POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Program HRD harus berkelanjutan: Menteri

Program HRD harus berkelanjutan: Menteri

JAKARTA (ANTARA) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi menegaskan proyek pembangunan sumber daya manusia harus dilakukan secara berkelanjutan dari atas ke bawah.

“Pengembangan SDM tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, harus diupayakan secara berkelanjutan mulai dari hulu yaitu 1.000 hari pertama kehidupan hingga ke hilir yaitu lansia,” jelas Menkeu di sini. Jumat.

Untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dapat mengikuti pendekatan human capital life cycle, ujarnya.

Siklus tersebut meliputi lima fase yaitu masa gestasi atau 1.000 hari pertama kehidupan dan masa bayi; siswa atau pendidikan menengah; Mahasiswa; Buruh dan Keluarga; Begitu juga dengan orang tua.

Effendi mencatat bahwa harus ada proses perencanaan, implementasi, evaluasi dan kontrol yang terintegrasi untuk mempertahankan upaya untuk memastikan generasi yang lebih baik.

Selain itu, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 153 Tahun 2014 yang merinci grand design pertumbuhan penduduk yang bertujuan untuk mencapai kualitas sumber daya manusia yang lebih baik.

“Mereka merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas penduduk dan mencapai kemajuan nasional,” kata Menteri Effendi.

Pakar pendidikan Profesor Agus Sardono dari Universitas Katja Mada mengatakan, peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi kunci untuk menjawab bonus demografi.

“Peningkatan pengembangan sumber daya manusia sangat penting agar bonus demografi yang ditandai dengan besarnya proporsi penduduk usia kerja dapat dioptimalkan,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa salah satu aspek kunci dari pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas adalah upaya untuk mengurangi stunting.

Berita terkait: Pemerintah Prioritaskan Pengembangan SDM 2023: Menteri
Berita terkait: Indonesia akan menggunakan bonus populasi untuk mendorong pertumbuhan: Menteri
Berita Terkait: SDM Berkualitas Untuk Percepatan Pembangunan Nasional: Kementerian

READ  Jenis dinosaurus baru ditemukan di Australia

Diterjemahkan oleh: Vuriandi Puspitasari, Mekka Yumna
Editor: Azis Kurmala
Hak Cipta © ANTARA 2023