POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

PPI officially named operator of Patimban Port

PPI Resmi Jadi Operator Pelabuhan Patimban – Inforial

Inforeal (Jakarta Post)

Jakarta
Senin 20 Desember 2021

2021-12-20
17:59

56e7e6cab961fcf1e14f31817c039b76
4
Informasi

Gratis

Departemen Perhubungan resmi melimpahkan pengelolaan Terminal Mobil Pelabuhan Patimban kepada PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI) setelah dioperasikan sementara oleh Kementerian melalui PT Pelindo.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri acara serah terima pada Jumat, yang berlokasi di pelabuhan Subang, Jawa Barat.

“Atas nama pemerintah, saya mengucapkan selamat kepada PPI selaku pengelola Pelabuhan Battimban dalam rangka kerjasama antara pemerintah dengan perusahaan. [KPBU] skema,” ujarnya di sela-sela acara.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel, Komisaris Utama PPI Tanjung, Komisaris Utama PPI Tanjung, perwakilan dari JICA, Toyota Tsuho, serta pejabat dari Kementerian Perhubungan.

Setelah serah terima resmi, pelabuhan Battimban menangani ekspor pertamanya sebanyak 1.209 kendaraan ke Filipina menggunakan 27.286 gross ton (GT) kapal Liberia MV Fujitrans. Kapal yang berlabuh di pelabuhan itu sejak Kamis membawa 84 kendaraan impor dari Jepang, dan berangkat pada Jumat malam pukul delapan.

Menurut Budi, pelabuhan Battimban dikembangkan atas instruksi Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan indeks logistik nasional, serta bekerja sama dengan pelabuhan Tanjung Priok untuk menjadi hub baru dan kompetitif di Asia Tenggara.

Ini juga merupakan simbol kerjasama antara Indonesia dan Jepang. Diharapkan kerjasama antara PPI dan Toyota Tsusho dapat meningkatkan pelayanan ekspor dan impor mobil, menjadi lebih kompetitif di masa depan, katanya seraya menambahkan bahwa dia berharap industri otomotif nasional dapat memanfaatkan pelabuhan dengan baik.

“Bersama, mari tingkatkan daya saing logistik nasional melalui Pelabuhan Battimban.”

Selain impor dan ekspor kendaraan, pemerintah juga menargetkan pelabuhan Battimban akan menjadi penggerak perekonomian, termasuk sektor UMKM, pertanian, dan industri kreatif sehingga produk lokal dapat bersaing di skala global.

READ  Tidak optimis dengan partisipasi anak muda di industri ekonomi kreatif

. (Sumber BKIP Kemenhub/.)

Dalam acara yang sama, Kepala PPI Fouad Rizal mengatakan, saat ini perusahaan bertanggung jawab atas operasional pelabuhan. Dijelaskannya, sejak 16 Desember, PPI resmi bekerja sama dengan PT Patimban Car Terminal untuk mengoperasikan terminal mobil.

Kenji Kanasugi, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, mengatakan proyek pelabuhan Battimban merupakan indikasi nyata dari komitmen Jepang untuk berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur Indonesia melalui skema KPBU.

Di sisi lain, Bupati Subang H. Ruhimat mengatakan, warga Subang menyambut baik keberadaan pelabuhan Battimban yang diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah sekitarnya.

Pelabuhan Battimban merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Jawa Barat, maupun negara. Pelabuhan tersebut akan menjadi tahap pertama pengembangan industri dan kota baru di kawasan metropolitan Rebana (Cirebon, Subang, Patimban dan Kertajati), yang meliputi enam kabupaten dan kota Cirebon. Jantung proyek akan dipusatkan di Pelabuhan Battimban dan Bandara Kertagati.

Pembangunan Pelabuhan Battimban dimulai pada tahun 2018, dan berada pada tahap 1-2 hingga 2023, yang meliputi pembangunan 3,75 juta unit setara dua puluh kaki (TEU), terminal kendaraan 600.000 unit (CBU), dan terminal kendaraan. Terminal roll-on/rollable 200 meter.

Fasilitas pelabuhan meliputi tempat berlabuh peti kemas (421.025 m x 34,2 m), tambatan kendaraan (308,6 m x 33 m), bentang alas (333,1 m), tempat penyimpanan kendaraan (kapasitas 218.000 TEU), halaman peti kemas (kapasitas 250.000 TEU), dan Reklamasi (60) hektar), kolam tebing (kedalaman 10 m), jalan pelabuhan dan gedung administrasi.