POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Seperti apa masa depan tanpa kata sandi?  – Apa itu lokal?

Seperti apa masa depan tanpa kata sandi? – Apa itu lokal?

Apakah masa depan tanpa kata sandi mungkin? Perusahaan teknologi percaya akan hal ini, dan mereka bekerja untuk mewujudkannya. Mari kita lihat langkah-langkah keamanan yang dapat menggantikan kata sandi, dan apa yang dapat dilihat konsumen dalam waktu dekat.

Masalah dengan kata sandi adalah bahwa mereka tidak terlalu aman. Fakta bahwa kita membutuhkan begitu banyak dari mereka mengarah pada praktik umum menggunakan kata sandi yang mudah ditebak dan berulang. Namun kata sandi yang mudah ditebak konsumen juga mudah dicuri oleh peretas. Menggunakan kembali kata sandi juga memudahkan penjahat dunia maya untuk membobol lebih banyak akun.

Untuk saat ini, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan pengelola kata sandi. Tapi ini tidak membahas keamanan dari sisi lain: server. Anda dapat memiliki kata sandi terbaik di dunia, tetapi itu tidak akan ada gunanya bagi Anda jika server tidak menyimpannya dengan benar.

Lalu ada pemindahan password dari titik A ke titik B. Anda mungkin memiliki kata sandi terbaik di dunia dan keamanan server terbaik, tetapi jika kata sandi dikirim melalui jaringan yang tidak aman, itu masih dapat dicuri.

Itu banyak keamanan untuk dipikirkan. Yang harus kita lakukan adalah menyederhanakan prosesnya. Bagaimana jika ada cara bagi konsumen untuk login ke semua akun mereka menggunakan satu metode yang mudah dan aman?

Masukkan apa yang disebut Apple sebagai “kunci sandi”. Kunci sandi diperkenalkan selama acara Apple pada Juni 2022, dan akan tersedia untuk konsumen pada versi perangkat lunak Mac dan iPhone/iPad terbaru. (Ini adalah macOS Ventura dan iOS 16, dan akan diluncurkan akhir tahun ini.)

Kunci sandi Apple bekerja dengan mengganti kata sandi situs web dan aplikasi dengan tombol numerik yang ditautkan ke ID Sentuh atau biometrik ID Wajah Anda. Alih-alih mengetikkan kata sandi yang rumit, pengguna hanya perlu mengetuk notifikasi yang dikirim ke ponsel mereka. Seluruh proses dienkripsi ujung ke ujung dengan teknologi terbaru. Para ahli berharap bahwa ini akan meringankan banyak masalah saat ini dengan kata sandi.

READ  Mengapa memilih penyedia teknologi menjadi lebih strategis dengan platform operasi

Apple bukan satu-satunya yang bekerja untuk masa depan tanpa kata sandi. Faktanya, Apple, Microsoft, dan Google telah bekerja sama untuk mendukung standar baru untuk otentikasi tanpa kata sandi yang berfungsi di berbagai platform. Dikembangkan oleh FIDO Alliance dan World Wide Web Consortium (W3C), standar baru ini suatu hari nanti memungkinkan pengguna Android untuk membuka kunci Mac atau pengguna iPhone untuk masuk ke PC Windows.

Terburu-buru untuk mengganti kata sandi sebagian besar didorong oleh peningkatan kejahatan dunia maya. Kejahatan dunia maya memiliki efek riak. Satu komputer konsumen yang terinfeksi malware mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi dua puluh ribu komputer yang terinfeksi malware dapat menjadi pasukan yang digunakan untuk menyerang target yang lebih kompleks seperti server perusahaan dan bahkan pemerintah. Belum lagi keuntungan ilegal yang diperoleh dari mata-mata perusahaan, pencurian data, penipuan keuangan… daftarnya terus berlanjut.

Untungnya, tidak hanya masa depan tanpa kata sandi yang mungkin, itu sudah ada. Akan menarik untuk melihat bagaimana teknologi baru ini berkembang lebih jauh.

• Triona Guidry adalah penulis lepas teknologi konsumen yang memberikan dukungan teknis dan saran kepada pengguna komputer rumahan. Untuk tips dan berita email mingguan gratis, berlangganan blog Simple Tech Tips-nya di www.lightningtechsupport.com/subscribe.