POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Puluhan Pengungsi Rohingya Mendarat di Lepas Pantai Aceh – Nasional

Agensi Pers Prancis

Pulau Impian, Aceh
Jumat 4 Juni 2021

2021-06-04
15:43

6281d9f905b49edfeb97b8e9030508b2
2
Nasional
Aceh, Rohingya, Indonesia, Myanmar, Malaysia, pengungsi
Gratis

Sebuah kapal yang dipenuhi puluhan orang Rohingya, kebanyakan wanita dan anak-anak, mendarat di sebuah pulau di lepas pantai Aceh pada Jumat pagi, kata sebuah laporan pers. Agensi Pers Prancis dan koresponden untuk badan pengungsi PBB.

Ini adalah gelombang kedatangan terbaru oleh minoritas teraniaya di Indonesia yang mayoritas Muslim, setelah pelayaran selama berbulan-bulan yang berbahaya dari kamp-kamp pengungsi yang ramai di Bangladesh – di sebelah negara asal mereka Myanmar.

Rombongan sekitar 80 orang Rohingya mendarat di pulau kecil Pulau Idaman di lepas pantai Aceh Timur. Agensi Pers Prancis Kata reporter itu, mengutip sejumlah pejabat setempat.

Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi mengkonfirmasi pendaratan tetapi menolak untuk membahas rinciannya.

Tidak jelas kemana kelompok itu pergi sebelum kedatangan hari Jumat.

Muhammed Obin, warga Pulau Idaman, mengaku melihat perahu pengungsi itu pada Jumat dini hari.

“Sekitar pukul 07.00 WIB rombongan turun dari kapal dan kembali ke pantai,” katanya.

“Mereka terdampar karena salah satu mesin kapal mati. Mereka semua dalam keadaan sehat dan sudah diberi makan oleh warga,” tambahnya.

Upin menggambarkan perahu motor lebih mirip feri daripada kapal kayu reyot yang mendarat di pendaratan sebelumnya.

Pada bulan September, sekelompok hampir 300 orang Rohingya tiba di Indonesia utara setelah apa yang mereka gambarkan sebagai bulan teror di laut lepas.

Mereka melaporkan dipukuli oleh pedagang manusia saat melawan kelaparan dan kehausan, dengan mayat mereka yang meninggal di laut dibuang ke laut.

Laporan tersebut sesuai dengan klaim pengungsi sebelumnya yang telah diteruskan ke organisasi internasional.

READ  “Mereka menginginkan lebih banyak uang” - Dosso Joseph menyarankan ide di balik Liga Premier Eropa

Pada Juni tahun lalu, sekitar 100 orang Rohingya tiba di wilayah yang sama di Indonesia.

Tidak segera jelas apakah kelompok terakhir akan diizinkan untuk tinggal, tetapi mantan migran ditempatkan di kamp-kamp pengungsi.

Sekitar satu juta Muslim Rohingya tinggal di kamp-kamp sempit di Bangladesh, tempat para pedagang manusia menjalankan operasi yang menjanjikan untuk menemukan perlindungan di luar negeri.

Rohingya melarikan diri dari Myanmar yang mayoritas beragama Buddha untuk menghindari kampanye militer terhadap mereka empat tahun lalu yang menurut penyelidik PBB sama dengan genosida.

Malaysia dan Indonesia yang berpenduduk mayoritas Muslim adalah tujuan favorit bagi Rohingya yang mencoba melarikan diri dari Bangladesh.