POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Saham teknologi ditutup pada level tertinggi enam minggu pertama sejak Januari 2020

Saham teknologi ditutup pada level tertinggi enam minggu pertama sejak Januari 2020

Saham teknologi terdaftar di NASDAQ.

Peter Kramer | CNBC

Saham teknologi belum pulih sepenuhnya dari tahun 2022 yang menyedihkan, tetapi mereka memberi penghargaan kepada investor yang melihat aksi jual terlalu intens.

Nasdaq Composite naik 2% minggu ini, membatasi kenaikan mingguan keenam berturut-turut untuk indeks padat teknologi. Ini adalah periode terpanjang sejak Januari 2020, sebelum pandemi Covid melanda Amerika Serikat

Saham secara keseluruhan mendapat dorongan besar pada hari Jumat setelah laporan pekerjaan Mei yang kuat dan persetujuan Senat atas tagihan plafon utang Kamis malam, memungkinkan Amerika Serikat untuk menghindari default. Presiden Biden masih harus menandatangani RUU tersebut.

Sementara kenaikan minggu lalu didorong oleh laporan pendapatan Nvidia dan peningkatan optimisme tentang permintaan teknologi yang mendukung beban kerja AI, minggu ini kami tidak melihat berita penting di grup raksasa. Tapi ada momentum ke atas yang konstan.

Di antara perusahaan paling berharga di bursa saham Nasdaq, Tesla memimpin, naik 11% untuk minggu ini. Saham pembuat mobil listrik tersebut sekarang naik 74% untuk tahun ini setelah kehilangan hampir dua pertiga nilainya pada tahun 2022.

Tesla dan Nvidia, yang telah melonjak 169% tahun ini, telah membantu mengangkat Nasdaq sebesar 27% pada tahun 2023, jauh melampaui S&P 500 dan Dow Jones Industrial Average. Setelah memuncak pada akhir 2021, Nasdaq turun 33% tahun lalu, penurunan terbesar sejak krisis keuangan, karena kekhawatiran seputar inflasi dan kenaikan suku bunga. Indeks masih ketinggalan tertinggi sepanjang masa sekitar 18%.

“Saya fokus pada teknologi besar di sini dan juga semikonduktor,” kata Danielle Shay, wakil presiden opsi di Simpler Trading, dalam sebuah wawancara di “The Exchange” CNBC, Jumat. “Bisnis AI benar-benar fenomenal.”

READ  Tech Hoops dan Cincinnati untuk memainkan seri dua pertandingan - bola basket pria - Georgia Tech Yellow Jackets

Di sudut perangkat lunak cloud teknologi, beberapa laporan pendapatan masih memberikan dorongan.

MongoDB, pengembang database berbasis cloud, melonjak 33% untuk minggu ini. Pada hari Kamis, perusahaan melaporkan laba dan pendapatan yang mengalahkan estimasi analis dan menaikkan panduan untuk tahun fiskal 2024.

Pada panggilan pendapatan MongoDB, CEO Dev Ittycheria mengatakan produk perusahaannya mengalami peningkatan penggunaan karena pelanggan mencari efisiensi dan pengurangan biaya.

“Klien jelas terus meneliti investasi teknologi mereka dan harus memutuskan teknologi apa yang harus dimiliki, versus sesuatu yang bagus,” katanya.

Perusahaan keamanan siber SentinelOne dan pengembang perangkat lunak PagerDuty menghadapi sisi lain dari persamaan tersebut.

SentinelOne turun 35% selama seminggu setelah perusahaan menurunkan panduannya dan mengumumkan PHK. Chief Financial Officer David Bernhardt mengatakan pada panggilan pendapatan SentinelOne bahwa pelanggan besar lebih sedikit menggunakan teknologi, dan karena “lingkungan makro saat ini, kami memperkirakan tren penggunaan dan konsumsi yang lebih rendah ini akan terus berlanjut.”

PagerDuty turun 14% minggu ini. Chief Financial Officer Howard Wilson mengatakan penyedia teknologi yang membantu departemen TI menanggapi insiden menurunkan prospeknya untuk tahun ini “untuk mengantisipasi tekanan yang terus berlanjut” pada usaha kecil dan menengah.

Dia menonton: Investor mencari peluang dalam teknologi lebih dari ritel