POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Setelah pulih dari epidemi, perusahaan teknologi restoran Boston Toast merilis ke publik

Hanya 16 bulan yang lalu, CEO dan salah satu pendiri Toast Steve Friedt memberhentikan sekitar setengah dari karyawan perusahaan, memberhentikan 1.300 orang, memberhentikan ratusan lainnya, dan memotong gaji CEO. Restoran yang menggunakan pembayaran Toast dan program pemesanan telah memangkas penjualan mereka hingga seperempatnya, dan perusahaan telah membebaskan $20 juta dalam biaya yang harus dibayar kepada pelanggannya, ungkap Jumat.

Tetapi dengan mengembangkan perangkat lunak untuk membantu restoran dengan cepat menambahkan kemampuan untuk menerima pesanan online, mengatur pengiriman, mengeluarkan kartu hadiah, dan melakukan pemasaran email, Toast bangkit kembali jauh lebih cepat dari pemulihan makan di luar secara keseluruhan. Perusahaan juga telah menjalin kemitraan dengan layanan pengiriman seperti DoorDash, yang memungkinkan restoran membayar biaya tetap per pengiriman alih-alih persentase pesanan.

“Setahun yang lalu, COVID tampaknya menjadi bencana besar bagi Toast, tetapi Toast bergerak cepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan restoran di masa-masa tersulit dan mendorong perusahaan ke tingkat yang sama sekali baru,” kata Eric Paley, Managing Partner dari perusahaan modal ventura Founder Collective. yang tidak ada hubungannya dengan perusahaan.

Perusahaan mengatakan bahwa dari pertengahan 2019 hingga pertengahan 2020, Toast hampir menggandakan jumlah restoran yang menggunakan perangkat keras dan perangkat lunaknya menjadi 33.129. Pada pertengahan 2021, 47.942 telah menjabat.

“Ini baru awal dari perjalanan kami,” tulis Fredette dan salah satu pendiri Aman Narang dan John Grimm dalam pengajuan ke Securities and Exchange Commission. “Tujuan kami untuk menjadi platform pilihan untuk restoran di seluruh dunia adalah luas dan dapat membawa kami ke banyak arah.”

Perusahaan menolak permintaan wawancara pada hari Jumat.

Pendapatan Toast pada paruh pertama tahun 2021 meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi $704 juta dibandingkan periode yang sama pada tahun 2020. Rugi bersih perusahaan sebesar $235 juta adalah 88 persen lebih tinggi dari tahun 2020. Volume penjualan yang diproses oleh pelanggan restoran Toast melalui sistemnya meningkat sebesar 125 persen pada paruh pertama tahun 2021, dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menjadi $23,4 miliar.

Meningkatnya permintaan online selama pandemi juga telah mendorong layanan pengiriman minuman keras yang berbasis di Boston, Drizly, yang diakuisisi Uberc pada Februari seharga $ 1,1 miliar. Pengenalan IPO Toast datang beberapa hari setelah Sweetgreen National Power Corporation mengakuisisi perusahaan Boston lainnya, Spyce.

IPO Toast dapat memberi nilai perusahaan sebesar $20 miliar atau lebih, membuat pendiri miliarder, setidaknya di atas kertas, dan mendatangkan keuntungan yang lebih besar lagi bagi perusahaan modal ventura yang mendanai perusahaan, termasuk Bessemer Venture Partners dan Steve Papa Technology Investment Dining Group. (Baba, seorang investor awal, sebelumnya memimpin Endeca, sebuah perusahaan perangkat lunak yang digunakan oleh para pendiri Toast sebelum diakuisisi oleh Oracle pada tahun 2011.)

Penawaran pasar saham yang direncanakan datang karena beberapa pesaing Toast telah melihat harga saham mereka melonjak. Saham persegi naik 75 persen selama setahun terakhir, Lightspeed Commerce naik lebih dari 200 persen, dan Fiserv, yang memiliki pesaing Clover Network Toast, naik 20 persen.

Terlepas dari persaingan, perusahaan mengatakan memiliki ruang untuk terus berkembang, mencatat bahwa hanya 6 persen lokasi restoran di Amerika yang menggunakan layanannya. Dan industri restoran global lebih dari 20 kali lebih besar.

Goldman Sachs, Morgan Stanley dan JP Morgan memimpin IPO.

Staf Anissa Gardisi dan Brancho Verma dari Globe berkontribusi pada laporan ini.


Aaron Pressman dapat dihubungi di [email protected] Ikuti dia di Twitter penyematan tweet.

READ  Stack Overflow dijual ke investor teknologi Prosus seharga $1,8 miliar