POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Presiden Widodo menerima Global Citizen Award

Presiden Jokowi bukan hanya seorang pemimpin bagi rakyat Indonesia, tetapi seorang pemimpin dengan visi global untuk mempromosikan perdamaian dan kemakmuran dunia.

JAKARTA (Andara) – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menerima Penghargaan Global Citizen Award for Global Leadership dari American Think Tank dalam sebuah upacara di New York, Senin.

Dalam sambutannya yang disampaikan melalui pesan video pada upacara tersebut, ia menyerahkan penghargaan tersebut kepada seluruh masyarakat Indonesia.

“Presiden Joko Widodo merupakan perwujudan dari semangat yang ingin disosialisasikan Indonesia kepada dunia, yaitu semangat kerjasama, membangun jembatan (komunikasi), serta menjadi bagian dari solusi (menangani isu-isu global),” kata Menlu Redno Marsudi. , yang menerima penghargaan atas nama presiden, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa.

Berita Terkait: Indonesia, Nota Kesepahaman Eswatini untuk mempromosikan kerjasama ekonomi

Penghargaan tersebut diterima Jokowi atas kepemimpinannya dalam Kepresidenan G20 2022, upaya menjembatani hubungan antara Ukraina dan Rusia, dan dukungannya terhadap pengembangan kerangka kesehatan global, realisasi hak asasi manusia, dan implementasi demokrasi.

Global Citizen Award adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh lembaga pemikir Amerika, Dewan Atlantik, dan diselenggarakan bertepatan dengan sesi ke-77 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York tahun ini.

Di masa lalu, penghargaan telah diberikan kepada beberapa individu yang dianggap telah memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat internasional: mendiang Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, mantan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Perdana Menteri Belanda Mark Rut.

“Suatu kehormatan bagi saya untuk memperkenalkan Presiden Joko Widodo. “Memulai karirnya sebagai pengusaha dan kemudian menjadi walikota Surakarta (kota otonom di Provinsi Jawa Tengah), Presiden Joko Widodo terjun ke dunia politik untuk mengabdi (dan) bekerja bersama rakyat,” kata Klaus Schwab, Direktur Eksekutif World Economic Forum (WEF).

READ  Jakarta yang dinamis dan semarak menjadi kencan Asia di Indonesia...

Berita Terkait: Jokowi menerima kunjungan Raja Eswatini untuk membahas kerja sama ekonomi

Ia mengatakan Indonesia menjabat sebagai presiden G20 pada saat dunia menghadapi tantangan multidimensi seperti konflik Rusia-Ukraina dan gangguan rantai pasokan global, sehingga kepresidenan membutuhkan pemimpin yang luar biasa.

“Presiden Jokowi bukan hanya seorang pemimpin bagi rakyat Indonesia, tetapi seorang pemimpin dengan visi global untuk memajukan perdamaian dan kemakmuran dunia,” tambahnya.

Selain Widodo, pemenang Global Citizen Award 2022 adalah Presiden Finlandia Sauli Niinisto, Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersen, (CEO) Alphabet Inc. dan dipresentasikan kepada Google, Sundar Pichai dan aktor dan CEO dari United Nations Educational Institutions. , Vana Whitaker, Utusan Khusus untuk Perdamaian dan Rekonsiliasi Organisasi Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (UNESCO).

Berita Terkait: Thailand dukung kepemimpinan Indonesia di ASEAN

Berita Terkait: Indonesia bantu perbaiki infrastruktur kesehatan global: Marsudi