POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia |  Presiden Jokowi mengatakan pembangunan IKN menciptakan pusat-pusat ekonomi baru

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia | Presiden Jokowi mengatakan pembangunan IKN menciptakan pusat-pusat ekonomi baru

Presiden Jokowi menghadiri acara penanaman pohon di Hutan Kota JIEP, Kawasan Industri Polo Gadong, Jakarta Timur, Rabu (29/11). (Foto: Humas Sekretariat Kabinet/Agong)

Presiden Joko “Jokowi” Widodo menegaskan, pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN) bertujuan untuk mencapai pemerataan ekonomi dan menciptakan pusat-pusat perekonomian baru.

Pernyataan itu disampaikan Presiden kepada pers usai acara penanaman pohon di Hutan Kota JIEP, Kawasan Industri Polo Gadong, Jakarta Timur, Rabu (29/11).

“Pemerataan ekonomi, pemerataan penduduk, pusat-pusat ekonomi baru, saya kira ini yang kita tuju. Namun hal ini tidak bisa dicapai hanya dalam waktu satu dua hari, atau satu dua tahun,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi kembali menegaskan, perekonomian Indonesia sebagian besar terkonsentrasi di Pulau Jawa yang PDB-nya mencapai 58 persen terhadap PDB nasional. Dengan berkembangnya IKN, diharapkan akan muncul pusat-pusat perekonomian baru tidak hanya di Pulau Jawa, namun juga di luar Pulau Jawa.

“Dari 17.000 pulau kita, 58 persen (PDB nasional) terkonsentrasi di Pulau Jawa, makanya kita ingin menjadikannya pusat Indonesia, pulau-pulau lain juga bisa mengalami pertumbuhan ekonomi, dan pulau-pulau lain di luar Jawa bisa punya perekonomian baru.” Pewawancara, itulah yang kami harapkan. (DND/PBB) (AW/MMB)

READ  Sorotan mengenai Keputusan Suku Bunga Korea Selatan dan Indonesia Oleh Reuters