POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Presiden Korea Selatan dituduh menghindari Nancy Pelosi dalam upaya menenangkan China | Korea Selatan

presiden korea selatan, Yoon Seok Yeoltelah dituduh mencoba menenangkan China dengan menghindari Nancy Pelosisehari setelah dia menjadi pejabat AS paling senior yang mengunjungi Taiwan selama seperempat abad dan memicu reaksi marah dari Beijing.

Media Korea Selatan mengatakan Yoon, seorang konservatif yang mulai menjabat pada Mei, akan berbicara dengan Pelosi melalui telepon tetapi tidak akan bertemu langsung dengannya selama kunjungannya ke Seoul pada Kamis.

Yoon dilaporkan merencanakan liburan musim panas jauh sebelum Ketua DPR AS memutuskan untuk mengunjungi wilayah tersebut, termasuk Perhentian kontroversial di Taiwan Pada hari Rabu itu membuat ancaman pembalasan dari China. Pemimpin Korea Selatan dilaporkan berada di Seoul.

Beijing yang dianggap Taiwan Bagian dari wilayah China, pada hari Kamis memulai empat hari latihan tembakan langsung yang “belum pernah terjadi sebelumnya” di enam lokasi yang mengelilingi pulau itu, dalam unjuk kekuatan yang dirancang untuk menyalurkan kemarahannya ke Washington dan Taipei.

Ia juga memanggil duta besar AS di Beijing dan melarang impor ribuan bahan makanan Taiwan.

Kritikus menuduh Yoon menghindari Pelosi untuk menghindari permusuhan Cina, mitra dagang terbesar Korea Selatan. TBS Korea Selatan mengutip seorang pejabat Gedung Biru kepresidenan yang membantah bahwa China adalah faktor dalam keputusan Yun untuk tidak bertemu Pelosi, karena rencana perjalanannya telah diselesaikan sebelum kunjungannya diumumkan.

Kapan Pelosi terakhir kali berkunjung? Korea SelatanPada 2015, ia bertemu dengan presiden saat itu, Park Geun-hye, dan menteri luar negeri saat itu, Yun Byung-se.

Kim Hyung-kyu, direktur Institut Kebijakan AS-China di Universitas Ajo, mengatakan kepada Korea Times. Pelosi adalah politisi nomor tiga di Amerika Serikat, dan jika itu di masa lalu, presiden atau menteri luar negeri akan mencoba untuk berbicara dengannya, tetapi saya pikir kali ini pemerintah tampaknya telah memutuskan untuk tidak mempolitisasi secara berlebihan. masalah dan tidak perlu memusuhi China.”

Pelosi bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dan diperkirakan akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo pada hari Jumat. Pelosi mengatakan pada hari Rabu bahwa kunjungannya ke Taiwan membuatnya “dengan tegas” bahwa Amerika Serikat “tidak akan menyerah” pada sekutu demokratisnya.

Di Seoul, dia dijadwalkan untuk bertemu dengan mitranya dari Korea Selatan, Ketua Majelis Nasional Kim Jin-pyo dan anggota partai oposisi utama yang berkuasa.

Laporan mengatakan Pelosi dan Kim akan mengeluarkan pernyataan bersama yang merangkum diskusi mereka tentang Korea Utara dan keamanan regional, tetapi tidak akan menerima pertanyaan dari wartawan.

Pelosi juga berencana mengunjungi desa gencatan senjata Panmunjom yang terletak di sepanjang perbatasan bersenjata lengkap antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Kemungkinan pertemuan dengan menteri luar negeri Korea Selatan, Park Jin, telah dikesampingkan setelah dia berangkat ke Kamboja pada Rabu pagi untuk menghadiri pertemuan ASEAN.

Di Tokyo, Pelosi dan Kishida diharapkan untuk menegaskan kembali komitmen mereka terhadap Amerika Serikat-Jepang Kerjasama dalam memastikan kawasan Indo-Pasifik yang “bebas dan terbuka” di tengah meningkatnya aktivitas militer China di selatan dan Laut Cina Timur.

READ  Inilah mengapa China takut pada pengadilan internasional yang tidak jelas