POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Sebuah meteor menderu menerangi Norwegia; Sebagian mungkin jatuh di dekat Oslo

OSLO (Reuters) – Sebuah “meteor luar biasa besar” menyala sebentar di Norwegia selatan pada Minggu, menciptakan suara dan pertunjukan cahaya yang menakjubkan saat meluncur melintasi langit, yang sebagian mungkin menabrak Bumi, mungkin tidak jauh darinya. Para ahli mengatakan bahwa ibukota, Oslo.

Tidak ada laporan segera tentang cedera atau kerusakan.

Laporan penonton mulai berdatangan sekitar pukul 1 pagi dengan fenomena yang muncul sejauh utara Trondheim.

Sebuah webcam di Holmstrand, selatan Oslo, menangkap bola api yang jatuh dari langit dan meletus dalam kilatan terang yang menerangi Anchorage.

Jaringan Meteor Norwegia sedang menganalisis rekaman video dan data lainnya pada hari Minggu dalam upaya untuk menentukan sumber dan tujuan meteorit itu.

Jaringan tersebut mengatakan data awal menunjukkan bahwa sebuah meteorit mungkin telah menghantam Bumi di daerah hutan besar yang disebut Finimarca, 60 kilometer (40 mil) barat ibukota, Oslo.

“Itu gila,” Morten Billet dari jaringan, yang melihat dan mendengar meteor itu, mengatakan kepada Reuters.

Pada Minggu sore, tidak ada puing-puing yang ditemukan, kata Billett, dan mengingat lokasi yang “sulit”, seseorang bisa membutuhkan “sekitar 10 tahun” untuk mencari meteorit potensial.

Billett mengatakan meteor itu bergerak dengan kecepatan 15-20 kilometer per detik dan menerangi langit malam selama sekitar lima hingga enam detik. Langit musim panas mulai gelap, dan hari-hari mulai berkurang sejak akhir Juni.

Beberapa saksi mata juga mengatakan mereka merasakan angin kencang, kata Billett, karena peristiwa itu juga menciptakan gelombang tekanan.

“Apa yang kami alami tadi malam adalah batu besar yang mungkin bergerak antara Mars dan Jupiter, yang merupakan sabuk asteroid. Dan ketika itu bergoyang, itu menciptakan banyak kebisingan, cahaya, dan kegembiraan di antara kami (para ahli) dan mungkin beberapa ketakutan. antara lain,” kata Billett.

READ  Penjelajah Curiosity menemukan bahwa Mars pernah memiliki 'kondisi yang tepat' untuk kehidupan

Belum ada laporan mengenai kerusakan atau orang-orang yang ketakutan, kata Billett, seraya menambahkan bahwa bagi mereka yang dekat, kemungkinan itu lebih dari sekadar peristiwa “menakutkan”.

Sebuah meteor meledak di Rusia tengah dekat kota Chelyabinsk pada 2013, menghujani bola api di area yang luas dan menyebabkan gelombang seismik yang menghancurkan jendela, merusak bangunan, dan melukai 1.200 orang.

(Laporan oleh Nora Polley) Pengeditan oleh Nick McPhee dan Frances Kerry

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.