POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Saham kesehatan dan teknologi mengangkat ASX; Kepercayaan konsumen AS mencapai level terendah satu dekade

Pasar saham Australia naik di awal perdagangan, setelah akhir pekan yang positif untuk pasar luar negeri.

Pada 12:20 AEST, ASX 200 naik 0,4 persen, pada 7.473 poin.

Keuntungan dipimpin oleh sektor kesehatan, konsumen dan teknologi.

Saham Incitec Pivot melonjak 4,5 persen, membukukan kenaikan lebih dari 20 persen dalam laba tahunannya.

Perusahaan pupuk mengatakan harga komoditas dan pupuk yang kuat mendorong pendapatan, terutama selama paruh kedua tahun ini.

Anda akan membayar dividen final sebesar 8,3 sen per saham.

Saham perusahaan biotek Mesoblast membantu meningkatkan sektor kesehatan, naik 10,9 persen, setelah mengumumkan hasil uji coba medis.

Misoblast mengatakan uji coba fase 3 dari salah satu obat selulernya menemukan pengurangan serangan jantung dan stroke.

Saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi, dengan saham Fortescue naik 2,4 persen, meskipun harga bijih besi turun di bawah $90 per ton pada hari Jumat.

“Margin yang merosot di pabrik baja China kemungkinan akan menjadi pendorong utama karena permintaan pengguna akhir untuk baja tetap lemah,” kata analis CBA Vivek Dar.

Penambang emas juga naik kuat, termasuk Gold Road Resources (+2,8 blok) dan Northern Star (+1,7 blok).

Di sisi lain, saham keuangan dan saham energi menjadi hambatan di pasar.

Saham di NAB turun 2 persen karena mereka diperdagangkan tanpa mencapai dividen terbaru.

Sektor energi lebih rendah tetapi saham di Woodside melawan tren, naik 1,5 persen setelah mengumumkan penjualan saham di sebagian besar proyek LNG Pluto di Australia Barat.

Diumumkan bahwa perusahaan akan menjual 49 persen saham dalam usaha patungan Pluto Train 2 ke perusahaan ekuitas swasta Global Infrastructure Partners.

Woodside akan tetap menjadi operator dengan 51 persen saham.

Kepercayaan konsumen AS mencapai level terendah 10 tahun

Sebuah survei menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen AS jatuh ke level terendah dalam satu dekade di awal November, karena orang Amerika merasakan krisis kenaikan harga.

Indeks Sentimen Konsumen Universitas Michigan turun menjadi 66,8 dalam pembacaan awal untuk November, level terendah sejak November 2011.

“Konsumen jelas lebih khawatir tentang pertumbuhan pendapatan riil karena inflasi saat ini melampaui upah dan ini membebani sentimen,” Eric Nelson, ahli strategi di Wells Fargo, mengatakan kepada Reuters.

Data pekan lalu menunjukkan harga konsumen AS naik 6,2 persen dalam setahun hingga Oktober, lompatan terbesar sejak 1990.

Ray Atrell, kepala strategi FX di NAB, mengatakan pembacaan kepercayaan konsumen AS menunjukkan bahwa orang lebih fokus pada harga daripada pandemi.

“Berlawanan dengan kelemahan yang nyata … selama bulan-bulan musim panas, ketika tingkat infeksi COVID meningkat, penurunan terbaru ini terjadi dengan latar belakang penurunan tajam baru-baru ini dalam tingkat infeksi, rawat inap, dan kematian,” kata Atrell.

“Ini kemudian menyalahkan penurunan baru-baru ini tepat di kaki inflasi dan dampaknya terhadap pendapatan riil rumah tangga, dan untuk saat ini, diperkirakan akan terus berlanjut.”

Pasar AS naik pada hari Jumat, dengan Dow naik 0,5 persen, sedangkan Nasdaq bertambah 1 persen.

READ  Survei Bielefeld menyoroti B2B, kripto, dan ekosistem teknologi dalam yang muncul - TechCrunch