POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Polandia adalah mitra penting bagi Indonesia: Menteri Keuangan

Polandia adalah mitra penting bagi Indonesia: Menteri Keuangan

Pada tahun 2023 saja, investasinya mencapai 106 proyek

Jakarta (ANTARA) – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengatakan Polandia merupakan mitra yang sangat penting bagi Indonesia.

Indrawati juga memuji Polandia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat baik dan tingkat pengangguran yang rendah sebesar 2,9 persen, seraya menambahkan bahwa Polandia memainkan peran penting dalam lanskap perekonomian Uni Eropa.

“Saat ini, Polandia merupakan kekuatan dinamis di Uni Eropa sebagai negara dengan perekonomian terbesar keenam dengan pertumbuhan luar biasa dan tingkat pengangguran yang sangat rendah, yaitu 2,9 persen,” ujarnya pada acara Hari Nasional Republik Polandia di Jakarta, Jumat.

Menkeu juga mencatat perdagangan bilateral antara Indonesia dan Polandia pada tahun 2022 meningkat sebesar 60,7 persen pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun 2021.

Menurut Indrawati, investasi Polandia di Indonesia meningkat sebanyak 324 proyek sejak 2019.

Ia menambahkan: “Pada tahun 2023 saja, realisasi investasi mencapai 106 proyek, dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.”

Ia mencontohkan, investasi tersebut difokuskan pada sektor-sektor seperti transportasi, khususnya perkeretaapian dan industri maritim, serta sektor lain termasuk pertambangan, industri pertahanan, pendidikan dan pariwisata.

Selain itu, kedua negara juga dikatakan selalu menjajaki lebih banyak peluang kerja sama, seperti di bidang transisi energi yang sangat penting untuk mengatasi permasalahan iklim.

Indrawati menyatakan optimismenya bahwa hubungan antara Indonesia dan Polandia akan terus berkembang di masa depan, dan menambahkan bahwa hidup berdampingan secara damai adalah hal yang paling penting saat ini.

Ia menambahkan: “Saya percaya bahwa masa depan penuh dengan janji-janji besar bagi kedua negara, dan bersama-sama, kita memiliki kemampuan untuk mencapai prestasi luar biasa dalam semangat persatuan dan optimisme.”

READ  Latihan Militer ASEAN, Huawei Connect 2023, Asian Games

Ia menekankan, “Mari kita bekerja sama untuk memperkuat hubungan bilateral dan membentuk masa depan yang lebih cerah dan sejahtera.”

Berita Terkait: Kadin Kota Polandia gelar simposium pencapaian Indonesia Emas 2045
Berita Terkait: Polandia berupaya meningkatkan ekspor pertanian pangan ke Indonesia
Berita Terkait: Indonesia dan Polandia menjajaki kerja sama ekosistem baterai kendaraan listrik

Diterjemahkan oleh: Cindy Frechanti, Raka Adjei
Redaktur: Sri Hariyati
Hak Cipta © Antara 2023