POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Permainan baru saja dimulai di India

oleh Kontributor CNBCTV18.com IST (diterbitkan)

mini

Sementara kriket olahraga favorit India telah berubah menjadi versi yang lebih “berwarna” dan bergaya, olahraga yang relatif kurang populer seperti panahan, bulu tangkis, panahan, golf, hoki, sepak bola, dan tenis juga telah berkembang pesat, berkat investasi negara yang mengesankan dalam Infrastruktur olahraga dan misi jangka panjang seperti Khelo India digagas oleh pemerintah.

Kemenangan India di Piala Dunia Kriket 1983 mungkin tampak seperti kenangan yang jauh bagi jutaan orang India, tetapi bagi seseorang dari generasi ini dan beruntung untuk menonton final (melawan Hindia Barat), sejarah sedang dibuat.

Hingga tahun 2022, kancah olahraga India menghadirkan gambaran yang sama sekali baru, yang lebih beragam, bersemangat, dan pada puncak kepercayaan dirinya. baru saja selesai Commonwealth Games (CWG)

Sebuah contoh yang baik dari itu. Medali India melonjak selama periode yang sama (awal tahun 80-an hingga saat ini) dari peringkat 16 di CWG 1982 menjadi peringkat 61 pada edisi 2022. Ini adalah kisah baru yang diceritakan India kepada dunia, kedatangannya di Liga Pemenang Besar dan masih banyak yang tersisa.

Sementara kriket olahraga favorit India telah berubah menjadi versi yang lebih “berwarna” dan bergaya, olahraga yang relatif kurang populer seperti panahan, bulu tangkis, panahan, golf, hoki, sepak bola, dan tenis juga telah berkembang pesat, berkat investasi negara yang mengesankan dalam Infrastruktur olahraga dan misi jangka panjang seperti Khelo India digagas oleh pemerintah. Saya pikir kisah transformatif ini tidak akan lengkap tanpa mengakui peran merek, perusahaan India dan multinasional, yang telah sangat meningkatkan peran mereka.

Merek besar dan kecil juga berperan penting dalam mendukung olahraga tradisional seperti kho kho, kabaddi, dll. Saat ini, baik itu di media arus utama, media cetak atau siaran, dan lebih banyak lagi di media sosial, orang tidak dapat melewatkan menonton semakin populernya liga dan turnamen yang mencakup olahraga tradisional dengan detail yang begitu mengesankan. Di antara banyak hasil dari perkembangan ini adalah peluang luar biasa bagi kaum muda negara kita untuk menjadikan olahraga sebagai profesi yang serius, dan sebagai inspirasi untuk fokus pada kesehatan mereka, termasuk menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat, dan di atas semua itu menciptakan rasa percaya diri. tujuan hidup melalui olahraga dan atlet juara.

Adegan olahraga yang terus berkembang di negara yang beragam seperti India juga memberikan peluang baru bagi wanita dan pria muda di pedesaan India untuk membuat tanda mereka dalam kehidupan.

Sebagai contoh, Madhumita Kumari yang meraih medali perak pada cabang olahraga menembak pada Asian Games 2018 di Jakarta merupakan produsen ekosistem olahraga Tata Steel. Ibu Kumari, putri seorang penambang batu bara untuk Tata Steel, mulai mempelajari dasar-dasar menembak di Tata Steel Feed Center pada tahun 2007. Kisah suksesnya sangat informatif dalam dua hal. Pertama, potensi dan keberhasilan India dalam olahraga seperti panahan secara langsung berkaitan dengan keragaman demografi kita dan dalam hal ini bagian India dengan populasi suku yang besar. Baja TATA Kami melihat tautan ini sejak awal dan berinvestasi besar-besaran di masa depan dan mulai melihat hasilnya. Kedua, bahkan seorang juara seperti Ibu Kumari harus berlatih keras selama lebih dari satu dekade untuk mulai melihat kesuksesan di kompetisi internasional. Pelajaran di sini sederhana – kesuksesan adalah hasil kombinasi dari kekuatan unik kita yang harus dimanfaatkan dengan baik dan tidak ada yang menggantikan disiplin dan kerja keras.

Sukses dalam olahraga tidak terjadi dalam semalam. Sementara para atlet memahami hal ini dengan baik, kita yang berperan sebagai pendukung baik itu pemerintah atau pemilik merek swasta harus menginternalisasi fakta ini untuk mengantisipasi kesuksesan besar di masa depan. Tantangannya, seperti yang saya lihat, bukan hanya tentang komitmen finansial tetapi keyakinan mendalam pada masa muda kita dan kesabaran kita untuk menunggu satu dekade atau lebih sebelum kita melihat hasilnya. Untuk setiap Madhumita Kumari, ada ratusan lagi yang tidak akan mendapatkan medali. Hal ini seharusnya tidak mematahkan semangat kami untuk terus berinvestasi (secara finansial dan lainnya) di dalamnya, apa pun hasilnya.

Partisipasi merek dalam pertumbuhan profil olahraga negara juga memastikan profesionalisme tingkat tinggi yang kurang di masa lalu. Olahraga adalah tentang ketabahan dan disiplin seperti halnya tentang sains dan teknologi. Hari ini, kami dapat merekrut pelatih terbaik dari seluruh dunia, menyediakan fasilitas pelatihan kelas dunia, dan mempekerjakan ahli terapi fisik, dokter cedera olahraga, dan mentor terbaik untuk mempersiapkan generasi calon juara berikutnya. Sementara pemerintah terus bergerak ke arah ini, peran merek swasta tidak dapat dilebih-lebihkan. Tantangannya di sini adalah untuk menarik lebih banyak peserta sektor swasta ke dalam ekosistem olahraga negara.

Saya bergabung dengan Tata Steel sebagai insinyur pelatihan lima tahun setelah India memenangkan Piala Dunia Kriket pertama mereka. Sejak itu, saya beruntung mendapatkan tontonan tentang apa yang diperlukan untuk merawat para pahlawan. Dalam tiga dekade terakhir ini, saya memiliki banyak kesempatan untuk merayakan dengan pemenang dan menawarkan bahu untuk menangis bagi mereka yang pulang tanpa medali. Tapi yang saya tahu pasti adalah bahwa India selalu menang dalam jangka panjang.

-Penulis Chanakya Chaudhary adalah Wakil Presiden (Layanan Perusahaan) di Tata Steel. Pendapat yang diungkapkan bersifat subjektif.

READ  Hubungan China-ASEAN: Bekerja Sama untuk Komunitas yang Lebih Dekat dan Masa Depan Bersama - Sabtu, November 2021