POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Setahun kemudian, ekosistem teknologi Nigeria mengharapkan lebih banyak dari Tinubu

Setahun kemudian, ekosistem teknologi Nigeria mengharapkan lebih banyak dari Tinubu

Selama kampanye pemilu, kampanye Harapan Baru Presiden Bola Ahmed Tinubu berfokus pada delapan bidang utama termasuk pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja dan akses terhadap modal. Meskipun pernyataannya tidak memberikan rincian, ia mengatakan kepada delegasi Google beberapa bulan setelah ia dilantik bahwa “ekonomi digital dan komunikasi mewakili masa depan, dan kami bertekad untuk mempromosikannya.”

Ia menyusun kabinetnya lebih cepat dibandingkan pendahulunya, dan mendapat pujian karena menunjuk Bosun Tejani, orang dalam ekosistem, sebagai menteri komunikasi, inovasi, dan ekonomi digital. Namun, setelah satu tahun berkuasa, para pemangku kepentingan di industri teknologi Nigeria yakin masih banyak yang harus dilakukan.

“Saya tidak akan menilainya [Tinubu’s government] “Banyak hal yang saya janjikan masih dalam proses,” kata Iyin Aboyeji, mitra umum di perusahaan investasi Future Africa.

Bosun Tijani adalah wajah publik dari ambisi teknologi manajemen. Mantan presiden CCHub meluncurkan rencana untuk melatih tiga juta talenta teknologi dalam empat tahun. Ia juga berencana memperluas infrastruktur serat optik di seluruh negeri, sebuah proyek yang memerlukan investasi besar sebesar $2 miliar.

Meskipun inisiatif-inisiatif ini mengarah ke masa depan, terdapat beberapa keberhasilan yang bisa dicapai dengan cepat: pada bulan Juni 2023, RUU Perlindungan Data disahkan menjadi undang-undang, tepat pada waktunya mengingat peningkatan signifikan dalam pelanggaran data di negara ini. Keputusan pada tahun 2023 untuk mencabut larangan dua tahun terhadap transaksi mata uang kripto, yang awalnya dianggap sebagai kemenangan, mengalami kemunduran setelah pemerintah menyalahkan perdagangan mata uang kripto sebagai penyebab volatilitas mata uang. Pada bulan Februari 2024, naira menjadi salah satu mata uang dengan kinerja terburuk di dunia. Kemudian rebound di bulan April membuat peruntungannya berayun, tapi itu hanya berumur pendek. Pada bulan Mei, naira bangkit kembali bersamaan dengan beberapa mata uang dunia yang berkinerja buruk.

READ  Hadiah liburan untuk penggemar teknologi dalam hidup Anda

Binance, bursa mata uang kripto terbesar di dunia, telah menjadi pusat tindakan keras yang tidak terduga, dengan dua eksekutifnya didakwa melakukan penggelapan pajak dan pencucian uang. Kantor Penasihat Keamanan Nasional (NSA) telah mengklasifikasikan perdagangan mata uang kripto sebagai masalah keamanan nasional. Lima bank baru terkemuka juga dilarang menerima nasabah baru, sehingga memperlambat pertumbuhan dan berdampak pada upaya inklusi keuangan yang penting.

Bagi Aboyeji, tindakan pemerintah mencerminkan lemahnya daya lobi ekosistem, yang seharusnya diperbaiki oleh orang dalam kabinet federal. “Saya belum tentu setuju dengan cara pemerintah menangani masalah ini. Namun, saya yakin hal ini sangat terhambat oleh kurangnya kepemimpinan dalam ekosistem. Kita harus bergandengan tangan dengan Menteri industri akan diblokir untuk mencapai Kabinet hingga Selamanya.

“Saya tidak menaruh harapan besar pada pemerintahan ini bahkan dengan penunjukan menterinya. “Tidak banyak yang bisa dia lakukan untuk menghentikan pemerintah melakukan apa pun yang dianggap benar,” tambah salah satu pendiri, yang meminta tidak disebutkan namanya untuk berbicara dengan bebas.

Konsensusnya adalah ekosistem teknologi memerlukan regulasi yang lebih tepat. Hal ini akan bergantung pada keterlibatan yang lebih kuat dengan menteri, kata Oswald Osaretin Gubadia, mitra pengelola DigitA dan asisten khusus senior bidang transformasi digital pada pemerintahan sebelumnya. Pesatnya penerapan UU Start-up di Nigeria pada tahun 2023 juga merupakan masalah lain.

“Dia meninggalkan kami untuk memeluknya [the minister’s strategy] Dan temukan cara untuk bekerja sama dengannya guna mencapai tujuan strategis tersebut. Terserah padanya untuk terus menyatukan kita, terus memberikan informasi kepada kita, dan memperkuat kemitraan dengan kita.

Mengatasi masalah infrastruktur merupakan perdebatan utama bagi banyak pengamat. Fokus menteri pada kecerdasan buatan mendapat reaksi beragam dari para pengamat yang percaya bahwa membangun fondasi lebih penting.

READ  Walgreens telah mencapai kesepakatan dengan perusahaan teknologi Pearl Health untuk meningkatkan kerja sama dengan dokter perawatan primer
Menteri Komunikasi, Inovasi dan Ekonomi Digital Nigeria, Busun Tijani.

Pemerintah Nigeria bulan ini menyetujui kendaraan tujuan khusus untuk mendukung pengiriman kabel serat optik tambahan sepanjang 90.000 kilometer guna meningkatkan konektivitas internet di negara tersebut. Meskipun langkah ini merupakan langkah yang disambut baik, beberapa pemangku kepentingan berpendapat bahwa menteri harus melibatkan sektor telekomunikasi untuk membuat akses internet lebih mudah diakses.

“Jika Nigeria ingin menjadi raksasa digital yang layak, data harus menjadi komoditas yang sangat sederhana dan mudah diakses,” kata salah satu pendiri yang berbicara secara anonim.

Masalah lain yang perlu diatasi oleh Nigeria adalah digitalisasi semua layanan pemerintah. Pada bulan Februari, menteri Diluncurkan DevsInGovernment, sebuah komunitas peminat teknologi di bidang layanan sipil, bertujuan untuk mempromosikan penggunaan teknologi dalam layanan pemerintah.

Proses pemerintah – seperti memperoleh izin dan membayar pajak – harus diotomatisasi untuk menghilangkan gesekan, kata Adedeji Oloye, pendiri Lendsqr, sebuah startup yang menawarkan pinjaman sebagai layanan. “Bayangkan jika pemerintah memiliki satu platform untuk semua aplikasi pemerintah. Ini adalah platform di mana Anda dapat mendaftar untuk segala hal, mengunggah dokumen, melakukan pembayaran, dan melacak kemajuannya,” kata Oloy.

Pada bulan Mei 2023, Presiden Tinubu menghapuskan subsidi bahan bakar senilai $10 miliar per tahun dan mendevaluasi naira. Meskipun dipuji oleh investor internasional, kedua reformasi tersebut telah meningkatkan tingkat inflasi selama tiga dekade dan melemahkan belanja konsumen. Ekosistem teknologi juga menanggung beban terbesarnya. Pada bulan Februari, Spleet, sebuah startup proptech yang mengumpulkan $2,6 juta pada tahun 2022 dari investor seperti MaC Ventures dan HoaQ Fund, memberhentikan sejumlah karyawan yang tidak diungkapkan karena meningkatnya inflasi.

Minggu ini, Menteri Keuangan Will Eddon Dia berkata Perekonomian Nigeria tumbuh meskipun Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan bahwa Nigeria akan kehilangan posisinya sebagai negara dengan perekonomian terbesar ketiga di Afrika karena Aljazair pada tahun 2024. Para pemangku kepentingan dalam ekosistem teknologi, seperti negara-negara lain di negara ini, membutuhkan lebih dari sekedar jaminan. “Membangun pasar yang sulit seperti kita adalah hal yang sulit, dan kondisi makroekonomi sangatlah penting, sehingga pemerintah perlu mengumumkan rencana keuangannya,” kata orang dalam industri ini.

READ  Macquarie Mengadakan Panggilan 'Kegemukan' di HCL Tech, Naik 30%

Meskipun belum ada kepastian mengenai apa yang mungkin terjadi dalam tiga tahun ke depan bagi ekosistem teknologi Nigeria di bawah kepemimpinan Tinubu, ada satu hal yang jelas: para pemangku kepentingan berharap bahwa kursi di meja perundingan akan membawa perubahan besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital.

Dapatkan buletin teknologi Afrika terbaik di kotak masuk Anda