POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Raksasa teknologi membayar ‘harga wajar’ untuk konten berita lokal – Pemerintah Selandia Baru

gambar: Agen Pers Prancis

Raksasa teknologi Google dan Meta harus membayar “harga wajar” kepada perusahaan media Selandia Baru untuk konten berita lokal yang mereka bagikan di platform mereka, di bawah undang-undang pemerintah yang baru.

Menteri Penyiaran Willie Jackson mengatakan undang-undang baru akan meniru undang-undang serupa di Australia dan Kanada, dengan Inggris dan Uni Eropa mempertimbangkan langkah serupa.

Dia mengatakan itu akan berfungsi sebagai insentif bagi platform digital untuk mencapai “kesepakatan sukarela berkualitas tinggi” dengan outlet berita lokal.

“Tidak adil jika platform digital besar seperti Google dan Meta menghosting dan membagikan berita lokal secara gratis. Memproduksi berita itu mahal, dan wajar jika Anda membayar,” kata Jackson.

Dalam sebuah pernyataan, CEO Stuff Sinead Boucher mengatakan perusahaan media “sangat senang bahwa pemerintah telah mengakui ketidakseimbangan kekuatan yang signifikan antara penerbit dan platform, dan bahwa mereka mengambil langkah kuat ini untuk mendukung industri media lokal.”

“Sudah terlalu lama platform dapat menggunakan pers yang dibuat dan dibayar oleh penerbit untuk membantu membangun bisnis dengan skala dan kekuatan yang hampir tak terbayangkan.

“Di luar konten yang dimonetisasi dan dibuat oleh orang lain, mereka telah berhasil merebut sebagian besar pasar periklanan digital, merusak keberlanjutan penerbit lokal dan jurnalisme lokal.”

Dia mengatakan Stuff menganjurkan kesepakatan untuk seluruh industri – termasuk penerbit besar dan kecil – yang mewakili “pertukaran yang adil” untuk nilai yang didapat platform dari konten.

NZME juga telah mengonfirmasi bahwa mereka mendukung langkah tersebut, bahkan setelah mencapai kesepakatan terpisah dengan Google dan Facebook awal tahun ini.

CEO Michael Boggs mengatakan perjanjian individualnya dengan kedua platform karena memberi mereka kepastian.

READ  Bangunan teknologi San Jose menarik investor lokal, dan Lembah Silikon masih panas

Dia berkata, “Kami mendukung undang-undang pemerintah karena memastikan keberlanjutan masa depan media lokal kami dan berkontribusi pada lingkungan media yang sehat. Kami berharap dapat melanjutkan keterlibatan konstruktif kami dalam masalah ini.”

– Lebih banyak akan datang