POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pusat Pengembangan Ekonomi Global Indo-Pasifik: Duta Besar Ceko

JAKARTA (ANTARA) – Duta Besar Ceko untuk kawasan Indo-Pasifik, Duta Besar Libor Ceko, mengatakan kawasan Indo-Pasifik telah menjadi pusat terpenting bagi pembangunan ekonomi dan sosial dunia.

Presiden Republik Ceko memiliki tiga prioritas kebijakan luar negeri di Uni Eropa. Pertama, perluasan Uni Eropa di Balkan Barat. Kedua, memperkuat dukungan untuk Ukraina. Ketiga, kawasan Indo-Pasifik. Kami memahami bahwa Indo-Pasifik adalah pusat pembangunan ekonomi dan sosial terpenting di dunia,” kata Chekka dalam pertemuan di Jakarta, Kamis.

Kondisi globalisasi saat ini, kata dia, sudah inklusif.

“Jarak jauh mendekat, semuanya terhubung. Apa yang terjadi di Indo-Pasifik mempengaruhi kita,” tambah Cheka, mengutip contoh epidemi COVID-19 yang dimulai di China dan kemudian menyebar ke seluruh dunia.

“Jadi, daerah ini sepertinya jauh dari (negara kita), tapi kenyataannya sangat dekat. Kita hidup di dunia, kita saling mempengaruhi,” katanya.

Uni Eropa sangat tertarik dengan kawasan Indo-Pasifik, karena setiap kawasan di dunia saling mempengaruhi, katanya.

“Pada saat yang sama, ada berbagai perubahan dan perubahan dalam situasi dan nilai geopolitik baru. Kita perlu mempertimbangkan ini dan melindungi kehidupan kita dan komunitas kita. Kita sedang mengembangkan kerja sama dengan berbagai negara untuk melindungi kehidupan rakyat kita,” Chekka dikatakan.

Menurutnya, Republik Ceko dan Uni Eropa merupakan mitra penting bagi kawasan Indo-Pasifik.

Berita Terkait: Widodo, Biden Bahas Isu Geopolitik Indo-Pasifik: Hardo

“Kita perlu kerja sama untuk mencari solusi bagaimana memperkuat kekuatan kita bersama,” katanya.

Ia mengatakan, selama masa kepresidenan Republik Ceko di Uni Eropa, akan ada diskusi dan dialog untuk bertukar pandangan tentang isu-isu tertentu, seperti Indo-Pasifik.

“Indo-Pacific Summit akan diadakan di Praha pada 13-14 Juni 2022. Ini adalah kerangka kerja baru yang kami buat yang belum pernah ada sebelumnya. Pertemuan tersebut dihadiri oleh para menteri, akademisi dan pengusaha. Karena kami ingin melihat Indo-Pasifik dari sudut yang berbeda.”

READ  Sri Muliani memprediksi pertumbuhan ekonomi 5,5 persen pada 2022

Ia menambahkan, Menlu RI Redno Mersudi dengan senang hati menghadiri KTT tersebut.

Pertemuan tersebut juga akan dihadiri oleh para menteri dari negara-negara Asia seperti Jepang dan India. Oleh karena itu, kami menggunakan seminar dan percakapan tingkat tinggi untuk memahami perspektif atau ide satu sama lain. Jadi, ini kasus khusus,” kata Tariq al-Hashimi, sekretaris jenderal partai.

Ia menambahkan, ASEAN dan Uni Eropa akan berbagi ide dan strategi terkait Indo-Pasifik.

“ASEAN memiliki pandangannya tentang Indo-Pasifik, sehingga kita perlu berintegrasi dengan strategi kerja sama UE di kawasan Indo-Pasifik,” kata Chekka.

Berita Terkait: Duta Besar Ceko: UE gratis dan inklusif, bukan melawan China