POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Piano Freddie Mercury, pahlawan lirik Bohemian Rhapsody, akan dilelang |  Berita seni dan budaya

Piano Freddie Mercury, pahlawan lirik Bohemian Rhapsody, akan dilelang | Berita seni dan budaya

Lebih dari 1.400 barang yang digambarkan oleh penyanyi dan musisi sebagai “kekacauan yang brilian” akan dilelang di Sotheby’s di London.

Piano yang digunakan Freddie Mercury untuk menggubah “Bohemian Rhapsody” dan lagu-lagu Queen lainnya telah terjual lebih dari $2 juta dalam lelang rekaman harta milik mendiang penyanyi tersebut.

Ruang lelang Sotheby’s menggemakan lagu band “We Will Rock You” sebelum penawaran dimulai pada acara black-tie di London pada hari Rabu.

Ada lebih dari 1.400 barang yang dijual selama lelang selama seminggu, dengan fasad Sotheby dihiasi kumis raksasa bergaya Merkurius untuk menandai acara tersebut.

Sotheby’s mengatakan 59 buah yang terjual pada hari Rabu menghasilkan 12,2 juta pound ($15,4 juta), dan menambahkan bahwa setiap buah terjual lebih dari dua kali lipat harga perkiraan. Sebanyak 2.000 penawar dari 61 negara berpartisipasi dalam tender secara langsung, online, dan melalui telepon.

Piano Yamaha milik Mercury, yang dibelinya setelah enam bulan mencari “instrumen sempurna untuk menghidupkan” komposisinya, terjual seharga £1,74 juta ($2,2 juta), termasuk premi dan biaya pembeli, sedangkan naskah grafiknya – The Bohemian Rhapsody sekuelnya meraup $1,38 juta ($1,7 juta).

Juru lelang Oliver Parker menggambarkan lirik lagu sepanjang 15 halaman, yang ditulis dengan pensil dan pena, sebagai “ikon budaya modern”.

Naskah tersebut juga mengungkapkan bahwa Mercury, yang meninggal pada tahun 1991 karena pneumonia terkait AIDS, awalnya bermaksud memberi nama lagu tersebut Mongolian Rhapsody.

Freddie Mercury menggunakan uang yang diperolehnya sebagai penyanyi utama dan penulis lagu dari salah satu band paling sukses di dunia untuk membangun koleksi eklektik dari apa yang disebutnya “kekacauan yang brilian”. [File: Jean-Claude Coutausse/AFP]

Barang-barang lain yang dilelang pada hari Rabu termasuk gelang ular perak bergaya Victoria yang dikenakan Mercury dengan bodysuit satin gading dalam video Bohemian Rhapsody-nya, yang memecahkan rekor harga tertinggi yang pernah dibayarkan di lelang untuk sebuah perhiasan milik sebuah batu. . “Seorang bintang,” kata Sotheby’s. Gelang itu dijual seharga £698.500 ($881.000) – 100 kali lipat dari perkiraan harga rendahnya.

READ  Black Panther 2: Tanggal rilis, pemeran, rumor, dan teori

Seorang pria mengangkat tangannya ke atas kepala sebagai tanda kemenangan dan memeluk wanita di sebelahnya setelah membeli tiara bertatahkan berlian imitasi dan jubah bulu imitasi merah yang dikenakan Mercury di atas panggung pada akhir setiap pertunjukan selama tur terakhir Queen pada tahun 1986. Harganya? 635 ribu pound ($801.500).

Karya seni yang dijual termasuk cetakan karya Pablo Picasso, Salvador Dali dan Marc Chagall, serta perabotan antik dan beberapa patung kucing.

“Dia menyukai lelang.”

Mercury membentuk grupnya setelah band glam rock milik Ratu menghasilkan aliran lagu hits yang memungkinkan penyanyi tersebut mewujudkan impiannya untuk menjalani kehidupan Victoria “dikelilingi oleh kekacauan yang indah.”

Sahabatnya, Mary Austen, yang kepadanya dia meninggalkan rumah dan harta bendanya ketika dia meninggal, menjual segalanya.

“Mary Austin telah hidup dengan koleksi tersebut dan merawat koleksi tersebut selama lebih dari tiga dekade,” kata Gabriel Heaton, spesialis buku dan manuskrip di Sotheby’s, kepada kantor berita AFP.

Heaton menambahkan bahwa Mercury “tidak tertarik memiliki museum tentang kehidupannya sendiri tetapi dia sangat menyukai lelang,” sehingga dia secara rutin menghadiri penjualan Sotheby.

Austin yakin sang artis akan menyukai penjualan ini, katanya.

Mercury membutuhkan pencarian enam bulan yang melelahkan untuk menemukan anak besar yang kemudian menulis Bohemian Rhapsody dan hits lainnya untuk Queen. [Daniel Leal/AFP]

Sebagian dari hasil penjualan akan disumbangkan ke berbagai badan amal termasuk Mercury Phoenix Trust dan Elton John AIDS Foundation.

“Saya merindukan Freddie sampai hari ini,” kata John dalam surat yang saya baca di awal lelang. “Dia adalah teman yang luar biasa, penuh cinta dan kehidupan lebih dari siapa pun yang pernah saya temui, serta seorang musisi luar biasa yang musik menginspirasi dan mengesankan jutaan orang.”

“Dia baik hati, murah hati dan lucu, dan merupakan sebuah tragedi bahwa AIDS terlalu cepat membawanya pergi dari dunia ini,” tambahnya.

READ  Adegan pasca-kredit Sonic the Hedgehog 2 dijelaskan