POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Luar Negeri Indonesia dan UEA memimpin pertemuan komite gabungan dan membahas masalah Gaza

Menteri Luar Negeri Indonesia dan UEA memimpin pertemuan komite gabungan dan membahas masalah Gaza

Jakarta (ANTARA) – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri UEA Abdullah bin Zayed Al Nahyan memimpin pertemuan pertama komite gabungan kedua negara pada Kamis.

Dalam pertemuan yang digelar di Kementerian Luar Negeri UEA, kedua belah pihak membahas kemajuan kerja sama antara Indonesia dan UEA, termasuk dalam mengatasi konflik dan situasi kemanusiaan yang semakin memburuk di Gaza.

“Indonesia dan UEA memiliki keprihatinan yang sama terhadap krisis kemanusiaan di Palestina,” kata Marsudi dalam siaran pers KBRI Abu Dhabi yang diunggah ke situs kementeriannya, Jumat.

Terkait konflik di Gaza, Menkeu mengatakan kedua negara berharap gencatan senjata segera tercapai dan bantuan kemanusiaan terus sampai ke Gaza.

Berita terkait: Jokowi akan menyampaikan posisi Indonesia mengenai Gaza kepada Biden

Selain isu Palestina, rapat gabungan komite juga membahas kemajuan kerja sama Indonesia dan UEA di beberapa sektor, antara lain perdagangan, investasi, energi, perubahan iklim, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kedua negara juga menyepakati sejumlah usulan kerja sama, antara lain kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, agama, kesehatan, dan ketenagakerjaan.

Menurut Marsudi, pertemuan pertama komite gabungan tersebut merupakan tonggak sejarah dalam memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama antara Indonesia dan UEA.

Duta Besar Indonesia untuk UEA, Hussein Bagis, menyampaikan harapannya bahwa pertemuan hari Kamis ini dapat meningkatkan pemulihan hubungan kedua negara di berbagai bidang mulai dari ekonomi hingga komunikasi kerakyatan, sehingga hubungan antar keduanya dapat diperkuat mulai dari tingkat pemimpin hingga komunitas. .

Dalam kunjungannya ke UEA, Menteri Marsudi juga meresmikan gedung baru KBRI Abu Dhabi.

Pembukaan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat senior di UEA, antara lain Menteri Energi dan Infrastruktur, Suhail Mohammed Al Mazrouei, dan Menteri Negara Kementerian Luar Negeri UEA, Ahmed bin Ali Al Sayegh.

READ  Thailand mencatat rekor harian lebih dari 20.000 kasus COVID-19 | Globalisme

Berita Terkait: Indonesia dan UEA membentuk komite bersama untuk memantau perkembangan IUAE-CEPA

Berita Terkait: Kementerian Perdagangan mengharapkan UEA menjadi hub ekspor produk halal di Indonesia

Diterjemahkan oleh: Katriana, Raka Adjei
Editor: Yoni Arisande Sinaga
Hak Cipta © Antara 2023