POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda untuk Tingkatkan Kreativitas dan Ekonomi: Wapres

Peringatan Hari Sumpah Pemuda untuk Tingkatkan Kreativitas dan Ekonomi: Wapres

Jakarta (Antara) – Memperingati Hari Ulang Tahun Sumpah Pemuda menjadi salah satu pendorong bagi warga untuk mengasah kreativitas dan meningkatkan perekonomian, kata Wakil Presiden Maarouf Amin.

“Saya ingin menyemangati para santri. Kalau dulu melawan musuh, sekarang berjuang melalui ekonomi digital dan juga konten-konten kreatif,” kata Amin seusai merayakan HUT Nasional 2022 di Pondok Pesantren Nawawi Tanara Serang. Kabupaten Banten, Jumat.

Beberapa tindakan yang dapat diambil untuk mengatasi masalah saat ini termasuk mencegah informasi yang salah dan berita palsu.

“Termasuk memerangi berita yang (menyebarkan) misinformasi dan hoax serta yang bisa memicu konflik,” kata Wapres.

Dia mengakui bahwa ada beberapa tantangan untuk menjaga persatuan di Indonesia, tetapi orang-orang berhasil mengatasi tantangan tersebut.

“Dalam hal toleransi, meskipun sudah ada (sedikit argumen), kami selalu terkejut; kita bisa melewati masa-masa kritis ini karena kita percaya kita memiliki budaya gotong royong, saling pengertian, bahwa kita memiliki konvensi nasional, kita memiliki budaya gotong royong. konsensus nasional, semua orang di luar berpikir bahwa ini Model yang sudah kita miliki, tapi kita masih berhati-hati.”

Wapres menambahkan, pemerintah juga telah mengupayakan kerja sama yang luas dengan para pemangku kepentingan untuk menjaga persatuan bangsa melalui berbagai forum dan program untuk menjaga kerukunan dan mencegah ekstremisme di masyarakat.

Di bidang keagamaan, kita sudah memiliki forum kerukunan umat beragama. Untuk aspek digital, saya kira Menteri Ekonomi Kreatif sudah mengembalikannya ke pesantren.”

Ia optimistis warga negara Indonesia mampu menghadapi tantangan global di era digitalisasi setelah semua pengalaman yang telah mereka lalui.

Dia mencatat, “Saya pikir kami akan dapat mengatasi berbagai tantangan. Pengalaman kami di masa lalu juga serupa.”

READ  Meningkatkan Kerjasama Indonesia-Australia dalam Teknologi Digital – OpenGov Asia

Wapres didampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Ono. Kepala Aparatur Nasional Antiteror, Rafeli Ammar. Pj Gubernur Banten Pustakawan hadir dalam acara tersebut.

Berita Terkait: Mendagri mengajak generasi muda untuk membangun energi bangsa
Berita Terkait: Anak muda yang tinggal di pulau jangan minder: Gubernur