POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Saham Asia naik karena TSMC memicu reli teknologi: Pasar selesai

Saham Asia naik karena TSMC memicu reli teknologi: Pasar selesai

(Bloomberg) — Saham-saham Asia diperkirakan mengakhiri minggu ini dengan lebih tinggi karena prospek Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. meningkatkan harapan akan kebangkitan teknologi global tahun ini.

Kebanyakan membaca dari Bloomberg

Saham-saham Australia naik dan saham-saham berjangka di Jepang dan Hong Kong menunjukkan kenaikan awal setelah saham-saham AS mengakhiri penurunan dua hari berturut-turut karena meredanya volatilitas pasar obligasi. Saham berjangka AS sedikit berubah di perdagangan Asia setelah indeks Nasdaq 100 yang sarat teknologi ditutup pada level tertinggi sepanjang masa, dengan pendapatan TSMC mendorong kenaikan terbesar di sektor pembuat chip dalam lebih dari sebulan.

Pemasok chip utama untuk Apple Inc. mengatakan… Dan Nvidia Corp. Dia memperkirakan akan kembalinya pertumbuhan yang kuat pada kuartal ini seiring dengan rencana pembangunan pabrik di Jepang, Arizona, dan Jerman. Fokusnya adalah pada saham-saham termasuk XinTec Inc. dan Samsung Electronics Co. Di Asia setelah penerimaan penyimpanan Amerika TSMC melonjak hampir 10% ditutup pada level tertinggi sejak Februari 2022, sementara Indeks Semikonduktor Philadelphia naik 3,4%.

“Saham teknologi mungkin terus meningkat menjelang laporan keuangan bulan Oktober-Desember, didorong oleh prospek pertumbuhan TSMC untuk tahun ini dan permintaan yang kuat untuk AI generatif,” kata Nobuhiko Kuramochi, ahli strategi pasar di Mizuho Securities.

Secara keseluruhan, pedagang saham tidak terpengaruh oleh data yang mengkonfirmasi kekuatan pasar tenaga kerja AS pada saat pejabat Federal Reserve sedang mencari tanda-tanda perlambatan dan mempertimbangkan penurunan suku bunga. Presiden Fed Atlanta Rafael Bostic mendesak para pembuat kebijakan untuk berhati-hati mengingat potensi dampak kejadian tak terduga mulai dari pemilu hingga konflik global. Rekan sejawatnya di Philadelphia, Patrick Harker, memperkirakan inflasi akan terus bergerak menuju target.

READ  TPDC ANU serius dalam mengubah kebijakan teknologi

Dolar dan imbal hasil Treasury dua tahun yang sensitif terhadap kebijakan stabil pada hari Kamis karena investor berhenti sejenak setelah melakukan penyesuaian ulang ekspektasi kebijakan Federal Reserve pada minggu ini. Para pedagang melihat prospek penurunan suku bunga di bulan Maret hanya sekedar lemparan koin, turun dari sekitar 80% pada akhir minggu lalu menyusul komentar hawkish Federal Reserve dan data yang menunjukkan konsumen AS tetap tangguh.

“Mengingat kekuatan fundamental perekonomian AS, sulit untuk menjadi terlalu pesimistis pada saat ini,” kata Chris Zaccarelli dari Alliance of Independent Advisors. “Pesimisme dan skeptisisme yang ada terhadap pasar saham dan perekonomian adalah sinyal yang kontradiktif dan salah satu alasan terbaik untuk melawan masyarakat. Ketika skeptisisme terakhir berubah, pasar akan kembali rentan terhadap guncangan besar, namun kami belum sampai di sana.”

Setelah meraih kemenangan terbaiknya dalam dua dekade, S&P 500 terhenti pada tahun 2024, dengan rekor penutupan yang dibuat dua tahun lalu masih di luar jangkauan. Namun ukuran teknis yang mengukur momentum untuk membeli atau menjual suatu saham menunjukkan bahwa pembeli masih akan mengambil tindakan untuk membeli saham tersebut.

Garis tren indeks DVAN – analisis divergensi khusus yang mengukur tekanan beli atau jual – telah mengalami pembelian beruntun sejak S&P 500 mencapai titik terendah pada akhir Oktober, dengan investor terus mengambil saham di beberapa sesi perdagangan menjelang bel penutupan minggu lalu.

“Jelas ada keinginan putus asa untuk mempertahankan optimisme yang memungkinkan penutupan tahun ini dengan baik, namun tidak seperti periode tersebut, data tidak terlalu berpengaruh,” kata Craig Erlam dari OANDA. “Rilis yang kami lihat sejauh ini pada bulan ini sebagian besar bagus, dan sesuai dengan ekspektasi masyarakat pada tahun 2024. Namun apakah itu cukup?”

READ  Perangkat Amazon Echo dapat melakukan panggilan: Bagaimana melakukannya, dan apa yang harus ditanyakan kepada Alexa

Di tempat lain, harga minyak diperdagangkan sekitar $74 per barel, didukung oleh risiko geopolitik ketika Amerika Serikat menyerang lebih dari selusin rudal Houthi di Yaman. Emas tidak banyak berubah.

Fitur yang paling menonjol dari perusahaan:

  • Pendapatan awal Humana Inc. melebihi Perkiraan biaya perawatan anggota yang lebih tinggi dari perkiraan Perusahaan asuransi yang berfokus pada Medicare memperkirakan pertumbuhan pendaftaran yang lemah untuk tahun ini.

  • Boeing telah memenangkan pesanan 150 jet Max dari maskapai penerbangan terbaru India, sebuah kabar baik yang jarang terjadi bagi pembuat pesawat AS tersebut sejak bagian badan pesawat meledak dalam penerbangan Alaska Airlines hampir dua minggu lalu.

  • Walt Disney Co. tidak mampu menyembuhkan “luka yang diakibatkan oleh dirinya sendiri” di bawah kepemimpinan saat ini dan harus berusaha mencapai “margin seperti Netflix,” kata Nelson Peltz, beberapa hari setelah raksasa hiburan itu mundur dari upaya seorang aktivis untuk mendapatkan kursi di dewan direksi. .

  • Bayer AG cenderung untuk membubarkan grup tersebut, menolak permohonan dari investor yang frustrasi dengan perjuangan perusahaan yang sedang berlangsung untuk pulih dari pembelian Monsanto yang mahal, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

  • Target pertumbuhan Birkenstock Holding Plc gagal memuaskan para pedagang yang mengharapkan lebih banyak dari pembuat sandal Jerman tersebut.

  • KeyCorp melaporkan pendapatan kuartal keempat yang jauh dari perkiraan analis dan memperkirakan pendapatan bunga bersih akan menurun tahun ini.

  • Goodyear Tire & Rubber telah menunjuk CEO Stellantis NV Mark Stewart sebagai CEO setelah kampanye lobi yang dilakukan oleh aktivis pemegang saham Elliott Investment Management.

  • Discover Financial Services melaporkan penurunan laba kuartal keempat sebesar 62% karena perusahaan terus menghadapi dampak dari penyimpangan kepatuhan dan manajemen risiko yang menyebabkan pengunduran diri CEO-nya tahun lalu.

READ  Yang harus diperhatikan: Virginia Tech vs. Wake Forest

Acara utama minggu ini:

  • Penjualan ritel di Kanada, Jumat

  • CPI Jepang, Indeks Pendidikan Tinggi, Jumat

  • Penjualan Rumah yang Ada di AS, Kepercayaan Konsumen Universitas Michigan, Jumat

  • Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde dan Direktur Dana Moneter Internasional Kristalina Georgieva berbicara di Davos pada hari Jumat

  • Presiden Federal Reserve Bank San Francisco Mary Daly berbicara pada hari Jumat

Toko

  • Kontrak berjangka S&P 500 tidak berubah pada pukul 8:40 pagi waktu Tokyo

  • Hang Seng berjangka naik 0,1%

  • S&P/ASX 200 Australia naik 1,2%.

  • Nikkei 225 berjangka naik 1,3%.

Mata uang

  • Indeks Bloomberg Dollar Spot sedikit berubah

  • Euro tidak berubah pada $1,0876

  • Ada sedikit perubahan pada yen Jepang di 148,14 terhadap dolar

  • Ada sedikit perubahan dalam yuan dalam transaksi eksternal di 7,2163 terhadap dolar

  • Dolar Australia mengalami sedikit perubahan pada 0,6578 dolar AS

Mata uang digital

  • Bitcoin naik 0,4% menjadi $41,253.03

  • Ethereum naik 0,5% menjadi $2,466.2

Obligasi

  • Imbal hasil obligasi Treasury 10-tahun naik empat basis poin menjadi 4,14%.

  • Imbal hasil obligasi Jepang bertenor 10 tahun naik lima basis poin menjadi 0,650%.

  • Imbal hasil obligasi 10 tahun Australia naik lima basis poin menjadi 4,32%.

Barang-barang

Cerita ini diproduksi dengan bantuan dari Bloomberg Automation.

–Dengan bantuan dari Rita Nazareth dan Winnie Hsu.

Paling banyak dibaca dari Bloomberg Businessweek

©2024 Bloomberg L.P