POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Presiden Djokovic meresmikan Bendungan Pitexo di Jawa Tengah

Air itu penting.

Jakarta (Andara) – Presiden Joko Widodo (Djokovic) meresmikan Bendungan Pitexo di Kabupaten Vonogiri Jawa Tengah yang mampu mengairi 1.500 hektare sawah di kabupaten tersebut.

“Luasnya 232 hektar dan berkapasitas 25 juta meter kubik,” kata Presiden, Selasa di kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden di Kabupaten Vonogiri.

Djokovic menegaskan, pembangunan waduk penting bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan, kedaulatan, dan keamanan pangan.

“Air itu penting. Karena itu, kami sedang membangun waduk di semua provinsi, ”katanya.

Pembangunan Bendungan Pidekso akan menelan biaya Rp772 miliar yang dialokasikan dari APBN. Pekerjaan pembebasan lahan untuk bendungan dimulai pada 2014, sementara konstruksi dimulai pada 2017.

Selain irigasi, bendungan berfungsi sebagai daerah pengendalian dan perlindungan banjir dan sebagai daya tarik wisata untuk kepentingan masyarakat sekitar.

Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), bendungan tersebut mampu memasok 300 liter air baku per detik dan mengurangi banjir hingga 322,60 meter kubik per detik.

Sebelum Bendungan Pitexo dibuka, Djokovic juga membuka Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara pada Selasa pagi.

Berita Terkait: Presiden berkunjung ke Jawa Timur untuk buka dua bendungan dan tanam padi
Berita Terkait: Presiden berjanji untuk membangun 13 bendungan lagi di NDT: Wakil Gubernur

READ  Untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seorang teman, para pemuda mengeluarkan tubuh dari peti mati dan membawanya ke 'sepeda motor terakhir'; Lihat - Metro World News Brasil