POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Reforma agraria merupakan salah satu cara untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Reforma agraria merupakan salah satu cara untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Pertanian dan Tata Ruang (ATR) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyoroti pentingnya land reform dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

“Kami berupaya untuk mencapai keberhasilan dalam reformasi pertanahan dengan menggunakan berbagai alat, termasuk program redistribusi tanah. Pada prinsipnya, kami bertujuan untuk mencapai kesejahteraan dan keadilan bagi segmen masyarakat yang lebih luas,” ujarnya dalam pernyataan Kementerian ATR yang diterima di Jakarta. Jakarta pada hari Senin.

Hal itu disampaikan AHY saat makan malam bersama diplomat senior Indonesia di KJRI New York, AS, Jumat (10 Mei).

“Pendahulu saya di kantor, Pak Hadi Tjahjanto, pernah bercerita kepada saya bahwa masalah pertanian menyumbang sekitar 60 persen dari total pengaduan yang diterimanya di kantor barunya, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan,” tambahnya. diplomat.

Dalam kesempatan tersebut, AHY juga menyoroti rencananya menerima undangan Bank Dunia untuk menghadiri Global Land Policy Forum, di mana ia akan berbagi kisah sukses Indonesia dalam mendemarkasi dan mendaftarkan sekitar 112 juta bidang tanah.

Menteri mengatakan, setengah juta bidang tanah telah terdaftar di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Pada Forum Bank Dunia, AHY mengatakan dirinya akan mewakili pemerintah Indonesia untuk memperkenalkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), dimana Indonesia telah mampu memetakan dan mendaftarkan rata-rata 10 juta bidang tanah setiap tahunnya.

Sesuai Peraturan Menteri ATR Nomor 20 Tahun 2021 tentang Penguasaan dan Pemanfaatan Kawasan dan Tanah Terlantar, reforma agraria bertujuan untuk memperbaiki pengelolaan dan pemanfaatan tanah untuk kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

Berita Terkait: Reforma Agraria Mempermudah Kesejahteraan Masyarakat: Menteri
Berita terkait: Utang pemerintah bertujuan untuk menyelamatkan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Menteri
Berita Terkait: Menteri dorong kesejahteraan PKL melalui kantin 'terbang'.

READ  Jajak pendapat menunjukkan mayoritas di Asia Tenggara lebih memilih Tiongkok daripada Amerika Serikat | Berita konflik