POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pertahankan pikiran yang sehat sebagai pendiri teknologi iklim

Pertahankan pikiran yang sehat sebagai pendiri teknologi iklim

Ketika saya mulai menggali lebih dalam masalah perubahan iklim dan apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya, saya belajar banyak hal menyedihkan tentang betapa saling terkaitnya emisi dan kehidupan modern kita. Saya harus mengambil perspektif yang agak jauh untuk menjaga kecemasan saya dalam tingkat normal, mengubah cara saya bekerja, rutinitas pribadi dan bermeditasi setiap hari. Tanpa melakukan hal-hal ini, tingkat kecemasan saya mencapai tingkat di mana saya tidak efektif dan tidak terlalu menyenangkan!

Berikut adalah beberapa hal yang telah saya pelajari yang telah membantu saya tetap waras…

Individu adalah TIDAK masalah

Ide ini adalah hal pertama yang harus saya atasi. Saya benci rasa malu yang dialami orang biasa karena tindakan dan keputusan mereka. Meskipun saya menyadari sepenuhnya bahwa konsumsi dan pola makan mempunyai potensi dampak yang sangat besar, rasa malu bukanlah jawabannya.

Kecemasan saya meningkat selama dua tahun pertama saya sampai pada titik di mana saya tidak bisa tidur lagi, hubungan keluarga pribadi saya dengan anak kecil dan istri saya terkena dampak negatif, dan saya tidak efektif di tempat kerja. Saya bekerja dengan seorang terapis yang juga seorang spesialis trauma, demi kenyamanan (dia tinggal di desa terdekat saya). Dia mengatakan kepada saya bahwa korban dan pelaku trauma menderita rasa malu, sebuah emosi negatif yang sangat kuat namun jarang mengarah pada perilaku positif.

Kita perlu mengubah sistemnya, bukan individunya. Jika tidak, hal ini seperti menjaga pantai tetap kering dan kemudian melawan arus – namun sia-sia. Kita perlu mengubah fundamental sistem produksi kita menjadi rendah karbon dan bersifat sirkular. Upaya mengurangi konsumsi mungkin berdampak kecil, namun akan sangat sulit dicapai. Menyalahkan seseorang sepertinya tidak akan menghasilkan perubahan positif yang signifikan.

READ  'Snow skating' Red Bull F1 yang bisa jadi obat pesut

Perjalanan udara… bagus

Saya sangat menyadari emisi karbon yang dihasilkan dari penerbangan yang saya lakukan. Saya sering mengkorelasikan skala proyek karbon Bumi yang Lebih Sehat dengan jumlah penerbangan kembali dari Heathrow ke Los Angeles yang akan mengeluarkan emisi (kira-kira 24 jam sehari).

Bagaimanapun, kita adalah makhluk sosial. Jika kita ingin berkomunikasi dan memajukan bisnis, kita tetap memerlukan interaksi tatap muka. Demi bumi yang lebih sehat, saya akan menunjukkan komitmen saya untuk mengembangkan proyek dekarbonisasi berskala besar di dunia nyata dengan terbang ke pesawat untuk menghabiskan waktu bersama calon mitra atau investor. Hubungan ini didasarkan pada interaksi pribadi seiring kemajuan proyek.

Perjalanan udara membuka pintu bagi komunikasi yang lebih baik, namun meninggalkan jejak karbon. Jadi kita harus mencapai keseimbangan. Saya bertanya-tanya apakah pertemuan-pertemuan ini dapat membuat perbedaan di dunia, dimana kita dapat mengganggu efisiensi karbon di semua industri modern kita.

Sampah… adalah peluang orang lain

Sebagai orang yang berkeluarga, saya berusaha mengurangi sampah semaksimal mungkin, namun memiliki anak jelas meningkatkan jumlah sampah rumah tangga. Kami memasak sebagian besar makanan kami dari awal dengan menggunakan bahan mentah, dan kami berusaha mengelola konsumsi, mendaur ulang, dan meningkatkan kualitasnya sedapat mungkin. Namun, dalam bisnis yang saya jalani, saya mengetahui jejak karbon dari penanganan limbah ini, dan fakta bahwa sebagian besar limbah tersebut terakumulasi di tempat pembuangan sampah atau dibakar – karena dianggap tidak berharga.

Namun saya optimis sampah kita akan menjadi sumber daya terbesar kita. Masalah iklim kita muncul karena emisi kita sebelumnya “tidak berharga”. Kita dapat mengambil energi “gratis” dari Bumi, menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan kita, dan kemudian mengekspornya tanpa konsekuensi apa pun. Namun masa-masa itu telah berlalu, dan saya sangat gembira dengan model-model baru di industri yang sedang berkembang. Saya yakin hal yang sama akan terjadi pada sampah kita, dan setiap kali saya membuang sampah ke tempat sampah, saya membayangkan pengusaha lain mencoba mewujudkannya.

READ  Laporan: Pendapatan sektor teknologi India tumbuh 3,8% tahun-ke-tahun menjadi $254 miliar

Tetap optimis tentang masa depan

Agar bisa menjadi pengusaha teknologi iklim yang efektif dan memimpin industri kita dalam menghilangkan dan menghindari ribuan ton emisi karbon, kita harus merasa bahagia dengan diri kita sendiri. Artinya menjalin hubungan yang sehat dengan orang-orang di sekitar kita, diri kita sendiri, dan masa depan. Kita tidak dapat melakukan ini jika kita terus-menerus mempermalukan diri sendiri tentang pembelian kita, tidak berkomunikasi langsung dengan orang lain, dan merasa cemas setiap hari.

Tujuannya sangat kuat. Ini dapat memotivasi Anda untuk bangun dari tempat tidur dan membuat perbedaan yang ingin Anda lihat di dunia. Jika tujuan tidak dikendalikan, hal ini juga dapat menimbulkan perasaan malu dan hidup sesuai standar yang ditetapkan orang lain. Tetap waras saat bekerja dengan sengaja adalah kuncinya.

Alistair Collier adalah Kepala Penelitian dan Pengembangan di Bumi menjadi lebih sehat.