POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Raja Malaysia diperkirakan akan menunjuk perdana menteri baru sore ini – Asia Tenggara

Reuters

Kuala Lumpur, Malaysia ●
Jumat 20 Agustus 2021

2021-08-20
11:15

526e0a36a436d7a70544fc9c3ec76c9e
2
Asia Tenggara
Malaysia, Raja, Perdana Menteri, UMNO
Gratis

Raja Malaysia, Sultan Abdullah, diperkirakan akan mengumumkan penunjukan perdana menteri baru untuk negara itu setelah pertemuan dengan penguasa lain pada hari Jumat.

Konferensi para bangsawan, yang mencakup sembilan sultan negara Asia Tenggara, termasuk raja, akan bertemu pada pukul 14:30 waktu setempat (0630 GMT).

Ismail Sabri Yaqoub sedang bersiap untuk menggantikan Muhyiddin Yassin sebagai perdana menteri, setelah yang terakhir mengundurkan diri pada hari Senin, mengakui kehilangan dukungan dari aliansi parlementernya.

Pengunduran diri Muhyiddin mengakhiri 17 bulan yang bergejolak dalam pekerjaannya, di mana ia secara rutin berjuang dengan pertikaian dalam koalisi yang berkuasa sambil memerangi infeksi virus corona baru dan ekonomi yang lemah.

Jika pengangkatan Ismail Sabri dikonfirmasi, itu akan menandai kembalinya partainya, Organisasi Nasional Malaysia Bersatu (UMNO), ke kursi perdana menteri, tiga tahun setelah kalah dalam pemilihan karena tuduhan korupsi, sebagian besar terkait dengan skandal miliaran dolar di negara. 1Malaysia Development Berhad Fund (1MDB).

Baca juga: Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) yang sarat skandal bersiap untuk memenangkan perlombaan jabatan utama

Raja Malaysia telah ditugasi untuk menunjuk perdana menteri baru dengan memutuskan anggota parlemen mana yang paling mungkin memenangkan dukungan mayoritas anggota parlemen, setelah pemilihan dikesampingkan karena pandemi.

Ismail Sabri, wakil Muhyiddin dari partai saingannya UMNO, muncul sebagai calon utama setelah mendapat dukungan dari koalisi Muhyiddin.

Perwakilan Ahmed Moslan mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa pria berusia 61 tahun itu mendapat dukungan dari 114 wakil dari 222 kursi di parlemen.

READ  Pesan, salam, keinginan, kutipan, SMS, foto, WhatsApp, Facebook, status Instagram, dan keinginan yang dapat Anda bagikan dengan teman dan keluarga- Berita Teknologi, Pos Pertama

Mohieldin, yang sekarang menjadi perdana menteri sementara, mengatakan dukungan untuk koalisinya tergantung pada Ismail Sabry untuk memastikan bahwa anggota kabinet baru bebas dari tuduhan korupsi.

Beberapa deputi organisasi itu dituduh melakukan korupsi setelah kekalahan pemilu 2018, termasuk ketua partai Ahmed Zahid Hamidi dan mantan perdana menteri Najib Razak, yang menghadapi lusinan dakwaan terkait dengan 1MDB. Keduanya membantah melakukan kesalahan.