melonggarkan aturan perbatasan, munculnya strain Omigron mengancam pesawat darat lagi.

Para ahli memperkirakan bahwa variasi baru mungkin menjadi masalah yang akan terus berlanjut selama bertahun-tahun yang akan datang.