POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Semua tanggal dan waktu penting yang perlu diketahui

Semua tanggal dan waktu penting yang perlu diketahui

Dengan kemeriahan Tahun Baru yang sudah berlalu, saatnya menantikan momen penting berikutnya dalam kalender perayaan: Ramadhan 2024 dan Idul Fitri. Sebagai bulan terpenting dalam kalender Islam, perayaan tahun ini akan semakin meriah dengan diketahuinya tanggal Ramadhan 2024 akan jatuh pada bulan-bulan musim dingin untuk pertama kalinya dalam 24 tahun. Jika Anda ingin menikmati berkah spiritual bulan ini bersama orang-orang terkasih di tengah hangatnya suasana musim dingin Dubai, berikut tanggal dan waktu yang perlu Anda ketahui.

Gambar: Hapus percikan

Ada berapa hari di bulan Ramadhan 2024?

Tanggal perkiraan Ramadhan 2024 adalah salah satu tanggal yang paling dinanti tahun ini. Para astronom terkemuka telah sepakat bahwa Bulan Suci kemungkinan akan dimulai pada 11 Maret 2024. Ibrahim Al Jarwan, Ketua Dewan Direksi, mengatakan: Masyarakat Astronomi EmiratesIa menekankan, bulan Ramadhan berikutnya akan dimulai pada musim dingin, sebuah fenomena yang belum pernah terjadi selama dua dekade terakhir.

Karena penanggalan Islam mengikuti siklus bulan, maka penampakan bulan sabit mempunyai kewenangan mutlak sepanjang bulan suci. Saat ini diperkirakan awal Ramadhan 2024 adalah 11 Maret 2024 dan berakhir sementara pada 10 April 2024 untuk periode puasa 30 hari.

Jam berapa buka puasa di bulan Ramadhan 2024?

Salah satu hal yang menarik di bulan suci Ramadhan adalah berkumpulnya umat Islam untuk berbuka puasa. Hal ini sering kali dapat diterjemahkan menjadi jamuan makan 'makan sepuasnya' yang mendorong penduduk lokal dan juga pengunjung untuk menikmati salah satu ritual paling populer pada bulan tersebut.

Karena bulan Ramadhan mengharuskan umat Islam yang taat untuk tidak mengonsumsi makanan dan air selama tidak adanya sinar matahari, awal berbuka puasa sangat dinanti karena orang-orang berbuka puasa sepanjang hari dengan kurma, buah-buahan, dan kuliner lezat lainnya. Bagi mereka yang ingin menandai waktu berbuka puasa di Dubai, pencarian Anda berakhir di sini: Perkiraan waktu berbuka puasa diperkirakan dimulai dari pukul 18.27 pada awal bulan dan akhirnya berlanjut hingga pukul 18.40 seiring bertambahnya hari menuju musim panas di bulan April.

READ  Pisahkan wilayah Ukraina dengan hubungan dekat dengan Rusia

Waktu Azan di Dubai: Semua yang perlu Anda ketahui

Jika Anda ingin memanfaatkan bulan spiritual ini sebaik-baiknya, penting untuk mengetahui waktu Azan yang tepat di Dubai. Proses puasa umumnya diawali dengan sahur yang diakhiri dengan azan subuh. Waktu subuh di Dubai diperkirakan dimulai pada pukul 5.13 pagi dan perlahan mulai menurun menjelang pukul 4.41 pagi saat musim panas mendekat. Sementara itu, waktu Maghrib di Dubai akan mendekati pukul 18.40 seiring berakhirnya musim dingin.

Catat tanggalnya: Idul Fitri 2024

Setelah sebulan berpuasa, akhir Ramadhan membutuhkan perayaan yang tiada duanya. Idul Fitri merayakan berakhirnya bulan pantang dan peningkatan hubungan spiritual. Tahun ini, ada banyak hal yang dinantikan karena pemerintah UEA telah menetapkan Ramadhan dari tanggal 29 hingga 3 Syawal – yang jatuh dari tanggal 8 April 2024 hingga 12 April 2024 – sebagai hari libur umum bagi seluruh penduduknya.

Jika tanggal awal Ramadhan 2024 di UEA jatuh pada 11 Maret 2024 dan hilal tidak terlihat pada tanggal 29 Ramadhan, maka bulan yang terdiri dari 30 hari tersebut akan menjamin istirahat sembilan hari bagi penduduk yang libur kerja pada hari Sabtu dan Minggu. Sebaliknya jika hilal terlihat pada tanggal 29 Ramadhan, maka tanggal 12 April menjadi hari kerja berikutnya.

Catat tanggalnya: Idul Adha 2024

Setelah tanggal Idul Fitri Ramadhan 2024, momen penting berikutnya dalam kalender adalah Idul Adha yang menempati posisi hari raya terbesar kedua bagi umat Islam. Menurut kepercayaan agama, hari ini ditetapkan untuk merayakan keberkahan Nabi Ibrahim dan Ismail (saw) dan kesediaan mereka untuk mengorbankan apa yang paling mereka cintai.

Perayaan Idul Adha didahului dengan hari libur resmi Hari Arafah. Sebagai hari kedua haji, hari ini menjadi tuan rumah beberapa ritual penting di Gunung Arafat di Mekah. Bergantung pada fluktuasi kalender lunar, peristiwa ini diperkirakan akan terjadi berturut-turut pada tanggal 15 Juni dan 16 Juni 2024, sehingga penduduk dapat menikmati akhir pekan selama empat hari hingga 18 Juni 2024.

READ  Eropa kehilangan tenaga nuklir hanya ketika benar-benar membutuhkan tenaga itu

Akankah Ramadhan datang dua kali pada tahun 2030?

Meski Anda sudah mencatat semua tanggal-tanggal penting dalam kalender Ramadhan 2024, ada baiknya mengetahui bahwa perayaan bulan ini ke depan akan menyaksikan fenomena unik. Faktanya, seiring dengan semakin pendeknya kalender lunar sebanyak 11 hari per tahun, kita dapat segera melihat awal dua bulan Ramadhan dalam satu tahun kalender.

Hassan Ahmed Al-Hariri, CEO perusahaan Grup Astronomi DubaiDia sebelumnya menegaskan bahwa “kalender matahari dan kalender lunar beroperasi secara terpisah satu sama lain dan berbeda. Kalender matahari tetap dengan matahari, sedangkan kalender lunar selalu lebih pendek 11 hari. Oleh karena itu, adanya dua bulan Ramadhan merupakan akibat wajar dari adanya dua kalender yang berbeda.

Pada tahun 2030, Ramadhan kemungkinan besar akan datang satu kali pada bulan Januari dan sekali lagi pada bulan Desember pada tahun kalender yang sama. Terakhir kali hal ini terjadi adalah pada tahun 1997 dan kemungkinan akan terjadi lagi dalam 33 tahun mendatang.

Meskipun kemungkinan terjadinya lebih dari satu Ramadhan masih beberapa tahun lagi, kedatangan Ramadhan 2024 dalam waktu kurang dari dua bulan merupakan momen yang tepat untuk mempersiapkan keberkahan bulan suci.