POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Serbia akan bergabung dengan BRICS pada tahun 2024?

Serbia akan bergabung dengan BRICS pada tahun 2024?

Republik Serbia adalah negara terbaru yang tertarik dengan proyek ini BRIK MassaAliansi ini, sebagai imbalannya, dapat membuka pintunya bagi negara tersebut.

BRICS sangat ingin melakukan ekspansi pada tahun lalu, dengan negara-negara anggota baru bergabung pada awal tahun 2024. Blok tersebut diperkirakan akan mengirimkan undangan resmi ke lebih banyak negara pada akhir tahun ini, dengan tujuan memperluas jangkauan globalnya. Ketika semakin banyak negara yang tertarik pada konsep de-dolarisasi, semakin banyak negara yang ingin bergabung dengan dolar AS dan menghilangkannya sebagai cadangan global. Negara-negara yang mendukung misi ini telah menerima sinyal bersama dari blok tersebut, serta undangan.

Namun, apakah Serbia akan menjadi negara Balkan pertama yang memperoleh keanggotaan BRICS?

Baca juga: BRICS: JPMorgan mengeluarkan peringatan keuangan besar AS

Akankah Serbia bergabung dengan BRICS pada tahun 2024?

Akankah Serbia bergabung dengan BRICS pada tahun 2024?
Sumber: Agence France-Presse

Pada tanggal 29 Maret, muncul laporan bahwa BRICS telah mengundang Serbia untuk menghadiri pertemuan puncak berikutnya di Rusia pada akhir tahun ini. Hal ini merupakan berita besar bagi negara ini karena telah lama menunggu kesempatan untuk menyuarakan pendapatnya dalam perbincangan global. Serbia telah menunggu untuk diterima menjadi anggota Uni Eropa sejak tahun 2009. Karena negara tersebut belum menerima undangan resmi untuk bergabung dengan UE, Serbia mungkin akan berpihak pada aliansi yang sedang berkembang tersebut.

Pada Agustus 2023, Gerakan Sosialis Serbia mendorong Parlemen untuk mengajukan keanggotaan BRICS. Partai tersebut mengatakan, “Hampir dua pertiga warga negara menganggap keanggotaan Serbia di BRICS sebagai pilihan integrasi yang terbaik dan paling dapat diterima.” Jika Serbia menghadiri KTT tersebut dan bergabung dengan aliansi tersebut, maka Serbia akan menjadi negara Eropa pertama yang menghadirinya.

READ  Jeddah menjadi tuan rumah sesi ke-44 ISESCO

Baca juga: Reaksi Amerika Serikat terhadap Negara-negara Timur Tengah yang Bergabung dengan BRICS

Langkah lain menuju Eropa akan berdampak buruk bagi BRICS. Ketika aliansi ini terus berjuang melawan negara-negara Barat untuk menyingkirkan dolar AS dan menciptakan tatanan dunia baru, ekspansi ke Eropa akan mendorong mereka lebih dekat ke negara-negara Barat. Bergabungnya Serbia dengan blok tersebut akan bermanfaat tidak hanya bagi Serbia tetapi juga bagi masa depan BRICS.

Presiden Serbia belum secara resmi menerima undangan tersebut, namun diperkirakan akan menerimanya. Dengan pembaruan ini, negara Balkan mungkin telah mengambil langkah lain untuk bergabung dengan BRICS pada tahun 2024.