POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Regulator Eropa di Italia, Prancis, Jerman, dan Inggris mengendalikan teknologi besar

Regulator Eropa di Italia, Prancis, Jerman, dan Inggris mengendalikan teknologi besar

Protes terhadap perusahaan teknologi multinasional Amazon selama penyebaran pandemi COVID-19, pada 27 November 2020, di Roma, Italia.

Antonio Masilo | Getty Images Berita | Gambar Getty

Ketika regulator kompetisi Italia menjatuhkan denda besar-besaran 1,13 miliar euro ($ 1,28 miliar) di Amazon bulan lalu, itu hanya pukulan terbaru dalam serangkaian tindakan terhadap perusahaan teknologi besar.

Pengawas, Autorita Garante della Concorrenza e del Mercato, mengintensifkan tindakannya tahun lalu dengan serangkaian putusan terhadap raksasa e-commerce, Google dan Meta Alphabet, untuk beberapa nama.

Dalam kasus denda terbaru Amazon, regulator tidak setuju dengan perusahaan yang telah mendorong penjual Italia untuk menggunakan layanan logistiknya sendiri, Fulfillment by Amazon, yang menurut badan tersebut merupakan penyalahgunaan posisi dominannya. Itu adalah tuduhan yang dibantah Amazon.

Renaud Fokart, dosen senior di bidang ekonomi di Universitas Lancaster di Inggris, mengatakan kepada CNBC bahwa hukuman moneter yang berat pada kesempatan itu adalah bagian dari tren regulator nasional yang bekerja melawan perusahaan teknologi besar karena penyelidikan di seluruh UE yang lebih luas bisa “terlalu lambat”.

“Regulator nasional ingin menunjukkan bahwa mereka aktif, bahwa mereka benar-benar melakukan sesuatu,” katanya.

AGCM sangat aktif. Sepanjang tahun 2021, beberapa denda dikenakan pada perusahaan teknologi besar AS. Dalam kasus terpisah, itu Amazon dan Apple didenda Atas dugaan kerja sama anti persaingan. Google didenda 102 juta euro karena “menyalahgunakan posisi dominan” dalam produk perangkat lunak mobilnya, dan pada Februari perusahaan itu mendenda Facebook 7 juta euro karena penggunaan datanya.

Sanksi sangat bervariasi dalam ukuran tetapi membawa pesan serupa: Regulator nasional akan mengambil tindakan di pasar dalam negeri mereka.

Tapi regulator seperti AGCM tidak akan tertandingi dengan keputusan mereka. Amazon membalas dan berencana untuk mengajukan banding atas denda $ 1,28 miliar.

READ  63 Moons Technologies mengumumkan inisiatif teknologi baru

“Denda dan ganti rugi yang diusulkan tidak dapat dibenarkan dan tidak proporsional,” kata seorang juru bicara.

Kapasitas regulator di bawah tekanan

Tidak mengherankan bahwa beberapa regulator nasional, seperti di Italia, Prancis, dan Jerman, telah mengambil inisiatif mereka sendiri untuk bergerak agresif melawan perusahaan teknologi besar, kata Maria Luisa Stasi, kepala petugas hukum di ARTICLE 19, sebuah LSM hak digital. .

“Beberapa otoritas persaingan di Eropa cenderung bertanya tentang sektor atau studi pasar di mana mereka percaya ada lingkungan di mana mungkin ada beberapa masalah daripada menunggu untuk menerima keluhan,” katanya.

Dia menambahkan bahwa bukan kebetulan bahwa penyelidikan ini terjadi di pasar dengan populasi yang lebih besar dengan audiens digital dan konsumen yang lebih canggih.

“Dalam sejumlah kasus terbesar yang kita lihat di Eropa saat ini, entah bagaimana mereka didukung, jika tidak diprakarsai, oleh asosiasi konsumen atau individu yang datang bersama-sama,” katanya. “Ini lebih merupakan dorongan dari bawah ke atas.”

Namun, katanya, akan ada masalah anggaran, sumber daya, dan kapasitas, karena regulator dari segala bentuk menghadapi rintangan dengan beban kerja digital yang semakin besar.

Memilah-milah bukti dan data, terutama dalam kasus perusahaan besar dan global Big Tech, membutuhkan sejumlah besar upaya yang dapat membebani anggaran dan pengetahuan.

“Jika Anda meletakkan di meja saya sejumlah protokol atau kode, saya tidak akan bisa memberi tahu Anda apakah ini alat komputasi kartel atau bukan karena saya tidak bisa membacanya. Ini akan sangat memperlambat proses.”

Dia mengatakan dia mendukung regulator mengambil tindakan sementara terhadap perusahaan, misalnya dengan memerintahkan penghentian atau pembatasan aktivitas tertentu selama penyelidikan daripada menunggu penyelidikan selesai, yang bisa memakan waktu bertahun-tahun.

READ  Para pemimpin industri teknologi memperingatkan bahwa langkah-langkah peningkatan modal akan menghambat kewirausahaan

Pengamat kompetisi lainnya telah membentuk unit khusus untuk menangani teknologi besar. Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris, yang juga memiliki Itu menggenjot tindakannya terhadap pemain digital besar baru-baru ini, dan tahun lalu mendirikan unit teknologi khusus untuk menjelajahi raksasa digital. Khususnya, CMA menutup pintu dengan Facebook atas akuisisi Giphy.

Reformasi besar sedang berlangsung di Eropa

Sementara itu, regulator nasional lainnya – baik dalam hukum persaingan atau di bidang lain seperti privasi dan perlindungan data – terus mengambil tindakan.

“Jerman sangat aktif dan Prancis sangat aktif di masa lalu,” kata Fockert dari Universitas Lancaster.

Pada minggu pertama Januari, pengawas data Prancis CNIL mendenda Google dan Facebook masing-masing 150 juta euro dan 60 juta euro untuk penggunaan cookie mereka, sementara kantor kartel federal Jerman Investigasi Google Di bawah kekuasaan yang baru diberikan.

READ  7 perusahaan teknologi besar menandatangani kesepakatan dengan pemerintah AS tentang penghalang perlindungan kecerdasan buatan

Namun dia menambahkan bahwa banyak regulator harus menyerah pada periode yang berkepanjangan.

“Saya menemukan [against] Salah satu perusahaan besar itu, Anda masih harus menang di pengadilan nanti. Mereka dapat mengajukan banding di tingkat Eropa.”