POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Presiden Singapura Lawrence Wong bertemu dengan para menteri Indonesia di Jakarta

Presiden Singapura Lawrence Wong bertemu dengan para menteri Indonesia di Jakarta

Jakarta – Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong memulai kunjungan kerja empat hari ke Indonesia pada Selasa (17 Mei) dengan serangkaian diskusi dengan para pemimpin senior pemerintah untuk memperkuat hubungan bilateral dan menjajaki bidang kerja sama baru.

“Senang bertemu langsung dengan banyak menteri hari ini,” tulisnya di Facebook setelah pertemuan.

Mr Wong menerima sambutan hangat dari Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan, di mana mereka berbicara tentang hubungan dekat dan lama antara lembaga pertahanan kedua negara.

“Saya senang bahwa hubungan pertahanan kita telah tumbuh dari kekuatan ke kekuatan selama bertahun-tahun, termasuk selama pandemi,” kata Wong.

Kementerian Pertahanan Indonesia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Prabhu mengatakan dia berharap untuk menjaga kerja sama dan persahabatan antara kedua tetangga “dalam semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati” mengingat mereka memiliki banyak kepentingan yang sama.

“Indonesia memandang Singapura sebagai negara sahabat, mitra strategis yang penting, dan salah satu tetangga terdekatnya yang penting bagi kepentingan nasional dan regional Indonesia,” kata Prabowo.

Prabowo juga optimistis kerja sama pertahanan akan terus diperkuat di bidang pendidikan dan pelatihan, seperti pertukaran perwira staf dan pimpinan dinas serta latihan Saffkar Indupura.

Wong yang merupakan co-chair gugus tugas multi kementerian Singapura untuk Covid-19 juga bertemu dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Kedua belah pihak bertukar informasi tentang situasi COVID-19 dan upaya pemulihan di negara mereka, serta gagasan untuk memperkuat kemitraan bilateral dan internasional.

Bapak Wong juga bertemu dengan Menteri BUMN Eric Thohir dan berdiskusi tentang kerjasama bilateral dan regional di berbagai sektor – ekonomi, energi, pangan dan hubungan antar masyarakat.

Ia juga membahas peluang kerja sama regional di bidang keuangan digital dan hijau dengan Gubernur Bank Indonesia Peri Warjiu.

READ  Meningkatkan Kesempatan Kerja: Pelajaran dari OECD - Academia

Mr Wong juga dijadwalkan untuk mengunjungi Kompleks Industri Kendal di Jawa Tengah, di mana ia akan bertemu dengan para pemimpin bisnis dan jaringan dengan startup Singapura di Indonesia.

Dia mencatat bahwa Indonesia adalah tetangga dekat dan mitra penting Singapura.

“Kami telah bekerja satu sama lain selama bertahun-tahun, dengan kerja sama yang mendalam dan beragam di berbagai bidang termasuk bidang ekonomi, keamanan, dan rakyat. Tahun ini menandai 55 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara kami!” Dia berkata.