POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Seorang pakar teknologi mengatasi kekhawatiran tentang fitur NameDrop di iPhone

EAST LONGMEADOW, MA (WGGB/WSHM) – Perubahan pada pembaruan sistem operasi iPhone terbaru dapat menyebabkan informasi kontak Anda dibagikan kepada orang di sekitar Anda tanpa sepengetahuan Anda. Itu semua adalah bagian dari iOS17, pembaruan yang dapat terjadi pada ponsel Anda tanpa Anda sadari.

“Pada dasarnya, tujuan NameDrop adalah memudahkan berbagi kontak dengan orang lain,” kata Stan Prager dari Go Geeks di East Longmeadow.

Fitur baru ini hadir sebagai fitur default untuk iOS17, dan ketika dua iPhone disejajarkan, fitur ini memungkinkan satu perangkat untuk mentransfer informasi kontaknya ke perangkat lain.

“Ini harus sangat spesifik agar dapat dipicu dan kemudian Anda akan ditanya apakah Anda ingin menerima kontak tersebut,” tambah Prager.

Pengguna iPhone juga bisa memilih informasi apa saja yang akan dipertukarkan, apakah itu nomor telepon, email, atau keduanya. Beberapa orang khawatir bahwa ini mungkin terlalu mudah.

“Ini juga bisa sedikit berbahaya dari sudut pandang keamanan siber,” kata Josh Slater.

“Ada banyak histeria di media mengenai fitur berbahaya yang memungkinkan orang mencuri informasi pribadi Anda dan hal ini dapat terjadi suatu saat nanti jika ada perubahan, namun saat ini, tidak ada risiko hal tersebut terjadi,” Prager mencatat.

Prager mengatakan kepada Western Mass News bahwa iPhone dan iOS masih menjadi sistem operasi paling aman di pasar. Slater, pelanggan setia Apple, mengatakan kepada Western Mass News bahwa perubahan yang tidak diumumkan ini membuatnya gugup.

“Sungguh menyenangkan melihat dunia maju secara teknologi, namun juga ketakutan tidak memiliki kunci yang jelas pada data pribadi Anda…adalah sebuah batasan yang sangat tipis yang dapat dengan mudah dilewati,” tambah Slater.

READ  Perusahaan teknologi menurunkan pekerja bahkan ketika kekurangan bakat terus berlanjut

Baik Slater dan Prager memandang NameDrop sebagai peluang jaringan dan kartu nama digital.

“Saat ini, siapa yang memegang pena dan kertas? Tidak ada siapa-siapa, bukan? Hasilnya, berbagi informasi kontak menjadi jauh lebih mudah, namun sekali lagi, jika karena alasan tertentu Anda merasa tidak nyaman dengan hal tersebut, atau jika Anda merasa ingin ini adalah pelanggaran Demi privasi Anda, Anda cukup “masuk ke pengaturan Anda dan mematikannya,” jelas Prager.

Namedrop diaktifkan secara default setelah pembaruan. Untuk mematikannya, buka aplikasi Pengaturan iPhone Anda, pilih Umum, lalu AirDrop. Anda kemudian dapat mematikan NameDrop dan Satukan Perangkat. Prager memberi tahu kami bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

“Ini semacam histeria yang berlebihan…jika Anda adalah seseorang yang sangat-sangat peduli dengan keamanan, matikan saja fitur ini. Anda tidak akan melewatkan fitur ini jika Anda…kebanyakan orang bahkan tidak mengetahui fitur ini ada, “kata Prager.

Prager merekomendasikan untuk selalu mengikuti perkembangan pembaruan iOS. Anda selalu dapat menonaktifkan fitur yang tidak Anda sukai, dan ini memberikan tingkat keamanan tertinggi.