POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto atas hasil pemilu

Tempo.co, JakartaPresiden Palestina Mahmud Abbas Presiden mengucapkan selamat kepada calon tersebut Bravo Subianto Dalam surat yang diterbitkan Prabowo pada Kamis, 7 Maret 2024 malam, ia diduga menang pada Pilpres 2024.

Dalam surat yang ditulis di Ramallah tertanggal 25 Februari 2024, Abbas mengatakan, “Kami dengan senang hati menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Yang Mulia karena telah memenangkan pemilihan presiden, mendapatkan kepercayaan dari saudara-saudara sebangsa Indonesia.

“Kami berdoa kepada Allah SWT atas keberhasilan dan kesejahteraan Anda dalam menunaikan tugas mulia yang dipercayakan kepada Anda dan untuk tercapainya cita-cita dan tujuan umat Anda,” tulisnya.

Ketua Otoritas Nasional Palestina (PNA) Indonesia dan Palestina Terikat oleh “ikatan persaudaraan sejarah yang kuat”. Dia mengatakan negaranya berkomitmen untuk mendorong pembangunan lebih lanjut dan kerja sama dengan Prabowo sebagai presiden berikutnya.

“Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas dukungan Indonesia yang tiada henti terhadap perjuangan Palestina dan rakyatnya,” tulis Presiden.

Pemerintah Indonesia belakangan ini semakin meningkatkan dukungannya terhadap Palestina di berbagai forum internasional di tengah pemboman Israel di wilayah Gaza. Pada tanggal 23 Februari 2024, Menteri Luar Negeri Redno Marsudi menyampaikan pernyataan lisan kepada Mahkamah Internasional (ICJ) mengenai akibat hukum pendudukan Israel atas Palestina.

Prabowo yang mengunggah surat Abbas di media sosial X mengaku merasa terhormat menerima ucapan selamat dari Presiden Palestina tersebut.

“Rakyat Indonesia selalu bersama Palestina di masa-masa tersulitnya dan akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina demi perdamaian dan kemerdekaan penuh,” ujarnya melalui cuitan.

Palestina mengikuti jejak para pemimpin lainnya yang secara langsung mengucapkan selamat kepada Prabowo atas hasil pemilu. Beberapa negara seperti AS menunda ucapan selamat kepada menteri pertahanan sebelum hasil akhir penghitungan suara keluar. Sesuai jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU), hasil penghitungan suara aktual pemilu 2024 dari seluruh TPS di Indonesia baru akan diumumkan pada 20 Maret 2024. Sejauh ini, Prabowo Subianto memimpin pemilu dengan perolehan hampir 60 persen suara.

READ  Kebanyakan orang ingin membangun apartemen: Kementerian PUPR

Nabila Aszahra

Seleksi Guru: 7 Hambatan Kemerdekaan Palestina Selain Pendudukan Israel

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News