POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pratinjau WRE Bahamas 24: Aksi 4x100m Putri diperbarui |  Berita |  Bahama 24

Pratinjau WRE Bahamas 24: Aksi 4x100m Putri diperbarui | Berita | Bahama 24

Ada banyak hal yang harus diperjuangkan Estafet Atletik Dunia Bahama 24 Pada nomor 4 x 100 meter putri, atlet dari 30 tim akan memperebutkan tempat Olimpiade, hadiah uang, dan hak untuk menyombongkan diri.

Untuk kelima event di Nassau, 14 tim teratas di masing-masing event akan otomatis lolos ke Olimpiade Paris 2024. Sejak edisi terakhir Kejuaraan Atletik Dunia, tiga gelar juara dunia utama yang tersedia telah dimenangkan oleh Amerika Serikat atau Jamaika, dan mereka akan memperbarui persaingannya di akhir Pekan ini (4-5 Mei).

Jamaika memenangkan gelar Olimpiade mengungguli Amerika Serikat di Tokyo, sebelum Amerika Serikat memenangkan medali emas dunia di Oregon dan mempertahankan gelar di Budapest, mengalahkan Jamaika dua kali.

Di Nassau, tim AS akan menyertakan empat atlet yang membantu negaranya naik podium di Budapest: peraih medali perak individu 200 meter Gabby Thomas dan Tamari Davis, yang berlaga di final, serta pelari Tamara Clark dan Melissa. Jefferson. Pemenang World Relays Anchor Nation Award 2019, Aleia Hobbs dan Mikiah Brisco – yang merupakan bagian dari tim Amerika yang mencatat waktu 41,94 di Gainesville awal bulan ini – ditambah Anavia Battle dan Celera Barnes menambah kekuatan tim.

Meski timnas Jamaika juga berkualitas tinggi, hanya dua anggota tim yang mengikuti tiga Final Dunia tersebut yang kembali. Natasha Morrison dan Raymonda Burchill sama-sama berlari di kualifikasi di Tokyo, sementara Morrison yang konsisten – juga peraih medali emas estafet dunia di Beijing dan Doha – berlari untuk Jamaika di Budapest tahun lalu.

Namun tim ini tidak kekurangan kecepatan. Peraih medali perunggu 200m U20 Alana Reid mencetak rekor nasional 100m U20 sebesar 10,92 tahun lalu, sementara Tia Clayton menjadi jangkar di kedua kesempatan. Jamaika memecahkan rekor dunia U20 4x100m di Kejuaraan Dunia U-20 pada tahun 2021 dan 2022.

READ  Williamson menempatkan dua ratus orang Selandia Baru sebagai penanggung jawab di Karachi

Namun di Nassau, pertarungan tersebut bukan pertarungan dua arah. Inggris Raya meraih perunggu di Tokyo dan Budapest, dan kali ini tim tersebut terdiri dari anggota tim yang kembali Asha Philip, Imani Lancicott, Bianca Williams dan Annie Tagoe. Lansiquot telah menjalankan 11,02 – hanya 0,03 PB – musim ini.

Peraih medali lainnya di tiga grand final tersebut adalah Jerman, pemenang Kejuaraan Relay Dunia 2017. Tiga dari empat anggota tim peraih medali perunggu 2022 berada di Nassau: Rebecca Hussey, Jenna Loeckenkemper dan Tatjana Pinto.

Italia memenangkan edisi terakhir Kejuaraan Relay Dunia di Silesia pada tahun 2021, dan tiga anggota tim – Anna Bongiorni, Gloria Huber dan Irene Siragusa – kembali untuk mempertahankan gelar.

Tim lain yang akan bersaing untuk naik podium selain lolos ke Olimpiade adalah Polandia, menampilkan peraih medali perak dunia 60m dalam ruangan Ewa Swoboda, dan Pantai Gading, dengan beberapa peraih medali utama Marie-Josie Ta Lou, serta rekan satu tim 2023 Finalis Kejuaraan Dunia, Belanda. Dan Swiss.

Prancis, dengan Jemima Joseph baru-baru ini menjalankan PB 100m dengan waktu 11,04, ingin mengamankan tempat itu untuk Olimpiade domestik.

Tim Kanada terdiri dari pemegang rekor nasional baru Audrey Leduc, yang berlari 10,96 detik lebih dari seminggu yang lalu, sedangkan tim Australia terdiri dari Tori Lewis yang berusia 19 tahun, yang memenangkan nomor 200 meter pada pertemuan Diamond League di Xiamen.

Tim negara tuan rumah termasuk juara dunia lari gawang 60m dan pemegang rekor dunia Devin Charlton dan Charisma Taylor, yang menempati posisi keenam dalam lari gawang 60m dan lompat ganda pada hari yang sama di Kejuaraan Dalam Ruangan Dunia.

READ  Pencetak gol terbanyak di Piala Dunia T20 2022

Putri Ekuador dalam nomor 4 x 100 meter membuat sejarah di Silesia saat mereka mengamankan tempat estafet Olimpiade pertama di negara mereka dengan finis kelima di Kejuaraan Relay Dunia. Tiga tahun kemudian, Angela Gabriela Tenorio dan Gabriela Anahi Suarez kembali, kini berharap dapat membantu negara mereka mendapatkan tempat di Paris.

Seperti Pantai Gading, tim dari Austria, Estonia, Hongaria, dan Liberia berkompetisi di Kejuaraan Dunia IAAF untuk pertama kalinya.

Atletik Dunia Jesse Whittington