POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Perusahaan teknologi Tyneside sedang membangun ‘penjaga malam’ AI untuk membuat perjalanan kereta api lebih aman

Perjalanan kereta larut malam dapat dibuat lebih aman berkat pekerjaan perusahaan teknologi Tyneside.

Word Nerds yang berbasis di Gateshead telah mendapatkan dana pemerintah sekitar £30.000 untuk menciptakan “penjaga malam” kecerdasan buatan (AI) yang dapat membaca posting media sosial penumpang dan secara diam-diam memperingatkan penjaga kereta saat bantuan diperlukan.

Spesialis analisis bahasa sedang membangun dan melatih AI sebagai bagian dari program hibah Penelitian dan Inovasi Transportasi Pemerintah (TRIG) – yang bertujuan untuk merangsang ide awal dan berani untuk meningkatkan transportasi di Inggris.

Baca lebih lanjut: Delapan perusahaan di Timur Laut memenangkan Penghargaan Ratu untuk Perusahaan

Teknologi Word Nerds didasarkan pada “pemrosesan bahasa alami” – menganalisis bahasa sehari-hari menggunakan kecerdasan buatan dan linguistik untuk memahami data teks, dalam hal ini dari media sosial.

“Operator transportasi umum seperti perusahaan kereta api dan bus perlu membangun kepercayaan di masyarakat untuk mendorong mereka bepergian. Mereka hanya dapat melakukannya dengan memahami dan menanggapi penumpang yang bepergian,” kata Steve Erdal, kepala ilmiah Word Nerds .

Steve Erdal, kepala petugas ilmiah Word Nerds (kiri) dengan CEO Pete Daikin.

“Banyak dari mereka mulai melihat masalah dengan itu. Pertama, mereka sering melihat saat-saat ketika orang merasa tidak nyaman saat bepergian adalah saat-saat mereka memiliki jaringan pendukung yang paling sedikit.

“Misalnya kalau sudah larut malam atau di luar jam kerja, maka orang bisa saja berada dalam situasi rentan atau mengalami perilaku antisosial. Saat itulah personel media sosial di garda depan tidak ada. Orang-orang ini bisa menghubungi polisi transportasi Inggris Tapi ini adalah langkah besar yang harus diambil.

READ  NPower, yang mendesak perekrutan teknologi berbasis keterampilan, mendapat hadiah $15 juta

Dia menambahkan, “Akan sangat sulit untuk memperingatkan orang-orang di kereta tentang hal-hal ini – atau setidaknya melakukannya dalam gelap. Idenya adalah bahwa sistem akan mendeteksi sesuatu yang mengkhawatirkan, dan itu akan memperingatkan orang yang bekerja di luar jam kerja yang kemudian akan menghubungi pengemudi atau manajer kereta untuk menyelidiki dan menyelesaikan masalah.”

Erdal mengatakan gagasan menggunakan AI sebagai alat untuk memerangi perilaku antisosial dan menjaga keselamatan penumpang melibatkan operator transportasi berkat kemampuannya untuk menyaring sejumlah besar teks dari media sosial.

Namun, karena warisan bias dalam apa yang ditulis orang, alat AI juga biasanya menjadi bias. Ini bisa berbahaya dalam situasi di mana prasangka – misalnya yang terkait dengan ras yang berbeda – dapat mengarah pada tindakan diskriminatif.

Tim Word Nerds di Tyneside, dengan dukungan dari Universitas Durham, menggunakan posting media sosial yang sebenarnya untuk mengembangkan prototipe perangkat lunak yang akan memakan waktu enam bulan untuk mempersiapkannya.

“Kami berusaha meminimalkan bias dalam AI,” kata Pak Erdal. “Kami juga melatihnya secara khusus pada data penumpang – khususnya di kereta api – yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

“Kami bekerja sama dengan operator kereta api untuk mempelajari apa yang cocok untuk mereka, dan mereka membantu kami memahami bagaimana data tersegmentasi.

“Kami memiliki infrastruktur yang sangat bagus untuk hal semacam ini, jadi semoga kami dapat meluncurkannya dengan sangat cepat.”

Proyek ini adalah salah satu dari 51 proyek yang didanai TRIG, dilaksanakan dalam kemitraan dengan Connected Places Catapult, dan mencakup perusahaan lain yang mengembangkan berbagai ide dari sistem perlindungan banjir otonom hingga teknologi untuk fasilitas wadah bahan bakar hidrogen cair cair-untuk-nol pertama di dunia. . Kapal emisi.

READ  Teknologi yang muncul dapat membantu melawan efek perubahan iklim

Sekretaris Transportasi Trudy Harrison mengatakan: “Inovasi pendanaan sebagai bagian dari TRIG dapat menjadi kunci untuk meluncurkan sistem transportasi yang lebih efisien dan aman untuk masa depan.

“Saya mendukung ide-ide inovatif dari grup tahun ini di setiap langkah dan berharap semua sukses untuk pelamar yang berhasil. Saya berharap dapat melihat ide-ide berkembang untuk memajukan agenda hijau kami dan menciptakan pekerjaan yang sangat terampil di seluruh Inggris.”