POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Seorang perwakilan dari pemerintah China menghadiri pemakaman mantan Perdana Menteri Jepang Abe di Jepang – dunia

Para peserta meninggalkan pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan di Tokyo, Jepang, 27 September 2022. [Photo/Agencies]

TOKYO – Wan Gang, perwakilan pemerintah Tiongkok dan wakil ketua Komite Nasional Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok, menghadiri pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan upacara penghargaan yang diselenggarakan oleh pemerintah Jepang dan Abe keluarga. Di Tokyo pada hari Selasa.

Wan mengatakan kepada pihak Jepang bahwa setelah kematian mantan Perdana Menteri Abe, Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang masing-masing mengirim pesan belasungkawa kepada Perdana Menteri Fumio Kishida, dan Xi serta istrinya Profesor Peng Liyuan mengirim surat belasungkawa. Istri Abby Aki Abe.

Wan mengatakan bahwa selama pelayanannya kepada perdana menteri Jepang, Abe memberikan kontribusi untuk mempromosikan peningkatan dan pengembangan hubungan China-Jepang.

Dia mengatakan bahwa atas nama pemerintah China, dia berada di Tokyo untuk menghadiri pemakaman dan menyampaikan belasungkawa kepada pihak Jepang.

Perdana Menteri Kishida dan anggota keluarga Abe berbicara dengan Wan, dan berterima kasih kepada pemerintah China karena mengirimkan perwakilan untuk menghadiri pemakaman.

Ketika bertemu dengan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Hirokazu Matsuno pada hari Rabu, Wan mengatakan para pemimpin kedua negara mencapai konsensus penting tahun lalu untuk membangun hubungan China-Jepang yang memenuhi persyaratan era baru.

Dia mengatakan kedua belah pihak harus mengambil konsensus sebagai panduan, dan merayakan ulang tahun ke-50 normalisasi hubungan diplomatik antara China dan Jepang sebagai kesempatan untuk mempromosikan pengembangan hubungan bilateral yang sehat dan stabil.

Matsuno mengatakan Jepang sangat mementingkan pengembangan hubungan dengan China, dan bersedia bekerja sama dengan China untuk mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai oleh para pemimpin kedua negara, sehingga mengembangkan hubungan bilateral yang konstruktif dan stabil.

READ  Pangeran Charles mengunjungi Barbados setelah menjadi republik